Melihat contoh surat penagihan hutang perusahaan umumnya dipakai oleh pihak yang ingin menagih pinjaman. Tapi tidak dilakukan hanya sekedar bicara saja. Apalagi bila hanya secara lisan, pelanggaran umum bisa terjadi.

Tidak heran dibutuhkan surat khusus yang dipakai sebagai peringatan. Tentu bagi kreditur yang telah lama meminjam aset kita tapi tidak dibayarkan. Bahkan melanggar perjanjian dalam waktu lama sehingga merugikan.

Menggunakan dokumen semacam ini tentu disebutkan legal karena berisi mengenai peringatan saja. Misalnya untuk segera membayarkan segala pinjaman atau debit. Meskipun ada ancaman, tentunya berkaitan langsung dengan hukum.

Inilah yang disebut dengan cara menagih hutang perusahaan terbaik dan sesuai ketentuan. Kita tidak perlu memakai layanan debt collector disini. Melainkan hanya mengirimkan surat resmi yang diberikan pada kreditur.

Bila Anda ingin membuatnya, pastikan mengetahui lebih lanjut tentang fungsinya. Termasuk seperti apa poin atau hal yang harus dicantumkan. Begitu juga mengenai trik agar penagihan dapat berjalan lancar.

Apalagi jika berhadapan dengan teman atau orang yang sudah lama dikenal. Pastinya perlu ada tips khusus agar pengembalian pinjaman berjalan dengan lancar. Kalau gagal, tidak ada salahnya menindak lebih tegas.

Apa Itu Surat Penagihan Hutang

Surat somasi penagihan hutang merupakan surat yang diberikan oleh pihak pemberi piutang kepada penerima utang untuk menagih kesepakatan dalam membayar sejumlah hutang yang telah disepakati.

Surat penagihan hutang merupakan opsi ketika penerima hutang pada waktu yang telah disepakati, tidak melakukan kewajibannya untuk membayar. Sehingga pemberi piutang dapat melakukan penagihan hutang tersebut melalui surat penagihan hutang ini.

Format Isi Surat Penagihan Hutang

Seperti surat pada umumnya, surat penagihan hutang memiliki format surat yang dapat diikuti oleh pembuat surat ini, beberapa format isi dalam surat penagihan hutang akan berbeda dengan format surat lainnya, karena mencangkup beberapa poin tentang penagihan hutang. Berikut format isi surat penagihan hutang yang benar.

Pemberitahuan bahwa pembeli belum membayar hutangnya

Isi dalam surat penagihan hutang harus memberikan keterangan atau pemberitahuan bahwa, pembeli atau pihak yang berhutang belum membayar sejumlah hutang yang menjadi kewajibannya. Pemberitahuan ini harus tercantum dalam surat penagihan hutang, dikarenakan sebagai penjelasan mengenai isi dari surat tersebut.

Penghubung antara surat pesanan, faktur, dan pengiriman barang

Sertakan juga keterangan mengenai surat pesanan, faktur dan pengiriman barang sebagai bukti bahwa telah terjadi transaksi antara pihak pemberi piutang dan penerima hutang. Hal ini akan menguatkan pemberi piutang untuk melakukan penagihan kepada penerima hutang karena telah tercantum bukti-bukti tersebut.

Mengingatkan bahwa telah melewati batas jatuh tempo

Beritahu bahwa penerima hutang telah melewati batas waktu yang telah disepakati sebelum terjadi proses hutang piutang, sertakan juga keterlambatan waktu pembayaran yang dilakukan oleh penerima hutang.

Jumlah utang yang harus dibayarkan oleh pihak tersebut

Selanjutnya, informasikan terkait jumlah hutang yang harus dibayarkan oleh pihak tersebut. Apabila hutang tersebut merupakan hutang yang harus dicicil, maka sertakan jumlah cicilan yang menjadi kewajiban pihak yang berhutang. Akan tetapi, jika hutang tersebut tunai maka sebutkan jumlah tertanggung dalam surat penagihan hutang ini.

Penutup

Terakhir, penutup surat biasanya diperuntukan untuk memberikan penekanan waktu pembayaran yang ditentukan langsung oleh pemberi piutang.

Fungsi dan Contoh Surat Penagihan Hutang Perusahaan

Sebelum membuat contoh surat penagihan hutang perusahaan, pastikan Anda pahami dulu artinya. Surat ini terbilang memiliki fungsi keras karena sebagai permintaan pelunasan. Terutama oleh kreditur untuk debiturnya.

