Tidak sedikit para pelaku industri usaha tidak tahu cara melakukan inkorporasi di Indonesia secara benar. Padahal ini adalah salah satu prosedur legal yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik usaha.

Banyak orang melihat bahwa urgensi dalam inkorporasi itu kurang terlalu krusial dan menganggapnya sebelah mata. Padahal justru dengan melakukannya sebuah korporasi akan lebih cepat berkembang secara signifikan.

Jika kita lihat dalam kacamata hukum cara melakukan inkorporasi di Indonesia sebenarnya jauh lebih mudah. Apabila dibandingkan dengan negara lain persyaratan administrasi jauh lebih sedikit.

Oleh karena itu dengan menjalankan hal seperti ini akhirnya Anda nanti bisa memiliki sebuah perusahaan yang legal. Karena memang sangat penting memiliki landasan hukum agar bisa mendapatkan hak secara utuh.

Apa Itu Inkorporasi Perusahaan?

Pada dasarnya inkorporasi perusahan adalah sebuah kegiatan peleburan perusahaan menjadi legal. Artinya inkorporasi hanya dapat berlaku bagi badan usaha yang belum mendaftarkan secara resmi ke negara.

Karena memang secara etimologis dalam bahasa Indonesia itu cukup ambigu jadi masyarakat juga jarang mengerti. Bahwa cara melakukan inkorporasi di Indonesia itu statusnya belum inc dan masih sekedar corp.

Di mana corporation sendiri sebenarnya bentuknya bisa seperti apapun dan skalanya juga bervariasi. Misalnya perusahaan tempe skala rumahan, ini memang bentuk corporation namun belum incorporation.

Oleh karena itu perusahaan tempe tersebut belum memiliki kewajiban hukum untuk melakukan tindakan pelaporan. Mengapa belum wajib karena dari segi profit sendiri masih cukup rendah.

Sehingga negara memang membebaskan masyarakat untuk melakukan usaha secara mudah. Hubungannya nanti ada pada pajak yang dibayarkan di mana perusahaan tempe tersebut masih sebatas PPN saja.

Apabila Anda tidak memahami aspek seperti ini tentu akan cukup rancu nantinya jika hendak melakukan startup yang kompleks. Jadi cara melakukan inkorporasi di Indonesia memang penting pengetahuan mengenai hukum terkait korporasi.

Jika kita memahami bagaimana struktural dan fungsional yang benar maka akan sangat berbeda. Jadi memang ada tingkatan dari sebuah kegiatan usaha yaitu bisnis, korporasi, dan incorporation.

Ketiganya dapat kita bedakan berdasarkan pajak dan variasinya yang perlu dibayarkan oleh pemiliknya. Jadi memang ini cukup kompleks dan pada bahasa Indonesia sendiri perbedaannya memang rancu.

Cara Melakukan Inkorporasi Perusahaan di Indonesia

Terdapat lima langkah panjang yang perlu dilakukan untuk merubah sebuah perusahaan menjadi incorporation. Jadi Anda memang perlu mempersiapkan mental dan fisik yang kuat agar proses ini bisa selesai.

Mulai dari pemilihan badan hukum sampai pembukaan rekening perusahaan perlu diperhatikan agar nantinya bisa memberikan hasil optimal. Ini merupakan sebuah tahapan yang memang harus diperhatikan sebelum membuat.

Kami akan menjelaskan secara detail apa saja yang akan terjadi dalam setiap tahap sehingga Anda bisa mengimplementasikan sendiri cara melakukan inkorporasi di Indonesia. Karena jika tidak tahu maka akan sulit dalam melakukan legal di Indonesia.

Apabila ada sesuatu yang berkaitan dengan hukum selalu lebih baik gunakan badan terkait dengan kemampuan. Ini adalah langkah mudah sehingga nantinya urusan bisa selesai tanpa menambah permasalahan.

  • Pemilihan badan hukum yang paling tepat

Secara umum terdapat empat badan usaha yang dapat dijadikan sebagai sebuah pilihan bagi penyelenggara. Berikut ini akan kami jelaskan sehingga bisa menjadi salah satu referensi ketika hendak melakukannya.

1. Perusahaan asing
Ini boleh dan bisa dilakukan oleh warga Indonesia secara bebas selama memenuhi persyaratan sesuai hukum. Jadi inkorporasi yang dilakukan terhadap badan usaha asing ini memang cukup menguntungkan.

Namun karena berada di negara lain biasanya kontrol terhadap performa akan cukup terbatas. Sehingga biasanya para cara melakukan inkorporasi di Indonesia pemodal lebih memilih korporasi yang berada di dalam negeri.

Ketika statusnya PMA maka pihak asing dapat memiliki antara satu sampai sepenuhnya saham usaha tersebut. Hal seperti itu perlu diperhatikan untuk menghitung bagaimana potensi kedepannya.

