Sebagian dari masyarakat khususnya yang bergerak dalam bidang bisnis kemungkinan tidak asing ketika mendengar istilah modal ventura. Modal ventura merupakan salah satu jalan yang dapat dilakukan oleh pemilik bisnis agar tetap dapat menjalankan aktivitas bisnisnya, serta mengembangkan produk inovasi mereka. Lalu bagaimana penjelasan lengkap mengenai modal ventura itu? Berikut akan kami jelaskan dalam artikel ini.

Apa Itu Modal Ventura?

Modal ventura adalah sebuah bentuk pendanaan yang dilakukan oleh badan usaha kepada perusahaan lain dalam bentuk bantuan modal atau pembiayaan, bertujuan untuk berinvestasi dan membangun hubungan bisnis/mitra bisnis dalam jangka waktu tertentu. Modal ventura umumnya diberikan kepada perusahaan startup.

Aturan Hukum Penggunaan Modal Ventura

Dasar hukum modal ventura tertuang dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 Tentang Perseroan Terbatas (UU PT) sebagai peraturan umumnya, namun untuk peraturan khususnya tertuang dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 34/POJK.05/2015 tentang Perizinan Usaha dan Kelembagaan Perusahaan Modal Ventura (“POJK 34/2015”) dan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 35/POJK.05/2015 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Modal Ventura (“POJK 35/2015”)

Apa Saja yang Termasuk Modal Ventura?

Dalam implementasinya ada beberapa jenis pembiayaan modal ventura, dan dibagi berdasarkan cara penyerahan modalnya. Berikut beberapa hal yang termasuk ke dalam modal ventura.

Berdasarkan Cara Penyerahan Dana

Modal ventura yang berdasarkan penyerahan dana terbagi lagi ke dalam dua kategori, diantaranya:

  1. Single tier approach
    Single tier approach merupakan modal ventura yang mengarah pada perusahaan sebagai pihak yang menghimpun dana, dimana setiap pengelolaan dana tersebut kemudian akan diinvestasikan ke dalam bentuk modal di suatu perusahaan.
  2. Two tier approach
    Untuk two tier approach akan melibatkan 2 badan usaha, dimana satu badan usaha memiliki peran sebagai penghimpun dana (fund company) dan badan usaha lainnya berperan sebagai pengelola dana yang dihimpun (management company).

Berdasarkan Kepemilikan

Untuk modal ventura yang termasuk ke dalam kepemilikan, dibagi menjadi 4 (empat) kategori, diantaranya:

  1. Private Venture Capital Company
    Sesuai dengan penamaan dalam kategori ini, private ini mengarah kepada para perusahaan yang tertutup, dimana perusahaan tersebut tidak membuahkan penjualan sahamnya di pasar modal Indonesia.
  2. Public Venture Capital Company
    Jenis kepemilikan ini adalah kebalikan dari jenis kepemilikan di atas, artinya sebuah perusahaan sudah membuka penjualan sahamnya di bursa efek Indonesia dan terbuka untuk publik.
  3. Bank Affiliate Venture Company
    Dalam modal ventura jenis ini, perusahaan akan dikelola oleh beberapa pihak bank, alasannya karena terdapat surplus dana atau tujuan tertentu terkait modal ventura itu sendiri.
  4. Conglomerate Venture Capital
    Terakhir yaitu conglomerate dimana perusahaan modal ventura ini didirikan oleh beberapa perusahaan besar.

Berdasarkan Dana yang Dihimpun

Untuk yang berdasarkan dana yang dihimpun, modal ventura terbagi menjadi dua kategori, diantaranya:

  1. Leverage Venture Capital
    Untuk jenis ini seluruh dana modal ventura dikumpulkan dalam wujud pinjaman dari berbagai pihak yang dikelola oleh satu perusahaan modal ventura.
  2. Equity Venture Capital
    hal yang membedakan jenis ini dengan jenis di atas dalam equity venture capital, dana modal ventura sebagian besar bersumber dari modal pribadi.

