Saat hendak menjalankan bisnis, maka Anda memerlukan SIUP.  Namun tidak semua pelaku usaha di Indonesia memiliki SIUP karena menganggap proses pembuatan SIUP terlalu rumit. Padahal kini Anda bisa membuat SIUP secara online. Cara membuat SIUP online juga tidak terlalu rumit. Berikut ini kami berikan langkah mudah untuk membuat SIUP secara online. 

SIUP sendiri menjadi bagian pening dalam sebuah usaha. SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan ini merupakan dokumen resmi yang dapat dijadikan bukti legalitas dari suatu usaha. Pemilik usaha pemegang SIUP dapat menjalankan aktivitas perdagangan, jual beli, sewa dengan legal. SIUP ini sendiri wajib dimiliki oleh semua pelaku usaha.

Apa Itu SIUP?

Sebagai contoh surat izin perdagangan memang dibutuhkan untuk Anda yang memiliki sebuah usaha atau bisnis. SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan adalah dokumen resmi yang menjadi sebuah alat legalitas dari sebuah badan usaha untuk dapat menjalankan usaha tersebut dibawah naungan hukum dan terjamin kelegalitasanya. Tak hanya berbicara jual beli, SIUP ini juga di peruntukan bagi usaha sewa menyewa ataupun transaksi bisnis lainnya.

Jenis Jenis SIUP

Sesuai dengan aturan yang dibuat oleh peraturan menteri perdagangan RI nomor 36/M-DAG/PER/9/2007 tentang Penerbitan Surat Izin Usaha Dagang. SIUP menjadi kewajiban untuk dimiliki oleh semua pelaku usaha tanpa terkecuali sesuai dengan kategori yang di tentukan. Pasalnya terdapat beberapa jenis SIUP yang dibagi berdasarkan kriteria dan kategori bisnis yang Anda Jalankan. Berikut merupakan beberapa jenisnya:

  • SIUP Kecil

SIUP kecil adalah surat izin usaha perdagangan yang wajib di miliki oleh para pelaku bisnis maupun badan usaha yang memiliki modal bisnis dan total kekayaan bersih dari perusahaan sebesar Rp 200 juta rupiah. Aset tersebut juga di hitung diluar dari aset tanah maupun bangunan yang dimiliki usaha tersebut.

  • SIUP Menengah

Berbeda dengan SIUP Kecil, SIUP Menengah adalah surat izin usaha perdagangan yang juga wajib dimiliki bagi semua pelaku usaha tanpa terkecuali yang memiliki modal dan total kekayaan perusahaan secara bersih senilai lebih dari Rp200 juta hingga menyentuh angka Rp500 juta. Sama dengan SIUP kecil, angka tersebut juga tidak dihitung berdasarkan tanah dan bangunan yang dimiliki tempat usaha.

  • SIUP Besar

SIUP Besar adalah surat izin usaha perdagangan yang juga wajib dimiliki oleh semua pelaku bisnis maupun perusahaan dengan total kekayaan bersih dan modal perusahaan awal sebesar lebih dari Rp 500 juta. Yang pastinya angka tersebut juga di luar dari tanah dan bangunan tempat usaha tersebut berlangsung.

Jenis Usaha yang Tidak Memerlukan SIUP 

Namun aturan kepemilikan SIUP ini juga terdapat pengecualian di dalamnya. Pengecualian tersebut berlaku untuk kepemilikan badan usaha atau pelaku usaha perorangan yang menurut Peraturan Menteri Perdagangan RI Nomor: 36/M-DAG/PER/9/2007 meliputi kriteria sebagai berikut: 

– Kantor Usaha tersebut merupakan sebuah Kantor cabang perusahaan atau kantor perwakilan perusahaan.

– Perusahaan kecil perorangan yang tidak berbentuk Badan Hukum atau Persekutuan, yang diurus, dijalankan atau dikelola sendiri oleh pemiliknya atau anggota keluarga atau kerabat terdekat.

– Pedagang kaki lima, pedagang pinggir jalan, pedagang asongan, atau pedagang keliling.

Cara Mendaftar SIUP

Pentingnya SIUP membuat banyak pelaku usaha berkeinginan untuk membuatnya. Namun niat tersebut kerap diurungkan karena mengingat proses birokrasi yang rumit. Tapi kini tidak lagi karena SIUP dapat dibuat secara online.

