Terdapat cukup banyak perusahaan penyedia jasa modal dan pendanaan untuk startup, termasuk venture capital Indonesia. Bisa dikatakan VC ini cukup aktif dalam menyuntikkan dana kepada perusahaan perintis dengan potensi besar agar lebih berkembang.

Tidak dapat dipungkiri jika sebuah startup membutuhkan modal agar setiap proses baik operasional maupun produksi lebih lancar. Tanpa adanya lembaga keuangan yang memberikan modal, ekosistem perusahaan startup lebih sulit berjalan.

Banyaknya perusahaan-perusahaan baru dengan inovasi dan potensi, membuat VC menjadi lebih aktif dalam pendanaan. VC berasal dari berbagai negara di belahan dunia, termasuk juga dari Indonesia.

Pengertian dan Posisi Venture Capital

Venture capital artinya adalah sebuah perusahaan atau perorangan yang memberikan jasa berupa pemberian dana. Pendanaan diberikan kepada perusahaan rintisan berpotensi memiliki perkembangan pesat dengan imbalan berupa saham ekuitas.

Setiap VC termasuk juga venture capital Indonesia memiliki peran yang mungkin berbeda-beda. Meski demikian, terdapat empat jenis posisi yang cukup umum pada sebuah VC. Berikut adalah penjelasannya.

Analisis menjadi posisi di mana individu akan melakukan analisa pada perusahaan yang sudah menjadi target, mengikuti konferensi, serta melakukan pekerjaan untuk VC. Penelitian industri dan rekanan pendukung akan dilibatkan dengan uji tuntas maupun proses internal.

Posisi selanjutnya adalah Rekanan atau biasa juga disebut Partner, pekerjaannya berbeda antara Partner Junior dan Senior. Pada Partner Junior memiliki tugas utama berupa mencari perusahaan startup terbaik juga beberapa tugas lain.

Sementara itu, untuk Partner Senior, sebenarnya memiliki tugas serupa dengan Junior, namun lebih bertindak sebagai wakil perusahaan dan memiliki pengaruh besar terhadap mitra. Menjadi Partner Senior perlu membuktikan dapat mengenali startup menguntungkan.

Kemudian adalah Principal yang merupakan mitra pelatihan dengan kandidat berpengalaman 7 hingga 10 tahun. Seorang kandidat yang berada pada posisi ini juga harus dapat memberikan kenaikan signifikan terhadap keuntungan dari perusahaan.

Biasanya posisi ini dimiliki oleh staf senior yang terlibat dalam proses kesepakatan maupun negosiasi secara langsung. Tugas ini dapat dijalankan dengan baik apabila memiliki pengetahuan mengenai teknologi industri, bisnis, maupun keuangan.

Terakhir adalah mitra, dibedakan menjadi tingkatan junior, senior, dan umum. Mitra umum sendiri memiliki pengalaman dalam aktivitas VC dalam skala luas, bisa merupakan pengusaha atau eksekutif sukses dan tidak terlibat dalam pengadaan maupun kesepakatan.

Mitra umum fokus terhadap relasi dan bertindak sebagai wakil perusahaan, berbicara dalam konferensi, melayani dewan, serta membuat keputusan akhir investasi. Umumnya akan memberikan pendanaan cukup besar dengan keuntungan maupun resiko yang tinggi juga.

Venture Capital Indonesia Sangat Aktif

Terdapat banyak contoh venture capital yang cukup aktif dalam mendanai startup-startup dengan potensi besar. Oleh karena itu, namanya tidak asing lagi terdengar bagi para pemilik bisnis. Berikut beberapa contoh VC aktif memberi modal perusahaan rintisan di Indonesia.

Alpha JWC Ventures merupakan venture capital di Indonesia pertama dan fokus terhadap perusahaan-perusahaan lokal dengan jenis fintech maupun teknologi konsumen. Beberapa perusahaan yang telah didanai seperti Zenius, Kredivo, dan Noise.

East Ventures sudah terlibat dalam proses pendanaan ini sejak tahun 2010 dan cukup aktif mendanai startup di wilayah Asia Tenggara hingga Jepang. East Ventures juga menjadi VC yang berani mengambil resiko dalam mencari perusahaan perintis dan memberi modal.

Menjadi venture capital di Indonesia yang paling lama aktif dalam negeri, East Ventures bekerjasama dengan banyak perusahaan rintisan. Beberapa di antaranya seperti Tokopedia, Indodax, Fukurou Labo dan Buzzcommerce dari Jepang, serta Allsome dari Malaysia.

Emtek Grup atau memiliki nama resmi PT. Elang Mahkota Teknologi merupakan induk dari stasiun-stasiun TV Nasional seperti SCTV, Indosiar, maupun O Channel. Beberapa perusahaan yang mendapat modal Emtek Grup seperti Bukalapak, Bobobobo, Kudo, dan banyak lainnya.

Indosource merupakan sebuah VC yang dikembangkan oleh anak-anak muda Indonesia yang fokus terhadap media maupun e-commerce. Cukup banyak startup menerima pendanaan dari Indosource seperti Orori, Female Daily, eEvent, Saqina, Touchen, dan lainnya.

Terdapat banyak Venture Capital yang aktif dalam memberikan dana kepada perusahaan-perusahaan rintisan. Beberapa merupakan venture capital Indonesia yang telah lama melakukan kerja sama dengan startup dalam maupun luar negeri.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.