Manfaat Modal Ventura

Secara umum manfaat dari adanya modal ventura yaitu untuk memberikan bantuan modal kepada perusahaan swasta untuk mewujudkan bisnisnya, namun terdapat manfaat lain dari adanya modal ventura, diantaranya:

1. Meningkatkan potensi usaha

Konsep dari pemberian modal ventura memang merupakan investasi dan kerjasama antara pihak, dimana dalam hal ini tentu memberikan manfaat untuk kedua pihak. Tidak hanya memberikan dana bantuan, akan tetapi jika kedua perusahaan setuju maka bentuk kerjasama ini akan sama sama bertujuan untuk mencapai target bisnis masing-masing.

2. Mencapai target pemasaran yang lebih efisien

Pada dasarnya melakukan strategi pemasaran dalam sebuah bisnis akan cenderung lebih sulit dan kurang maksimal. Namun, dengan memanfaatkan dari adanya bantuan modal ventura, tentu akan memberikan peningkatan terkait kredibilitas dan citra dari sebuah bisnis. Sehingga strategi pemasaran akan berjalan lebih optimal.

3. Meningkatkan likuiditas perusahaan

Dana bantuan yang bersumber dari modal ventura tidak diwajibkan untuk membayar bunga pinjaman, karena memang konsep dari modal ventura adalah investasi. Hal ini tentu bermanfaat dan akan meningkatkan likuiditas perusahaan.

Tujuan Modal Ventura

Selain memiliki berbagai manfaat, tentu pembiayaan modal ventura memiliki tujuan yang harus dicapai oleh setiap pihak, antara lain:

  1. Memungkinkan dan mempermudah dalam pendirian suatu perusahaan baru;
  2. Membantu setiap perusahaan yang sedang memiliki kesulitan dana dalam pengembangan dan pembangunan usahanya;
  3. Membantu perusahaan dalam tahap pengembangan produk, atau tahap kemunduran suatu perusahaan;
  4. Membantu perusahaan yang hanya memiliki gagasan dalam tahap pengembangan produk, menjadi produk siap dipasarkan; dan
  5. Membantu pengembangan teknologi baru dengan memberikan ahli teknologi.

Ciri-ciri Perusahaan Modal Ventura

Sedangkan untuk lebih mengenal modal ventura, ciri-ciri dari modal ventura adalah:

  1. Modal ventura adalah investasi jangka panjang sebuah perusahaan pemberi bantuan dana;
  2. Modal ventura merupakan pembiayaan bersifat risk capital;
  3. Modal ventura bersifat sementara, atau memiliki jangka waktu tertentu;
  4. Keuntungan dari modal ventura yaitu capital gain dan deviden;
  5. Pembiayaan modal ventura merupakan equity; dan
  6. Perusahaan yang diberikan bantuan dana modal ventura biasanya perusahaan-perusahaan yang memiliki terobosan yang menjanjikan keuntungan tinggi.

Bagaimana Cara Kerja Modal Ventura?

Cara kerja modal ventura mungkin sudah tergambar dari definisi modal ventura itu sendiri, dimana modal ventura memiliki sistem kerja yang mana pemodal ventura akan membeli sebuah saham berupa ide pengusaha, yang akan dipelihara dalam waktu yang singkat.

Biasanya seorang pengusaha yang memiliki gagasan inovasi setiap perkembangan khususnya dalam hal baru, baik berupa produk atau teknologi baru maka kendala terbesarnya yaitu regulasi dan modal yang besar. Hadirnya modal ventura untuk menghimpun modal yang besar merupakan jalan yang dapat diambil oleh pemilik gagasan tersebut.

Apa Saja Kegiatan Usaha Modal Ventura?

Dalam kegiatan usaha modal ventura meliputi beberapa hal seperti:

  1. Penyertaan melalui pembelian obligasi konversi
  2. Penyertaan dalam saham
  3. Pembiayaan berdasarkan pembagian atas hasil usaha

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, terutama perihal pemahaman mengenai modal ventura saham dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.