Venture capital artinya berkenaan dengan lembaga keuangan yang memberikan suntikan dana kepada pemilik startup. Oleh karena itu istilah ini tidak asing lagi jika telah lama berkecimpung dalam dunia bisnis.

Istilah ini sendiri biasa disebut VC, merupakan sebuah lembaga yang sangat penting dalam membantu berjalannya semua kegiatan operasional maupun produksi. Proses berkembangnya sebuah perusahaan juga dapat menjadi lebih signifikan.

Contoh venture capital sangat banyak dan tersebar di seluruh dunia, termasuk Asia Tenggara dan otomatis Indonesia masuk di dalamnya. Baik perusahaan-perusahaan baru dirintis maupun VC nantinya akan bekerja sama satu dan lainnya.

Venture Capital Artinya dan Jenis-jenisnya

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, venture capital merupakan sebuah lembaga dalam memberikan bantuan berupa dana bukan hanya satu perusahaan perintis. Pendanaan tersebut diberikan kepada startup yang memang memiliki potensi besar.

VC tidak hanya memberikan sekali suntikan dana saja, namun secara berulang tergantung evaluasi yang telah dilakukan dalam aktivitasnya. Pendanaan sendiri memiliki beberapa jenis untuk diketahui.

Seed Capital menjadi awal dana dari VC untuk perusahaan rintisan yang belum memiliki tata organisasi maupun produk baik sehingga nominal juga cukup kecil. Jenis ini biasanya digunakan sebagai riset pasar, contoh produksi, dan sebagainya.

Selanjutnya adalah Startup Capital untuk perusahaan yang memang telah memiliki produk. Pada jenis ini, dana dari VC biasanya digunakan untuk riset produk, merekrut karyawan, maupun penyelesaian produk untuk segera dipasarkan.

Early Stage Capital juga salah satu jenis venture capital adalah pemberian dana untuk startup yang sudah terorganisir baik serta memiliki potensi jangka pendek. Biasanya pendanaan digunakan untuk efisiensi produksi, meningkatkan penjualan, dan lainnya.

Expansion Capital merupakan pemberian dana kepada startup yang telah mapan dan memiliki kesiapan untuk memperluas pangsa pasar. Dengan demikian, perusahaan dapat memaksimalkan penjualan dengan pasar yang ada.

Terakhir adalah Late Stage Capital bagi para startup dengan performa bagus. Adanya suntikan dana ini dapat digunakan oleh perusahaan sebagai penambah modal dan lebih meningkatkan performa dari bisnis tersebut.

Melihat dari berbagai jenis tersebut, dapat dikatakan bahwa venture capital artinya memberikan kemudahan dana kepada perusahaan sesuai dengan perkembangan dari tiap usaha. Pendanaan juga nantinya digunakan untuk kebutuhan berbeda.

Venture Capital Terbaik di Indonesia

VC sendiri mendapatkan sumber modal dari para investor yang disebut dengan limited partner. Investor ini merupakan perusahaan besar dengan dana mengendap, individu, maupun lembaga pengumpul dana-dana pensiun.

Nantinya keuntungan dari perputaran uang akan memiliki jangka waktu tertentu tergantung kesepakatan dengan VC. Meski demikian, resiko bisa dikatakan tinggi sehingga perlu ketelitian karena perusahaan baru bisa memiliki potensi berkembang, namun juga bisa gagal.

Ada cukup banyak contoh VC yang aktif dalam memberikan bantuan keuangan kepada startup, termasuk venture capital Indonesia. Berikut adalah beberapa contoh VC yang cukup aktif memberikan modal dan tidak asing bagi para pemilik usaha.

Gree Ventures salah satu VC aktif dalam berinvestasi di Indonesia maupun kawasan Asia Tenggara lainnya. Beberapa startup yang telah mendapatkan modal dari Gree Ventures seperti Bukalapak, Berrybenka, Urbanindo, dan masih banyak lainnya.

Gree Ventures yang memiliki beberapa kategori pendanaan ini sendiri berasal dari Jepang. Digawangi oleh Yusuke Amano, Tatsuo Tsutsumu, dan Aoyagi Naoki, penyedia jasa modal usaha ini cukup dikenal.

Rebright Partners berasal dari Jepang dan khusus mendanai startup jenis mobile maupun internet. Investasinya banyak di kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Beberapa perusahaan yang bekerja sama seperti indotrading, Qraved, aturduit, dan lainnya.

IMJ Investment tidak hanya memberikan suntikan dana, namun juga membantu hal-hal lain seperti jasa untuk mengembangkan produk, relasi bisnis startup, juga akses internet. Beberapa perusahaan yang bekerja sama seperti Bukalapak, iMoney, juga Urbanindo.

Convergence merupakan VC asal Indonesia dan bagian dari perusahaan Bakrie Group. Telah mempersiapkan dana besar untuk modal, para startup perlu mempelajari terlebih dahulu syarat-syarat serta grade pendanaan pada perusahaan tersebut.

Sebuah perusahaan yang baru akan dirintis tentu saja memerlukan pendanaan untuk memperlancar semua proses baik operasional maupun produksi. Venture capital artinya sangat berperan dalam berkembangnya startup-startup ini.

Lanyakan Pada Justika Seputar Venture Capital

Venture capital merupakan lembaga yang memberikan dana atau modal yang umumnya ditujukan untuk perusahaan rintisan guna mengembangkan bisnisnya. Justika bisa membantu mengatasi masalah Anda yang berhubungan dengan venture capital.

Demi mendalami posisi Anda lebih jauh, ada baiknya Anda berdiskusi serta berkonsultasi dengan ahli di bidang hukum, yakni Advokat. Perlu diketahui juga bahwa mitra advokat Justika dipilih dari seleksi yang cukup ketat dengan pengalaman minimal 5 tahun.

Layanan Konsultasi Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Layanan Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.