Tidak heran jika melihat isinya, bentuk paling utama yang disebutkan adalah jumlah uang. Termasuk apabila ada set lain yang masuk sebagai pinjaman. Semuanya akan dihitung dengan lengkap mirip suatu rekap.

Selain itu pada contoh surat penagihan hutang perusahaan akan dilengkapi juga dengan batas waktu pembayaran. Karena sudah ada peringatan, maka perlu ada tanggapan. Tidak lain dengan segera membayarkan pinjaman tersebut.

Nantinya setelah surat tersebut lengkap dibuat, pengiriman dilakukan menuju bagian administrasi. Tentu yang mencakup urusan finansial atau keuangan. Baru akan terdapat tanggapan dari pimpinan pihak yang punya hutang.

Tanggapan cepat akan menjadi kunci atau syarat menagih hutang perusahaan tetap positif. Dalam kata lain tidak perlu menuju pengadilan dan polisi. Hanya perlu ada penyelesaian dari kedua pihak yang terkait tersebut.

Kalau contoh surat penagihan hutang perusahaan pertama yang diberikan tidak terdapat tanggapan, masih harus mengirim lagi. Tidak lain untuk dokumen kedua dengan isi serupa. Tapi terdapat peringatan masuk jalur hukum.

Selain itu deadline pembayaran juga bisa dipanjangkan ataupun dipendekkan. Hal ini tergantung dengan ketentuan yang dibuat oleh kreditur sendiri. Bisa juga dibuat berdasarkan pembicaraan dengan advokat pribadi Anda.

Untuk melihat contohnya sekilas lewat internet tentu bisa dilakukan. Pastikan melihat yang bagus dan isinya lengkap sehingga tanggapan bagus. Setidaknya berikut ini contoh surat penagihan hutang perusahaan terbaik:

Surat Penagihan Hutang Perusahaan PDF dan Doc

Contoh Surat Penagihan Hutang Perusahaan
Contoh Surat Penagihan Hutang Perusahaan 
Download PDF Download DOC

Surat Penagihan Hutang Perorangan PDF dan Doc

Contoh Surat Penagihan Hutang Perorangan
Contoh Surat Penagihan Hutang Perorangan
Download PDF Download DOC

Surat Kuasa Penagihan Hutang PDF dan Doc

Contoh Surat Kuasa Penagihan Hutang
Contoh Surat Kuasa Penagihan Hutang
Download PDF Download DOC

Pentingnya Melengkapi Syarat Sukses Menagih Hutang

Dalam pembuatan contoh surat penagihan hutang perusahaan, wajib melengkapi unsur yang tepat. Tentu kita tidak dapat mengikuti surat atau dokumen lain. Harus khusus untuk aktivitas atau kegiatan menagih pinjaman debitur.

Tidak heran dalam proses pembuatannya, wajib melengkapkan dasar pokok. Misalnya jumlah hutang yang sampai sekarang belum pernah dibayarkan. Begitu juga jumlah sisa pinjaman jika sebelumnya memang sudah pernah dicicil.

Selain itu untuk melengkapi penagihan hutang perusahaan, harus diawali dengan pokok permasalahan. Tentu saja disini masalahnya adalah pinjaman tidak dibayarkan. Perlu secara tegas mengatakan perlu dibayarkan.

Tambahkan juga mengenai ketentuan bahwa jangka tempo atau deadline pembayaran sudah terlewati. Jadi, kalau tidak mau membayar artinya menyalahi hukum. Tentu masih dengan kalimat yang dianggap tetap sopan.

Selanjutnya dalam contoh surat penagihan hutang perusahaan juga perlu ditambahkan bukti. Misalnya transfer sejumlah uang yang dipakai sebagai pinjaman. Termasuk surat pesanan, pengiriman barang ataupun faktur.

Kemudian pada bagian akhir, Anda dapat menambahkan harapan agar segera dibayar. Tentu dengan keinginan lain seperti tidak melewati waktu. Termasuk bila ingin menerima bayaran secara cash atau keringanan berupa cicilan.

Selain membuat contoh surat penagihan hutang perusahaan berkualitas, wajib ada komunikasi secara langsung. Tujuannya agar bisa mencari kesepakatan bersama. Termasuk mengatur jadwal pembayaran sampai sisa pinjamannya.

Meski sudah melihat contoh, bukan berarti harus selalu mengikuti setiap isi di dalamnya. Melainkan dapat disesuaikan lagi dengan kebutuhan tagihan. Tapi contoh surat penagihan hutang perusahaan memang sangat membantu.

Baca juga: Bagaimana Aturan Hukum Penagihan Hutang


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.