Sebuah perusahaan yang sudah berdiri tidak hanya memiliki tanggung jawab atau visi misi untuk mengembangkan dan menjalankan usahanya saja. Perusahaan tersebut juga memiliki tanggung jawab sosial yang dinamakan dengan CSR atau corporate social responsibility. Kegunaan program CSR ini juga ditujukan untuk lingkungan, stakeholders hingga perusahaan itu sendiri.

Apa itu CSR?

CSR adalah sebuah konsep dimana perusahaan dengan sadar memiliki tanggung jawab dalam lingkungan hidup dan sosial dalam interaksinya dengan stakeholder dan operasional perusahaan. Singkatnya adalah CSR merupakan konsep tanggung jawab dari perusahaan untuk lingkungan hidup dan sosial di tempatnya berada.

Jika dilihat dari aturan hukum corporate social responsibility ini sudah tertuang dalam Undang-Undang Perseroan Pasal 74 Nomor 40 Tahun 2007 mengenai perseroan terbatas. Secara umum perusahaan memiliki tanggung jawab pada pihak yang bisa memberikan dampak baik atau terdampak baik secara langsung atau tidak langsung pada kegiatan perusahaan.

Istilah CSR sendiri tidak diatur dalam UUPT melainkan UU ini menggunakan term Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TSJL) yang direalisasikan oleh setiap PT dengan membentuk bagian CSR. Jadi, pembentukan CSR untuk menjalankan kewajiban PT untuk melakukan TSJL tidak diwajibkan kepada semua jenis PT. Dalam Pasal 74 UUPT hanya PT yang bergerak dalam bidang dan/atau berkaitan dengan sumber daya alam yang diharuskan menjalankan TSJL. Sehingga dapat dikatakan tidak semua PT wajib untuk membentuk CSR.

Kegunaan Program CSR Untuk Lingkungan Sekitar

1. Resiko bisnis bisa berkurang

Kegunaan program CSR yang pertama adalah membantu mengurangi resiko bisnis perusahaan. Adanya CSR ini akan membantu menjaga hubungan baik dengan para pihak-pihak yang terlibat. Dengan begitu resiko bisnis juga bisa diminimalisir.

2. Produktivitas karyawan juga meningkat

Rasa bangga sebagai seorang karyawan dalam perusahaan tersebut secara tidak langsung akan naik karena adanya reputasi perusahaan yang baik serta kontribusinya yang baik juga. Kontribusi tersebut diberikan pada masyarakat, lingkungan sekitar dan stakeholders lainnya. Dengan begitu kegunaan program CSR ini juga meningkatkan produktivitas karyawan ketika bekerja.

3. Memperbaiki hubungan baik dengan regulator

Sebuah perusahaan yang melakukan CSR biasanya akan membantu meringankan beban pemerintah sebagai regulator. Hal ini karena pemerintah yang akan bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat dan lingkungan sekitarnya.

4. Hubungan baik dengan stakeholders bisa tetap terjaga

Kagunaan program CSR yang selanjutnya adalah membantu untuk menjaga hubungan baik dengan stakeholders perusahaan. Secara langsung juga membantu meningkatkan kepercayaan stakeholders pada perusahaan.

5. Akses menuju pasar yang lebih lebar

Perusahaan justru bisa menciptakan peluang pasar yang lebih besar melalui investasi dan besaran jumlah anggaran CSR. Dengan begitu akan berpengaruh pada tingkat penjualan yang semakin meningkat.

6. Memperluas akses sumber daya

Kegunaan program CSR yang selanjutnya untuk perusahaan adalah membantu memperluas akses untuk mendapatkan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Dalam kata lain akan meningkatkan proses operasional perusahaan.

7. Social licence to operate

Masyarakat sebuah faktor yang bisa membantu perkembangan perusahaan menjadi lebih maju atau sebaliknya. Namun dengan adanya CSR tersebut akan membantu masyarakat agar bisa mendapatkan berbagai macam manfaat dengan adanya perusahaan tersebut di lingkungan mereka. Secara langsung masyarakat akan diuntungkan dengan berdirinya perusahaan tersebut. Kegunaan program CSR sendiri untuk perusahaan adalah membantu berjalannya operasional perusahaan dengan lebih fleksibel.

Pada dasarnya, kegunaan program CSR tersebut bisa memberikan banyak manfaat tidak hanya untuk lingkungan atau stakeholders, namun juga untuk perusahaan itu sendiri.

Layanan Justika Untuk Membantu Persoalan Bisnis Anda!

Adanya penggunaan program CSR ini secara tidak langsung akan membantu dalam menunjang kebutuhan operasional perusahaan agar bisa berjalan dengan lancar.Jika Anda memiliki persoalan hukum yang ingin ditangani selain proses perubahan nama, Justika siap membantu dengan beberapa jenis bantuan hukum.

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Dengan konsultasi via telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.