2. Perusahaan Nasional

Sesuai dengan namanya tentu saja kepemilikan dari perusahaan ini dipegang oleh warga negara Indonesia. Salah satu keuntungan menggunakan badan usaha seperti ini adalah mudahnya kontrol.

Jika masih berada dalam satu negara dengan investor tentu melakukan aspek kontrol sangat mudah. Kemudian familiar cara melakukan inkorporasi di Indonesia dengan hukum juga akan membuat berbagai kebijakan bisa kita filter.

Ketika menggunakan perusahaan seperti ini sebagai opsi tentu saja kita bisa menjadikannya sebagai salah satu solusi terbaik. Untuk profit sendiri belum tentu ini bisa melebihi PMA.

3. Kantor perwakilan

Ini memang masih masuk dalam kategori perusahaan namun sayangnya tidak bisa memberikan penghasilan. Bukan hanya tidak bisa namun menurut hukum tidak boleh karena merupakan perwakilan saja.

Contoh dari aspek seperti ini yang paling mudah adalah adanya perwakilan perusahaan internasional dalam negeri. Jadi mereka hanya berlaku sebagai pengontrol dan wakil saja.

4. Perusahaan jadi

Bisa berbagai macam bentuknya dan sering juga menjadi pilihan utama para investor karena aspek fleksibilitas. Memang statusnya bisa berubah sesuai dengan kebijakan baru yang berlaku.

Namun ketika kita menggunakan perusahaan jadi segala macam hal mulai produksi sampai penjualan bisa segera dilakukan. Bagi cara melakukan inkorporasi di Indonesia pemilik modal besar ini tentu saja akan sangat memudahkan.

Jadi mereka bisa langsung masuk dalam tahap produksi sampai penjualan tanpa perlu membuat underlying lagi. Hal tersebut dapat menghemat waktu dan pergerakan bisnis bisa segera terlaksana.

Dari keempat jenis tadi semuanya bisa dan boleh digunakan para investor menurut peraturan di Indonesia. Jadi Anda bisa lebih mudah menentukan pilihan karena memang statusnya sudah legal.

  • Siapkan semua izin dokumen yang dibutuhkan

Secara umum ada tiga dokumen yang perlu dipersiapkan agar bisa memulai sebuah perusahaan di Indonesia. Berikut ini akan kami jelaskan sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai sebuah referensi.

1. Visa tinggal

Sekarang Indonesia sudah tidak lagi menerbitkan KITAS sehingga ITAS saja sudah cukup. Ketika hendak tinggal di Indonesia tentu saja ini adalah salah satu kewajiban yang harus dipenuhi.

Baik statusnya sebagai investor, pekerja, atau jajaran tinggi tetap perlu mengurus visa tinggal. Pada saat pembuatan ini juga perlu memiliki sponsor langsung dari perusahaan atau keluarga yang ada di sini.

Proses pengajuan bisa dilakukan langsung sendiri atau menyerahkan pada kuasa cara melakukan inkorporasi di Indonesia. Bagi mereka yang bukan warga negara Indonesia kami sarankan menggunakan kuasa saja karena akan lebih sederhana.

2. Izin Kerja

RPTKA diperlukan apabila seseorang ingin bekerja atau memiliki perusahaan di Indonesia. Surat izin seperti ini juga perlu memiliki sponsor langsung dari perusahaan untuk menerbitkannya.

Jadi misalnya Anda adalah seorang yang akan melakukan inkorporasi di negara ini maka perlu memiliki RPTKA terlebih dahulu. Setelah RPTKA terbit kemudian ITAS juga akan mengikuti.

Hal seperti ini tidak boleh sampai dilupakan sehingga penggunaan kuasa sangat penting sifatnya. Corporate lawyer sekarang memang sangat diperlukan dan ini dapat menjadi solusi cara melakukan inkorporasi di Indonesia mudahnya.

3. ITAS Investor

Sebagai tambahan khusus bagi investor ada ITAS tersendiri yang bisa digunakan. Jadi ketika menggunakan ITAS investor Anda tidak perlu lagi membayar biaya izin kerja selama di Indonesia.

Karena status sebagai investor ini tentu saja akan cukup membantu dalam hal fleksibilitas cara melakukan inkorporasi di Indonesia. Lebih baik mengajukan ITAS investor apabila status anda memang relevan.

Dengan tiga surat tersebut maka seseorang sudah bisa masuk secara langsung dan bekerja di sini. Memang secara administrasi ini akan terlihat cukup rumit namun dengan dibolehkannya penyerahan pada kuasa akan membuatnya sederhana.

