Contoh surat keputusan pemberhentian direktur – Direktur perusahaan adalah orang yang bertanggung jawab untuk melakukan pengelolaan perusahaan guna mencapai visi dan misi perusahaan. Direktur perusahaan sendiri dibagi lagi menjadi beberapa jenis seperti direktur keuangan, direktur sumber daya manusia, direktur utama dan yang lainnya. 

Jika melihat dari kegiatan operasional perusahaan, direktur juga bisa diberhentikan dari pekerjaannya sebagai direktur. Hal ini sudah pasti dikarenakan beberapa alasan yang cukup krusial sehingga direktur tersebut harus diberhentikan. Selain itu, pemberhentian tersebut juga melalui beberapa prosedur pemberhentian direksi hingga menggunakan contoh surat keputusan pemberhentian direktur. 

Pemberhentian Direksi Dalam RUPS

Pemberhentian direksi ini sudah dituliskan dalam Pasal 105 ayat 1 UU PT yang menjelaskan bahwa anggota direksi bisa diberhentikan sewaktu-waktu sesuai dengan keputusan RUPS atau Rapat Umum Pemegang Saham dengan alasan bahwa yang bersangkutan sudah tidak bisa lagi memenuhi persyaratan sebagai anggota direksi yang sesuai dengan Undang-Undang PT, seperti:

  • Melakukan tindakan yang merugikan PT atau
  • Ada alasan lainnya yang dinilai tepat dalam pembahasan RUPS

Kemudian keputusan tersebut diambil secara musyawarah mufakat sesuai dengan pasal 87 ayat 1 Undang-Undang PT. Namun selain itu, direksi yang diberhentikan juga memiliki hak direksi yang diberhentikan seperti membela diri hingga mendapatkan beberapa hak lainnya sesuai dengan aturan yang berlaku. 

Hal ini nantinya juga akan menjawab mengenai bisakah keputusan pemberhentian direksi digugat, dimana juga menjadi hak bagi yang tergugat atau yang hendak diberhentikan tersebut. 

Contoh Keputusan Surat Pemberhentian Direktur

Adanya contoh keputusan surat pemberhentian direktur ini harus disampaikan pada yang bersangkutan sesuai dengan Pasal 106 ayat 2 Undang-Undang PT. Dalam contoh surat pemberhentian direktur tersebut biasanya akan berisi beberapa hal seperti:

1. Tujuan surat

Surat tersebut ditujukan pada semua anggota RUPS seperti pemegang saham perusahaan, dewan komisaris, dewan direksi hingga seluruh karyawan yang bekerja dalam perusahaan tersebut. 

2. Rujukan

Rujukan dalam hal ini adalah isi atau poin penting dari contoh surat keputusan pemberhentian direktur seperti siapa yang akan digantikan atau diberhentikan beserta jabatannya, pengangkatan pengganti hingga beberapa hal penting lainnya yang sudah di musyawarahkan dalam RUPS. 

3. Tanggal disahkannya isi surat

Hal ini juga menjadi bagian penting dalam contoh surat keputusan pemberhentian direktur, misalnya terhitung sejak tanggal berapakah yang bersangkutan diberhentikan hingga sejak tanggal berapa juga sang bersangkutan digantikan oleh orang lain. Hal ini menjadi tanda bahwa yang bersangkutan sudah tidak lagi memegang jabatan sebagai direktur dan digantikan oleh orang lain. 

Berikut adalah contoh surat keputusan pemberhentian direktur yang bisa Anda gunakan sebagai rujukan.

Demikian adalah artikel mengenai contoh surat keputusan pemberhentian direktur dan beberapa hal penting lainnya. 

Tanyakan Langsung Dengan Justika Perihal Surat Keputusan Pemberhentian Direktur

Anda bisa berkonsultasi dengan mitra advokat andal dan profesional Justika. Anda bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi Chat, Konsultasi via Telepon dan  Konsultasi Tatap Muka.

Lawyer yang bergabung di Justika merupakan lawyer pilihan yang melalui proses rekrutmen yang cukup ketat dengan pengalaman paling sedikit, yaitu 5 tahun berkarir sebagai advokat.

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp. 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp. 350.000 selama 30 menit atau Rp. 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp. 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.