Sudahkah Anda melihat contoh surat izin usaha industri yang harus dimiliki oleh pelaku usaha di bidang pembuatan bahan baku menjadi barang jadi atau setengah jadi? Surat ini sangat dibutuhkan bagi pelaku bisnis sebagai legalitas kegiatan ekonomi yang dilakukan.

Surat izin ini biasa disebut SIUI atau IUI ini dapat diurus oleh perseorangan, perusahaan tidak berbadan hukum, maupun berbadan hukum. Bisa mengurusnya di Loket Pelayanan dan Informasi Unit Pelayanan Terpadu satu Atap (UPTSA) di daerah kota masing-masing.

Memiliki SIUI akan memberikan usaha perindustrian yang dilakukan dilindungi hukum dan legal sehingga sangat disarankan untuk dimiliki. Apalagi jika Anda sudah memiliki bisnis dengan pekerja.

Proses pembuatan sangat mudah dan cepat serta tidak mengeluarkan biaya juga dapat selesai maksimal 12 hari kerja. SIUI akan disesuaikan dengan golongan industri yang dilakukan sesuai persyaratan dan ketentuan pemerintah.

Ada banyak manfaat memiliki SIUI bagi pelaku bisnis maupun daerah/negara. Kali ini, kami akan memaparkan beberapa manfaat memiliki IUI bagi pelaku industri maupun daerah/negara.

Contoh Surat Izin Usaha Industri Berdasarkan Golongan

Sebelum membahas mengenai manfaat SIUI bagi pelaku industri maupun daerah/negara, Anda yang hendak mengurus SIUI harus tahu terlebih dahulu mengenai ketentuan mengurusnya.

SIUI wajib dimiliki industri dengan modal minimal 5 juta dan akan digolongkan sesuai dengan masing-masing modal yang dikeluarkan. Saat ini ada 3 golongan industri yang boleh mengurus SIUI di Indonesia, yaitu:

  1. Golongan industri kecil, yaitu bagi pelaku usaha/industri dengan modal di atas Rp5 juta hingga Rp500 juta.
  2. Golongan industri menengah, yaitu bagi pelaku usaha/industri dengan modal di atas Rp500 juta hingga Rp 1 miliar.
  3. Golongan industri besar, yaitu bagi pelaku usaha/industri dengan modal di atas Rp 1 miliar.

Selain berdasarkan golongan, Anda juga harus menyesuaikan dengan bahan baku yang digunakan. Nantinya bahan baku yang digunakan akan diklasifikasikan sesuai aturan lembaga urusan di bidang perindustrian dan diatur dalam KBLI.

Ketika Anda melakukan pengajuan berkas untuk mengurus SIUI, maka tidak boleh tidak melampirkan keterangan nilai investasi dan kelompok KBLI. Kedua informasi ini akan menentukan ke mana masuknya golongan perusahaan Anda nantinya.

Manfaat SUIU Bagi Pelaku Usaha dan Pemerintah

Mengurus SIUI memang membutuhkan waktu juga sedikit kerepotan dari pihak pemohon. Namun, hal ini setara dengan manfaat dari kepemilikan IUI ini. Dengan memiliki surat izin ini Anda akan mendapatkan:

Legalitas Usaha

Sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perindustrian berbeda dengan usaha dagang biasa. Karena ada beberapa syarat legalitas yang harus dipenuhi, salah satunya IUI.

Keberadaan IUI akan membuat kegiatan produksi yang dilakukan memiliki izin sehingga menjadi usaha legal. Apabila Anda belum memiliki izin, maka sewaktu-waktu bisa saja pabrik produksi tersebut ditutup.

Melindungi Perusahaan

Izin usaha industri merupakan sebuah pelindung bagi perusahaan Anda, apalagi jika dijalankan dengan jujur, terbuka, dan mematuhi aturan yang berlaku. Maka patut memiliki dasar hukum yang melindunginya.

Adanya perlindungan hukum ini akan membantu pengusaha ketika muncul sengketa di kemudian hari. Karena IUI memiliki kekuatan hukum dan berlaku selama perusahaan masih melakukan kegiatan perindustrian.

Sumber Resmi Bagi Pihak Luar Mengetahui Informasi Perusahaan

Adanya SIUI artinya perusahaan sudah terdaftar dalam database pemerintah sebagai sebuah usaha/industri yang legal dan memiliki dasar hukum. Dengan demikian, akan mudah bagi pihak lain untuk mengetahui profil singkat perusahaan.

Terutama bagi pihak yang ingin berinvestasi di perusahaan Anda. Ketika membutuhkan informasi mengenai profil perusahaan pihak luar dapat dengan mudah mendapatkannya.

Dengan demikian, pihak luar akan lebih percaya dan merasa aman saat hendak melakukan investasi di perusahaan Anda. Bukan hanya investor, juga akan memudahkan mencari mitra bisnis.

Mempermudah Daerah Melakukan Pembinaan Usaha

Data yang masuk dari pemohon IUI dapat menjadi informasi penting bagi daerah sehingga dapat melakukan pembinaan usaha terhadap industri kecil dan menengah. Karena data yang masuk jelas dan aktual juga akurat.

Pembinaan ini bukan hanya bermanfaat bagi daerah, tapi pelaku industri itu sendiri. Dengan adanya pembinaan akan lebih mudah bagi pelaku industri untuk dapat meningkatkan dan mengembangkan usahanya.

Dapat dikatakan bahwa memiliki SIUI merupakan sebuah keharusan karena banyak sekali manfaat yang dapat diberikannya. Anda bisa melihat contoh surat izin usaha industri serta tahapan pengajuan di berbagai situs di internet atau langsung di website Kementerian terkait.

Baca Juga: Cara Urus Izin Guna Mendirikan Supermarket/Minimarket


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.