Ketika Anda menjadi seorang pengusaha, nantinya Anda akan membutuhkan NIB atau Nomor Induk Berusaha. Namun masih banyak orang yang belum paham dengan baik mengenai apa yang dimaksudkan dengan NIB tersebut. Untuk itu, dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai cek NIB.

Apa Itu NIB

Kepanjangan NIB merupakan Nomor Induk Berusaha yang merupakan identitas dari pelaku usaha dimana NIB akan diterbitkan oleh lembaga OSS.  Jika pelaku usaha sudah memiliki NIB maka membuat izin usaha dan izin komersial hingga operasional yang juga sesuai dengan bidang usaha yang sesuai.

Jadi bisa dikatakan NIB adalah sebuah identitas dari pelaku usaha ketika menjalankan bisnis atau usahanya. Contoh nomor induk berusaha terdiri dari 13 angka dimana juga dilengkapi dengan pengaman hingga tanda tangan elektronik. NIB ini memiliki jangka waktu sampai usaha yang sedang dijalankan masih terus beroperasi.

Dasar Hukum NIB

Dasar hukum NIB ada pada Pasal 26 PP, NIB adalah identitas berusaha yang digunakan oleh pelaku usaha guna mendapatkan izin usaha dan izin komersial atau operasional. Hal tersebut juga berlaku untuk membantu pemenuhan syarat izin usaha dan izin komersial.

NIB tersebut juga berlaku untuk tanda daftar perusahaan (TDP) sebagaimana yang dimaksudkan dalam peraturan perundang-undangan pada bidang tanda daftar perusahaan; Angka pengenal impor dan hak askes kepabeanan seperti yang dimaksudkan dalam peraturan perundang-undangan bidang kepabeanan.

Manfaat NIB

1. Kemudahan legalitas perusahaan

NIB sebagai identitas nantinya akan berfungsi untuk mendapatkan izin usaha dna juga izin komersial. NIB tersebut nantinya juga akan bermanfaat sebagai tanda daftar perusahaan atau TDP, Akses Kepabeanan, Angka Pengenal Impor.

2. Kemudahan untuk mendapatkan dokumen

Dengan adanya NIB tersebut, seorang pengusaha bisa mendapatkan beberapa dokumen sebagai:

  • Jika pemohon masih belum memiliki NPWP, maka akan mendapatkan NPWP.
  • Surat untuk pengesahan Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing atau RPTKA.
  • Pengusaha akan terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan dengan otomatis.
  • SIUP atau surat izin usaha perdagangan
  • Notifikasi kelayakan guna mendapatkan fasilitas fiskal.

3. Proses yang terintegrasi

Dengan cek NIB, Anda bisa mempersingkat dan menghemat waktu mengenai proses untuk pengurusannya. Hal tersebut nantinya akan membantu untuk mendapatkan beberapa dokumen yang bisa membantu kelancaran usaha Anda.

Jenis Jenis NIB

1. NIB perusahaan

NIB perusahaan merupakan salah satu jenis NIB yang khususkan untuk para pelaku usaha dengan skala yang besar. Sesuai dengan namanya, maka pelaku usaha dengan jenis usaha yang sudah berbentuk perusahaan akan menggunakan NIB perusahaan yang bisa didapatkan melalui OSS.

2. NIB Perorangan

Selain NIB perusahaan, pelaku usaha yang bisa mendapatkan atau membuat NIB adalah pelaku usaha perorangan. Badan usaha perseorangan tersebut berarti merupakan badan usaha perusahaan yang dimiliki hanya oleh satu orang saja. Biasanya jenis usaha ini akan memiliki skala besar dan kecil. Contohnya usaha perdagangan, usaha pertanian, reseller dan lainnya.

3. NIB UMKM

Selain NIB perorangan, juga ada NIB UMKM yang mana NIB tersebut ditujukan untuk pelaku usaha dengan bentuk UMKM atau usaha mikro kecil menengah. Dengan adanya NIB UMKM tersebut, pelaku usaha akan mendapatkan keuntungan yang bisa bermanfaat untuk usahanya.

Akibat Hukum Jika Tidak Memiliki NIB

Pada dasarnya tidak ada sanksi atau akibat hukum yang bisa menjerat seseorang atau pengusaha yang belum memiliki NIB. Akan tetapi ketika Anda tidak atau belum memiliki NIB maka Anda juga tidak mendapatkan beberapa keuntungan dibandingkan dengan pengusaha lainnya yang sudah memiliki NIB.

Namun jika pengusaha melakukan peningkatan usaha misalkan menambah sektor bisnis pemasaran minuman keras yang memerlukan Surat Izin Usaha Perdagangan Minuman Mengandung alkohol (“SIUPMB”) karena itu hal pemberian izin upayanya baru itu harus dilaksanakan lewat mekanisme OSS. Dengan catatan jika sektor bisnis itu telah ada pada tujuan dan maksud yang tertera dalam akte pendirian perusahaan.

Selainnya peningkatan usaha, dalam prakteknya, keperluan akan NIB kemungkinan jadi suatu hal yang diwajibkan. Misalkan saja saat perusahaan akan lakukan pengembangan berbentuk export import barang. Karena, NIB bertindak jadi Angka Pengenal Importir (“API”) dan hak akses kepabeanan. Untuk melakukan aktivitas export dan/atau impor karena itu pengusaha wajib melakukan registrasi kepabeanan ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai buat memperoleh akses kepabeanan. Pada proses register kepabeanan itu, aktor usaha harus mempunyai NIB.