Cara membuat SIUP online dilakukan melalui website OSS. OSS adalah Online Single Submission yang dihadirkan untuk mempermudah pelaku usaha yang ingin membuat SIUP serta izin usaha secara online. Cara membuat surat izin usaha online menggunakan OSS ini sangat mudah dan tidak memerlukan kehadiran Anda secara fisik sebagai pemilik usaha. 

Jadi bagi Anda yang sedang mencari cara membuat siup online atau cara daftar izin usaha online bandung ataupun selama ini tengah sibuk mencari cara membuat siup online jakarta, tak perlu risau lagi. Cukup berdiam diri di rumah dan lengkapi semua persyaratan yang diperlukan maka Anda sudah dapat mengurus izin SIUP secara online.

Syarat untuk membuat SIUP adalah KTP, Nomor Telepon Perusahaan dan alamat email perusahaan. Saat mendaftar SIUP Anda akan mendapatkan NIB. NIB ini akan Anda peroleh setelah Anda mendaftarkan SIUP. NIB ini lah yang nantinya akan menjadi contoh surat izin usaha. Cara untuk mendapatkan NIB sangat mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Buat akun OSS dengan masuk ke www.oss.go.id
  2. Pilih menu pendaftaran.
  3. Isi formulir yang tersedia.
  4. Aktivasi akun melalui email.
  5. Login kembali menggunakan password yang sudah dikirim melalui email.
  6. Jika badan usaha yang dijalankan non perseorangan silahkan dipilih menu perizinan usaha
  7. Untuk jenis badan usaha CV, Koperasi maupun firma, silahkan lengkapi semua data yang dibutuhkan pada menu “Perekaman Data Akta”
  8. Jika proses tersebut sudah dilengkapi, Anda hanya perlu memilih ‘Permohonan Berusaha’, dan selanjutnya memilih ‘Pilih Akta’. Nantinya akan muncul notifikasi Informasi Validasi KSWP & NPWP. Setelahnya anda hanya perlu melanjutkan dengan menekan tombol ‘Proses’. 
  9. Periksa kembali semua data yang diisi sebelumnya
  10. Centang seluruh checklist box untuk memproses lanjutan.

beberapa hal di atas merupakan syarat membuat siup untuk toko yang mesti Anda penuhi.

Proses Pendaftaran SIUP

Setelah berhasil memperoleh akun OSS maka langkah berikutnya yaitu melakukan pendaftaran SIUP secara online. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke www.oss.go.id
  • Pilih “Perizinan Usaha”.
  • Khusus untuk CV, Koperasi dan usaha Perseorangan maka pilih “Perekaman Data Akta”.
  • Lengkapi dan pilih “Permohonan Berusaha.
  • Pilih “Pilih Akta”.
  • Pada notifikasi informasi validasi pilihlah menu “proses” jika KSWP & NPWP benar.
  • Jika semau data sudah sesuai, isi Form Permohonan SIUP online.
  • Centang semua kotak dan lakukan cek terhadap data.

Dalam waktu singkat SIUP akan diproses. Anda hanya perlu menunggu email notifikasi yang akan dikirimkan melalui email ke email perusahaan yang sudah Anda daftarkan sebelumnya. Cara membuat SIUP online ini tidak membutuhkan waktu lama dan cepat jika semua data dan syarat yang diberikan sudah dipenuhi dengan benar. Selain cara bikin siup, Anda juga bisa membaca terlebih dahulu mengenai contoh siup agar lebih memahami inti dari isi di dalamnya.

Baca Juga:

Konsultasikan Masalah Pembuatan SIUP Melalui Justika

SIUP atau surat izin usaha perdagangan adalah salah satu hal yang penting ketika Anda memutuskan untuk mendirikan usaha atau bisnis. Namun sebelum itu Anda bisa berkonsultasi dengan Justika guna mencari solusi atau kebingungan Anda yang berhubungan dengan SIUP.

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau. Kunjungi laman ini, lalu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Dalam waktu singkat, sistem secara otomatis akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Jika diperlukan tindakan yang tidak dapat diakomodasi melalui fitur chat, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Melalui layanan ini, Anda dapat berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Diskusi akan berlangsung selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.