Bagi para pemilik bisnis maupun perusahaan rintisan, mungkin sudah mengenal beberapa contoh venture capital baik di dalam maupun luar negeri. Perannya dalam memberikan dana menjadi salah satu hal penting dalam berkembangnya sebuah startup.

Dapat dikatakan, VC terbaik merupakan yang paling aktif dalam memberikan kucuran dana. Meskipun perlu menganalisis potensi dari sebuah perusahaan, namun beberapa di antaranya cukup berani mengambil risiko untuk memberikan modal sebuah perusahaan rintisan.

Umumnya bentuk modal untuk startup berupa uang, namun tidak menutup kemungkinan dalam bentuk keahlian baik teknis maupun keterampilan. Pemberian dana juga dapat lebih dari satu kali sesuai dengan kesepakatan.

Pengertian dan Cara Kerja Venture Capital

Dapat dikatakan, venture capital artinya sebuah lembaga keuangan yang membantu modal terhadap startup sehingga mempermudah produksi maupun operasional. Karena perusahaan penerima modal masih baru, maka risiko kegagalan juga lebih tinggi.

Terdapat perbedaan antara venture capital maupun venture capitalist. Untuk VC sendiri merupakan asal dari dana yang menjadi modal. Sementara itu, venture capitalist merupakan orang-orang di dalamnya bertugas sebagai pengatur keuangan.

Venture capitalist memiliki tugas memproyeksikan keuntungan yang didapat dari perusahaan penerima dana. Dana untuk startup sendiri didapatkan dari Limited Partners atau biasa disebut dengan LP berupa perusahaan besar, perorangan, dana pensiun, dan sebagainya.

Cara kerja dari contoh venture capital yang ada. Pertama adalah penanaman modal para investor atau LP kepada venture capitalist. LP nantinya juga akan memberikan pinjaman dana kepada management fee untuk menjalankan serta mengawasi investasi yang telah ditanam.

Konsep ini hampir serupa dengan Manajer Investasi yang umum ditemukan pada investasi reksa dana. Perbedaannya, VC memiliki skala venture capitalist lebih besar sekaligus juga lebih kompleks.

Jika dana telah terkumpul, selanjutnya venture capitalist akan mendistribusikan modal kepada startup. Sebelumnya, perusahaan akan dianalisa terlebih dahulu untuk memastikan telah masuk kualifikasi.

Nantinya orang yang mengatur keuangan ini akan mendapat keuntungan dari dana sebuah startup yang exit. Caranya dapat berupa startup IPO atau go publish, diakuisisi ataupun dijual, diinvestasikan sebagian maupun seluruhnya. 

Tugas dari VC sendiri juga cukup banyak. Misalnya adalah dalam mencari dan menganalisa startup potensial yang akan dilakukan negosiasi sehingga bisa menilai prospek perusahaan baru tersebut ke depannya.

Tugas lainnya yaitu Support Startup di mana VC ajab terlibat dalam hal bersifat strategi. VC juga dapat mendukung penggalangan dana juga administrasi jika memang diperlukan. Operasi internal juga menjadi tugas yang mencangkup administrasi, akuntansi dan tim IT.

Selanjutnya adalah membangun jaringan maupun branding perusahaan rintisan. Bukan hanya itu, namun juga membangun hubungan dengan Limited Partners.

Contoh Venture Capital yang Terbaik

Ada cukup banyak contoh aktif dalam memberikan pendanaan terhadap perusahaan rintisan di Indonesia. Beberapa merupakan VC berasal dari luar negeri, namun ada juga dari Indonesia.

East Ventures menjadi salah satu venture capital Indonesia yang telah banyak bekerja sama dengan startup. Perusahaan ini juga termasuk paling tua di Indonesia dan aktif dalam memberi pendanaan.

East Ventures sangat terkenal karena berani mengambil risiko terhadap startup dari Asia Tenggara dan Jepang dengan potensi besar dan memberikan modal. Perusahaan sangat terkenal di Indonesia yang didanai VC ini adalah Tokopedia.

Selanjutnya adalah 500 Durians dengan 500 startup tergabung di dalamnya dan fokus pada wilayah Asia Tenggara. Salah satu contoh ini terdiri dari hingga 150 perusahaan portofolio sejak tahun 2020.

Ada cukup banyak startup bekerja sama dengan 500 Durians dan sangat terkenal di Indonesia. Beberapa di antaranya seperti Bukalapak, Grab, Credit Karma, Canva, dan masih banyak lainnya.

Fenox Venture Capital berasal dari Silicon Valley yang pasti tidak akan asing bagi para pemilik bisnis. Silicon Valley sendiri berada di California dan menjadi VC paling terkenal. Perusahaan digital cukup banyak beroperasi di sana.

Bekerja sama dengan Fenox Ventures Capital perlu memiliki portofolio sesuai dengan keinginan VC. Jika telah masuk dengan kriteria, maka sejumlah dana akan segera didapatkan perusahaan perintis.

Memiliki peran sangat penting dalam ekosistem startup, dana yang diberikan VC telah banyak membantu perusahaan rintisan berkembang pesat. Ada banyak contoh venture capital tersebar di seluruh dunia, termasuk di antaranya adalah Indonesia.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.