Selainnya keperluan API dan akses kepabeanan, Anda juga sebagai pelaku usaha wajib melakukan pengecekan ulang apakah dalam Akta Pendirian perusahaan Kategorisasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (“KBLI”) yang dipakai telah sama sesuai ketentuan terkini atau memang belum. Sekarang ini, KBLI yang dipakai ialah KBLI 2017 berdasar Ketentuan Kepala Tubuh Pusat Statistik Nomor 19 Tahun 2017 mengenai Peralihan Atas Ketentuan Kepala Tubuh Pusat Statistik Nomor 95 Tahun 2015 mengenai Kategorisasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (“Perka BPS 19/2017”). Karena baru diundangkan pada 2017, karena itu perusahaan yang membuat Akte Pendirian saat sebelum tahun itu mempunyai kode KBLI yang lain.

Syarat Pembuatan NIB

  • Kartu Pertanda Warga (KTP) dan Nomor Dasar Harus Pajak (NPWP) dari Komisaris dan Dewan Direksi bila Masyarakat Negara Indonesia (WNI) atau passport dan Nomor Dasar Harus Pajak (NPWP) bila Masyarakat Negara Asing (WNA).
  • Bukti kepemilikan kantor (Surat Kesepakatan Sewa/ SHM).
  • Pertanda Daftar Perusahaan (TDP) bila ada.
  • Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) bila ada.
  • Surat Info Domisili Perusahaan.
  • Nomor Dasar Harus Pajak (NPWP) dan SKT Pajak Perusahaan.
  • Akta Notaris dan SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Peralihan bila ada.
  • Akta Notaris dan SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Pendirian.

Cara Membuat NIB

1. Cara membuat NIB di online

  • Siapkan Persyaratannya

Hal pertama yang harus disiapkan oleh pendaftar adalah menyiapkan syarat-syarat dahulu. Adapun syarat buat daftarnya sendiri sangat mudah yakni NIK maupun dokumen-dokumen pendukung lainnya buat melakukan registrasi.

  • Login ke Situs Resmi

Cara daftar OSS online kedua, pendaftar bisa langsung login ke situs oss.go.id. Klik langsung Perizinan Berusaha dan klik perseorangan. Untuk jenis usaha perseorangan mikro, anda bisa langsung memilih opsi pendaftaran NIB atau Nomor Induk Berusaha Perseorangan Mikro. Tetapi untuk usaha perseorangan kecil, langsung klik opsi pendaftaran NIB Perseorangan kecil.

  • Lengkapi Data Pribadi

Langkah berikutnya, pendaftar bisa langsung melengkapi data-data pribadi didalamnya. Tambahkan informasi sesuai dengan instruksi yang terdapat didalamnya. Jika sudah simpan terlebih dahulu dan klik pada bagian tambah usaha dan simpan apabila sudah dirasa benar.

2. Cara daftar NIB di OSS

  • Pertama adalah dengan mengakses laman resmi OSS yaitu pada www.oss.go.id
  • Kemudian masukkan NIK untuk perusahaan perseorangan dan juga nomor pengesahan akta pendirian perusahaan hingga dasar hukum pembentukannya untuk jenis perusahaan non-perorangan.
  • Selanjutnya isi berbagai macam data yang ada seperti nama, jenis penanaman modal, alamat, negara usaha, bidang usahanya, lokasi dan beberapa data lainnya yang diminta.
  • Isi bagian NPWPnya. Jika perusahaan masih belum memiliki NPWP, maka lembaga OSS akan membantu untuk menerbitkan NPWP.
  • Jika semua data sudah diisi dengan lengkap, maka lembaga OSS nantinya akan melakukan penerbitan NIB. Setelah itu Anda juga bisa melakukan cek NIB pada laman lain guna mengetahui legalitasnya.

Cara Cek NIB

Setidaknya ada 2 cara untuk cek NIB perusahaan yang bisa Anda lakukan melalui beberapa situs berikut ini:

1. Cara Cek NIB Online Dengan National Single Window for Investment

  • Pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuka situs nswi.bkpm.go.id
  • Selanjutnya pilih menu tracking
  • Cara cek NIB yang selanjutnya adalah dengan memasukkan nomor NIB perusahaan yang ingin diperiksa legalitasnya.
  • Nantinya akan ada status perusahaan akan muncul sesuai dengan nomor NIB.

2. Cara Cek NIB Online Dengan Indonesia National Single Window

  • Pertama adalah dengan mengunjungi laman Indonesia National Single Window
  • Selanjutnya masukkan NPWP dan nomor NIB perusahaan.
  • Nantinya akan tampil mengenai data NIB perusahaan yang ingin Anda ketahui.

Biaya Pembuatan NIB

Dalam proses untuk pembuatan NIB tersebut, Anda tidak akan dipungut biaya sepeserpun. Guna mendapatkan NIB tersebut, semua pelaku usaha bisa melakukan pendaftaran atau mendapatkannya melalui OSS atau Online Single Submission sesuai yang sudah ada dalam PP No 5 Tahun 2021 mengenai Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Resiko.

Sehingga kapanpun Anda ingin menggunakannya bisa secara langsung membuatnya melalui OSS tanpa harus dipungut biaya apapun.

Masa Berlaku NIB

Masa berlaku untuk Nomor Induk Berusaha atau NIB tersebut adalah seumur hidup. Dalam hal ini berarti tidak ada jangka waktu tertentu NIB tersebut berlaku sampai kapan. NIB tersebut masih akan berlaku selama pelaku usaha tersebut menjalankan usahanya.

Contoh NIB

Demikian adalah artikel mengenai cara cek NIB dan juga beberapa informasi penting lainnya seputar NIB.

Konsultasikan Masalah NIB Melalui Justika

Setiap pelaku usaha memang tidak diwajibkan untuk memiliki NIB, akan tetapi Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika memiliki NIB. Anda juga bisa melakukan cek NIB untuk melihat mengenai legalitasnya.  Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.