  • Persyaratan direktur telah terpenuhi dengan baik

Secara jelas undang-undang perusahaan Indonesia telah menyebutkan apapun bentuk perusahaan perlu memiliki residence director. Artinya sebuah perusahaan asing tetap perlu menunjuk direksi khusus dari masyarakat lokal.

Baik perusahaan tersebut menetap atau tidak di Indonesia posisi residence director tetap harus ada. Mengapa ini penting agar tetap ada ikatan hukum yang berlaku di Indonesia sehingga korporasi tersebut tetap mematuhinya.

Apabila sebuah perusahaan asing misalnya tidak memiliki direktur lokal maka keberadaannya perlu dipertanyakan. Pihak cara melakukan inkorporasi di Indonesia berwajib bisa memberikan peringatan sampai penindakan jika diperlukan.

Berbagai korporasi luar negeri yang juga berdiri di Indonesia sekarang juga sudah mematuhi peraturan ini. Posisi residence director sendiri kuasanya adalah sebagai perpanjangan tangan dari direktur utama.

Jadi secara eksplisit pergerakan langsung dari direktur utama perusahaan internasional tidak bisa langsung bergerak. Perlu ada perpanjangan kuasa pada residence director sehingga aktivitasnya dianggap legal.

Cara penunjukan direktur lokal dari Indonesia dapat dilakukan menggunakan special purpose arrangement. Jadi ada cara melakukan inkorporasi di Indonesia perjanjian khusus yang tertulis antara kedua belah pihak agar sama-sama mengerti posisinya.
Ini tentu saja sangat penting agar local director tidak sampai melangkahi wewenang yang dimiliki selama menggerakkan perusahaan. Karena tanpa adanya perjanjian seperti itu akan cukup berbahaya bagi pihak pertama.

Arrangement breaching akan rawan terjadi apabila tidak disaksikan secara legal berdasarkan hukum di Indonesia. Jadi masalah korporasi ini sebenarnya akan sangat kompleks apabila tidak dilakukan di depan hukum.

Adanya intensi untuk menjaga hirarki perusahaan tetap pada posisinya sangat diperlukan dalam praktiknya. Sehingga kedepan langkah tersebut dapat menjadi salah satu solusi mudah bagi pemilik perusahaan terkait.

  • Wajib Patuh akan hukum perpajakan di Indonesia

Berbagai regulasi dan perpajakan wajib dipatuhi oleh setiap pemilik usaha yang berdiri di Indonesia. Sebagai sebuah insight setidaknya ada tiga bentuk pajak yang wajib dituntaskan oleh sebuah korporasi.

1. Pajak perusahaan

Ini adalah salah satu kewajiban yang perlu dibayarkan sebuah korporasi kepada negara. Jumlah pajak cara melakukan inkorporasi di Indonesia perusahaan umum mulai tahun 2020 adalah sebesar 22 persen setiap tahun.

Adanya pajak perusahaan ini jelas sebagai kontribusi dari korporasi tersebut kepada negara tempatnya beroperasi. Masalah pajak seperti ini tidak boleh dianggap sepele karena sekarang menjadi sangat ketat.

Adanya corporate lawyer juga diperlukan untuk menjaga sehingga nantinya korporasi lebih sadar pada hukum negara. Mitigasi terhadap pelanggaran juga dapat menjadi salah satu alasan lainnya.

2. Pajak karyawan

Pemotongan pajak dari penghasilan karyawan juga perlu dilakukan di mana hasil potongan tersebut langsung dibayarkan pada otoritas negara. Jadi korporasi tidak boleh melakukan holding terhadap dana tersebut.

Ini biasanya salah diartikan oleh perusahaan kickstart dimana pajak tersebut tetap berada dalam ranah korporasi. Padahal cara melakukan inkorporasi di Indonesia seharusnya anggaran tersebut akan langsung masuk dalam birokrasi negara.

Adanya lembaga otoritas perpajakan perusahaan akan membuat sirkulasi dana semakin transparan. Tujuan dari hal ini adalah untuk menjalankan hukum yang memang sudah berjalan.

3. PPN

Ini adalah pajak pertambahan nilai yang berlaku secara universal dan tidak hanya bagi korporasi saja. Segala bentuk cara melakukan inkorporasi di Indonesia produksi baik barang atau jasa memiliki kewajiban pajak.

Nominal yang perlu dibayarkan terkait PPN ini adalah sebelas persen setiap transaksi. Jadi relatif berbeda dengan sebelumnya di mana dibayarkan setiap tahun atau siklus keuangan tertentu.

Dengan memahami regulasi pajak seperti itu tentu sebuah perusahaan akan berjalan sesuai peraturan berlaku. Apabila adanya aturan tersebut tidak dipenuhi maka sebuah korporasi dapat dikenai teguran sampai sanksi.

