Sebelum sebuah yayasan bisa menyelenggarakan atau melakukan kegiatannya, maka dibutuhkan izin kegiatan yayasan. Oleh karenanya, cara mengurus izin kegiatan yayasan dibutuhkan agar yayasan tersebut bisa beroperasi atau menjalankan kegiatannya.

Apa Itu Izin Kegiatan Yayasan

Izin kegiatan yayasan ini adalah perizinan operasional untuk badan sosial yang akan melaksanakan sebuah usaha/ kegiatannya. Perizinan ini dikeluarkan oleh para perangkat daerah atau instansinya. Jadi izinnya berbentuk dokumen legalitas.

Dimana dalam dokumen legalitasnya tersebut berisi tentang yayasan tersebut sudah diperbolehkan melakukan kegiatan operasionalnya. Umumnya, jangka waktu cara mengurus izin kegiatan yayasan ini sama halnya dengan prosedur pembuatan tanda daftar yayasan yang diajukan di PTSP kecamatan setempat.

Bahkan dalam sejumlah kasus, lama waktu proses pengurusannya tersebut bisa saja lebih cepat. Karena terkadang dalam praktik pengurusan perizinan yayasan ini, survey lapangannya ditiadakan dikarenakan sebelumnya sudah ada survey TDY.

Syarat Memperoleh Izin Kegiatan Yayasan

Sebelum mengetahui cara mengurus izin kegiatan yayasan, yang pertama perlu diketahui adalah mengenai syarat yang dibutuhkan untuk bisa mengurus hal tersebut seperti:

  1. Identitas dari Ketua Yayasan
  • WNI: KTP dan Kartu Keluarga
  • WNA: VISA atau paspor atau KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas)

2. Akta pendirian dan perubahan

3. NPWP badan hukum

4. Tanda daftar yayasan

5. SK pengesahan pendirian dan perubahan yang dikeluarkan Kemenkumham

6. Anggaran dasar dan rumah tangga (AD-ART)

7. Susunan organisasi

8. KTP pengurus inti

9. Program kerja yayasan

10. Sumber pengumpulan dana yayasan

11. Jenis unit pelayanan sosial dan jumlah warga binaan sosial

12. Daftar pekerja sosial

Prosedur Memperoleh Izin Kegiatan Yayasan

Tentunya untuk mendapatkan izin kegiatan seperti ini, maka ada beberapa prosedur tahapan yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, berikut cara mengurus izin kegiatan yayasan

1. Pendirian yayasan

Dalam hal ini bisa dilakukan oleh perorangan/ badan hukum. Namun tentu saja harus memisahkan kekayaan dari pendiri dengan yayasannya dulu. Untuk proses pendiriannya ini melalui akta notaris.

Kecuali bila pemohonnya adalah orang asing, maka proses untuk pengurusan perizinan yayasan ini harus sesuai dengan peraturan pemerintah. Barulah nantinya proses pengajuannya tersebut bisa diterima langsung. Sehingga bisa mendapat izin.

2. Pengesahan atas status badan hukum organisasi

Bila pihak bersangkutan sudah mendapat akta pendirian, maka selanjutnya aktanya tersebut harus disahkan oleh pihak HAM dan Menteri Hukum. Ini untuk bukti keabsahannya.

3. Proses pengumuman

Dalam proses pengurusan perizinan yayasan di bagian pengumuman ini, organisasi yang sudah memiliki badan hukum wajib diumumkan. Selain itu, kehadirannya tersebut harus disampaikan pada berita negara langsung.

Jadi seperti itulah prosedur untuk mengajukan izin organisasi berbadan hukum. Meski terlihat mudah, namun tentunya hal tersebut ada biayanya. Biaya untuk menggunakan lembaga instansi yang dapat membantu proses pengurusannya tersebut.

Perlu diketahui bahwa selain cara mengurus izin kegiatan yayasan sesuai dengan syaratnya, Anda juga akan diminta untuk mengisi dokumen checklist persyaratan dan formulir perizinan yang bisa Anda dapatkan pada laman ini untuk Anda yang berada di wilayah Jakarta.

Baca juga: Contoh Surat Kebenaran Dokumen yang Sederhana

Biaya Perizinan Yayasan

Untuk biaya perizinan yayasan biasanya tidak membutuhkan biaya dikarenakan pengurusannya bisa dilakukan secara online.

Demikian adalah cara mengurus izin kegiatan yayasan yang cukup sederhana namun penting bagi sebuah yayasan agar bisa sesegera mungkin menjalankan kegiatannya.

Layanan Justika Untuk Membantu Mempermudah Pengurusan Dokumen Bisnis!

Saat ini Anda dapat membuat dokumen dengan Mitra Advokat terkait Template Perjanjian Bisnis, terutama perihal perjanjian bagi hasil. Dengan menggunakan Layanan All Template Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.