Ketika Anda memiliki sebuah usaha, maka salah satu yang penting adalah melakukan daftar kode kbli 2020. Namun masih banyak juga yang tidak mengetahui mengenai apa yang dimaksudkan dengan kbli tersebut. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai yang dimaksudkan dengan kbli.

Apa Itu KBLI?

KBLI adalah singkatan dari Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia yang mana merupakan pengklasifikasian produk baik dalam bentuk barang atau jasa yang berdasarkan lapangan usaha guna memberikan keseragaman konsep, definisi, dan juga klasifikasi lapangan usaha dalam perkembangan dan pergeseran kegiatan ekonomi yang ada di Indonesia.

Aturan Hukum Terkait KBLI

Adanya aturan mengenai KBLI tersebut dijelaskan dalam Peraturan BPS Nomor 2 Tahun 2020 mengenai Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia. Dalam hal ini penambahannya 216 kode KBLI 5 digit dari KBLI 2017 yang membuat total yang ada saat ini adalah 1.790 KBLI.

Fungsi KBLI

Lalu apa fungsi dari KBLI itu sendiri, fungsi dari KBLI berguna untuk menyeragamkan atau menyamakan aktivitas atau kegiatan usaha di Indonesia agar menjadi sebuah klasifikasi yang bisa digolongkan. Nantinya adanya penyeragaman tersebut juga menjadi acuan untuk melakukan pendaftaran legalitas yang ada seperti NIB atau akta perusahaan.

Jenis dan Tipe KBLI

Ada banyak sekali daftar kode kbli 2020 yang dibedakan berdasarkan jenisnya seperti:

  1. Pertanian, kehutanan dan perikanan
  2. Pertambangan dan penggalian
  3. Industri pengolahan
  4. Pengadaan listrik, gas, air panas dan udara dingin
  5. Treatment air, treatment dan pemulihan material sampah, treatment air limbah dan aktivitas remediasi.
  6. Konstruksi
  7. Perdagangan besar dan eceran, reparasi dan perawatan mobil dan sepeda motor
  8. Pengangkutan dan pergudangan
  9. Informasi dan komunikasi
  10. Aktivitas keuangan dan asuransi
  11. Real estate
  12. Aktivitas profesional, ilmiah dan teknik
  13. Aktivitas penyewaan dan sewa guna usaha tanpa hak opsi, ketenagakerjaan, agen perjalanan dan penunjang usaha lainnya.
  14. Administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib
  15. Pendidikan
  16. Aktivitas kesehatan manusia dan aktivitas sosial
  17. Kesenian, hiburan dan rekreasi
  18. Aktivitas jasa lainnya
  19. Aktivitas rumah tangga sebagai pemberi kerja, aktivitas yang menghasilkan barang dan jasa oleh rumah tangga yang digunakan untuk membantu memenuhi kebutuhan sendiri.
  20. Aktivitas badan internasional dan badan ekstra internasional lainnya.

Perbedaan KBLI dan KLU

Ada beberapa perbedaan mengenai KBLI dan KLU yang juga perlu Anda ketahui. Pertama, daftar kode KBLI 2020 dikeluarkan oleh BPS atau Badan Pusat Statistik yang merujuk pada ISIC. Sedangkan untuk KLI sendiri adalah klasifikasi lapangan usaha yang dikeluarkan oleh DJP.

Perbedaan yang kedua adalah dalam KBLI berfungsi untuk menyamakan penggolongan aktivitas atau kegiatan usaha yang ada di Indonesia menggunakan daftar kode KBLI 2020 yang sistematis. Nantinya penyeragaman tersebut akan menjadi acuan untuk pendaftaran NIB atau akta perusahaan.

Sedangkan fungsi dari KLU sendiri akan digunakan untuk menautkan penatausahaan data wajib pajak, contohnya data kelompok kegiatan ekonomi wajib pajak dan kelompok kegiatan ekonomi dalam surat pemberitahuan yang dibutuhkan untuk dasar penyusunan NPPN dan yang lainnya.

Cara Menambah KBLI di OSS

  1. Masuk pada laman OSS dan lakukan log in
  2. Setelah itu, Anda bisa mengisi semua data yang dibutuhkan dalam laman tersebut.
  3. Tambahkan dokumen atau data yang diminta dengan menekan tombol “tambah”
  4. Nantinya akan muncul pilihan KBLI yang sesuai dengan data yang sudah dimasukkan dalam data legalitas.
  5. Pilih daftar kode KBLI 2020 yang sesuai dengan maksud dan tujuan legalitas.
  6. Setelah Itu Anda bisa memilih “simpan data KBLI”

Tips Memilih KBLI yang Tepat

Jika Anda masih bingung ketika memilih daftar kode KBLI 2020, maka berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  1. Pertama yang bisa dilakukan adalah dengan melihat kode KBLI yang tepat dengan usaha Anda. Caranya dengan menggunakan situs spkonline.bps.go.id dengan cara memasukkan keyword kegiatan usaha yang Anda lakukan.
  2. Tentukan beberapa daftar kode KBLI 2020 yang memang sesuai untuk kemudian diskusikan dengan pendiri perusahaan atau orang yang lebih paham seperti notaris.
  3. Terakhir adalah menjadikan visi misi perusahaan untuk kriteria memilih daftar kode KBLI 2020. Hal ini penting agar perusahaan nantinya tidak perlu melakukan perubahan dokumen perizinan.

Demikian adalah artikel mengenai daftar kode KBLI 2020 yang perlu Anda ketahui.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.