  • Memiliki rekening perusahaan

Memiliki rekening perusahaan atau personal di Indonesia adalah salah satu persyaratan administrasi yang perlu dipenuhi. Jadi cara melakukan inkorporasi di Indonesia tidak hanya sebagai formalitas saja namun lebih ke arah keamanan.

Adanya rekening tersebut digunakan untuk mengecek aliran modal dan pengeluaran sebuah siklus keuangan. Kemudian mitigasi untuk kejadian money laundry juga penting sehingga corporate crime tidak terjadi.

Apalagi melihat sekarang potensi tindakan kriminal korporat sangat beragam modusnya. Dengan pembuatan rekening terkait tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk melakukan pengecekan dan pemantauan arus dana.

Memang banyak orang memiliki pandangan tersendiri terhadap adanya kepemilikan rekening yang bebas lacak negara. Namun sekali lagi data tersebut tentu tidak akan dibocorkan dan sifatnya sangat rahasia.

Apabila Anda tidak memiliki rekening perusahaan atau lokal terkait maka secara otomatis sudah melanggar regulasi. Ini penting untuk diperhatikan sehingga nantinya kita bisa lebih awas terhadap kepatuhan hukum negara.

Jika ingin membuka rekening perusahaan sebenarnya simpel bisa langsung memproses sendiri atau dikuasakan. Apabila ingin cara melakukan inkorporasi di Indonesia sendiri berikut ini akan kami lampirkan persyaratan umumnya.

  1. Foto pemohon terbaru
  2. Fotokopi KITAS, paspor, dan kartu identitas
  3. Surat persetujuan investasi dari BKPM
  4. Nomor pendaftaran pajak perusahaan
  5. Akta pendirian perusahaan terkait

Apabila persyaratan tersebut sudah disiapkan maka proses pembuatan tentu akan semakin mudah. Perlu diketahui bahwa perusahaan asing boleh memberikan kuasa pada pihak ketiga dalam pembuatan ini.

Jadi hal tersebut akan memberikan fleksibilitas lebih pada para pelaku usaha dari negara lain. Akan cukup sulit apabila tidak bisa dikuasakan pada pihak tertentu sehingga pengurusannya menjadi sulit.

Apakah Semua Inkorporasi Wajib Memiliki Pemegang Saham?

Ini merupakan hal yang paling sering banyak orang salah dalam memahami secara kontekstual. Tidak harus inkorporasi memiliki pemegang saham karena sekali lagi perlu melihat seperti apa bentuk usaha berjalan.

Misalnya saja jika bentuknya adalah perseroan terbatas maka saham tidak perlu go publik sehingga pemegangnya tentu terbatas. Belum lagi jika cara melakukan inkorporasi di Indonesia memang kepemilikan dari korporasi tersebut sifatnya tertutup.

Boleh saja sebuah inkorporasi memiliki pemegang saham secara terbuka apabila memang bentuknya mendukung. Akan kami bahas secara eksplisit apa saja yang mewajibkan adanya pemegang saham.

1. Perusahaan asing

PMA apabila ingin beroperasi di Indonesia setidaknya harus ada dua pemegang saham. Pemegang saham tersebut sifatnya boleh korporat atau individu sehingga cukup fleksibel.

Kemudian pemegang boleh sepenuhnya dari asing atau kombinasi dengan lokal. Ini tentu akan memberikan kemudahan PMA untuk beroperasi secara optimal di Indonesia tanpa mempengaruhi aliran dana.

2. Perusahaan negara

Ini sifatnya jauh lebih kompleks di mana minimal pemegang saham harus di atas 300 entitas. Boleh berupa korporasi atau individu sehingga memang standarnya jauh lebih berat.

Kemudian ada juga perusahaan yang tidak wajib memiliki pemegang saham untuk dapat bergerak secara legal. Berikut ini akan kami berikan beberapa contoh cara melakukan inkorporasi di Indonesia yang dapat dijadikan sebagai referensi.

3. Kepemilikan tunggal

Seperti sedikit disinggung sebelumnya bentuk korporasi berkepemilikan tunggal tidak wajib memiliki pemegang saham lain. Jadi aliran dana tetap bergerak dari individu terkait saja.

4. Kepemilikan terbatas

Biasanya entitas seperti ini memang terdiri dari beberapa orang namun sifatnya hampir sama dengan kepemilikan tunggal. Sehingga tidak wajib memiliki pemegang saham secara terbuka.

Dengan mengetahui berbagai aspek mengenai inkorporasi tadi tentu sekarang Anda menjadi lebih paham. Bahwa cara melakukan inkorporasi di Indonesia pada dasarnya bisa sangat sederhana jika mengetahui metodenya.

Baca juga: Apakah Investor Malaikat Adalah Solusi Terbaik Kickstart?

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.