Cara melaporkan juru parkir ilegal sebenarnya cukup mudah, dimana dinas perhubungan sendiri sudah menyiapkan berbagai aplikasi penting untuk melaporkannya. Oleh karena itu, cukup efektif menindaklanjutinya dan langsung ditangkap.

Kondisi ini memang cukup meresahkan bagi semua masyarakat. Terkadang mereka, memberikan petunjuk nyata dimana, ada tulisan parkir gratis tetapi, tetapi masih ada yang meminta karcis, lalu kemana lari uangnya?

Pasti masuk kantong pribadi, hal ini pasti akan merugikan baik ke konsumen sampai negara. Oleh karena itu, pihak asosiasi parkir Indonesia akan memberikan berbagai petunjuk teknis bagaimana solusinya.

Langkah pertama adalah meminta karcis terlebih dulu dan harus resmi. Dimana, ciri-cirinya cukup mudah, coba lihat apakah stempel dari dinas perhubungan ada atau tidak. Biasanya ada hanya saja, fotocopy.

Bila itu terjadi sudah pasti bahwa, statusnya adalah ilegal. Bila memang diberikan dalam bentuk fisik tersebut maka Anda berhak untuk menolaknya. Lalu, tinggalkan saja jangan diberi uang sama sekali.

Walau hanya uang seribu rupiah saja, tetap jangan pernah diberi. Bila memang mereka marah bisa langsung melaporkan ke petugas berwajib. Oleh karena itu, usahakan bertindak tegas dan jangan takut.

Begini Cara Melaporkan Juru Parkir Ilegal

Selain aplikasi, beberapa pemerintah daerah juga memberikan langkah terbaik bagi masyarakatnya. Hal ini dapat dilihat dari dinas perhubungan kota Jakarta, mereka menyediakan layanan pelanggan untuk masyarakat mengadu.

Bisa dengan layanan pesan singkat hingga nomor WhatsApp. Chat saja juga bisa, tetapi kalau lama tidak dibalas, mohon dimaklumi. Karena, pengaduannya cukup banyak masuk bahkan, setiap hari bisa ribuan.

Bila memang tidak sabar, maka telepon saja agar mendapatkan respons dengan baik. Perlu diperhatikan bahwa, dinas sendiri sebenarnya sudah memberikan standar pelayanan mulai dari pengunjung masuk hingga keluar.

Semua itu sudah menjadi standar utama, bahkan bukan hanya di pasar saja. Melainkan, berbagai kawasan area parkir seperti, supermarket, toko, hingga minimarket yang memang sudah terkenal dan banyak pengunjung.

Perlu diketahui bahwa, ada pidana juru parkir liar yang akan dijatuhkan. Semuanya sudah diatur dalam undang-undang. Dimana, menurut hukum tersebut masuk dalam pasal pemerasan kepada masyarakat.

Menurut peraturan tersebut, petugas liar akan mendapatkan hukuman paling lama sembilan tahun penjara. Inilah yang harus diketahui oleh seluruh masyarakat. Sebenarnya, pasal ini bukan hanya untuk juru parkir saja.

Melainkan, bagi petugas hutang piutang bila memang mereka menagihnya secara kasar. Harus dijadikan catatan juga, bila ada penagihan secara kasar maka hukum ini akan terpenuhi, biasanya dibuktikan dengan pemeriksaan visum.

Jika, memang kekerasan tidak terjadi, maka pasal ini sulit untuk ditujukan kepada mereka. Tetapi, bukan didiamkan begitu saja, melainkan tetap akan dibina oleh pihak dinas, dengan dibawa dan disesuaikan standar.

Cara Melaporkan Juru Parkir Ilegal dengan Mudah

Jika, memang Anda melakukan pengaduan menggunakan WA, maka usahakan untuk mengenali siapa nama jukirnya. Tidak harus nama lengkap, cukup yang ada di tanda dada saja, bila perlu bisa di foto.

Kemudian, Anda dapat mengirimkan semuanya termasuk berbagai buktinya. Bila memang aduan kurang jelas biasanya petugas hanya menjawab saja,. Jika kelengkapannya dapat terlihat, maka penanganannya bisa cepat.

Perlu diketahui juga, saat petugas tersebut meminta uang. Pilihannya ada di Anda, silahkan saja beri uang tersebut hanya, tetap melaporkan kepada petugas berwenang. Jukir nakal hanya terjadi di luar gedung.

Bila di dalam gedung, sudah tersedia perusahaan khusus untuk mengelola parkir. Mereka selalu memenuhi aturan hingga SOP berlaku. Hanya saja, bila Anda sedang apes dan menemukan pelayanan kurang bagus.

Ternyata ditagih melebih uang tagihan hanya karena, tidak punya kembalian. Maka, adukan saja ke pihak manajemen gedung. Bisa pusat perbelanjaan atau fungsi lainnya, dengan begini kenyamanan terhadap parkir dapat terjaga.

Melaporkan Juru Parkir yang Ilegal dan Membedakannya

Harus diakui, secara sepintas jukir asli serta palsu ini memang sama. Mereka juga mengenakan seragam, bahkan sistem pelayanannya juga sangat baik, walau bisa dihitung dengan jari saja.

Oleh karena itu, untuk cara mudah dalam membedakan juru parkir ilegal dan resmi adalah melihat bagaimana karcisnya sampai tidak mengenakan seragam secara resmi dari dinas perhubungan.

Pemberantasan petugas liar ini memang masih diteruskan. Hal tersebut untuk mewujudkan kenyamanan serta keamanan masyarakat. Bahkan, mereka juga terus memberikan pengetahuan untuk seluruh petugas parkirnya.

Melihat kondisi seperti ini, perlu peran aktif masyarakat agar bisa mengurangi pelayanan buruk seperti ini. Apalagi, dishub sudah memberikan cara melaporkan juru parkir ilegal dengan mudah, cukup chat atau telepon.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman.