Penawaran dari perusahaan penanaman modal bodong memang akan sangat menggiurkan, sehingga mengetahui syarat melaporkan penipuan investasi sangatlah penting. Dalam hal ini tentunya Anda akan lebih merasa aman karena jika sampai terjebak bisa segera mengambil tindakan.

Jangan sampai Anda membiarkan perusahaan modal bodong ini terus mendapatkan korbannya. Harus ada yang bergerak untuk membuat mereka jera dengan perbuatannya. Sehingga nantinya masalah seperti ini bisa diminimalisasi tentunya. 

Semua aturan hukum mengenai pasal penipuan investasi sudah jelas ada di undang-undang. Sehingga sebenarnya tinggal mengikuti aturan tersebut dan mengikuti prosedur pengaduan yang sudah ditentukan untuk dilakukan. 

Pahami Syarat Melaporkan Penipuan Investasi

Sudah ada banyak contoh kasus penipuan investasi di sekitar dari skala kecil hingga besar. Baik yang membawa nama-nama besar hingga sasarannya hanya masyarakat biasa. Semua harus dilaporkan sekecil apapun penipuan yang dilakukan demi keamanan bersama. 

Pada dasarnya penipuan dengan kedok penanaman modal ini Anda akan diminta menanamkan modal pada suatu bidang bisnis dalam jumlah tertentu. Namun sebenarnya bisnis tersebut tidak pernah ada atau bahkan berjalan, sehingga Anda tidak akan mendapatkan modal itu kembali. 

Pada dasarnya syarat melaporkan penipuan investasi adalah bukti kasusnya harus jelas dan benar. Oleh karena itu, adanya para korban sebagai saksi akan menguatkan bukti tersebut. Semakin banyak jumlahnya akan semakin menguatkan kesalahan dari perusahaan tersebut. 

Apalagi biasanya perusahaan investasi bodong ini sebenarnya berdiri tanpa izin sehingga bisa dikumpulkan juga bukti tersebut. Dengan begitu nantinya peluang untuk memenangkan pengadilan juga akan lebih besar dan membawa tergugat masuk dalam hukuman. 

Sebisa mungkin Anda harus menghindari investasi palsu ini dengan berhati-hati sebelum menginvestasikan uang. Cek kembali izin perusahaan tersebut di bapebbti dan pertimbangkan keuntungan yang ditawarkan biasanya tidak masuk akal demi mendapatkan perhatian Anda. 

Track record dari perusahaan penanaman modal tersebut juga perlu menjadi perhatian Anda. Jangan sembarangan memberikan dana jika belum mengetahui seluk beluk tentang perusahaannya. Dengan begitu Anda bisa meminimalisasi kemungkinan terjebak dalam penipuan tersebut.

Baca juga: Wajib Tahu! Ini Cara Efektif Laporkan Pelaku Penipuan Online

Cara Melaporkan Investasi Palsu Lewat Online

Saat ini ada cara mudah untuk melakukan pelaporan penanaman modal bodong secara online. Tentu saja untuk selanjutnya mengambil langkah hukum bila menjadi korban penipuan berkedok investasi sesuai aturan berlaku. 

Pemerintahpun memberikan banyak media untuk Anda bisa melaporkan saat mengalami penipuan investasi secara mudah. Dengan begitu nantinya tidak perlu sampai kesulitan untuk meminta pertanggungjawaban dari pihak tersebut terkait dana yang sudah diinvestasikan.

Seperti yang sudah disampaikan oleh pihak Kemendag Anda bisa melakukan pelaporan melalui akun khusus di bappebti. Berikut cara yang harus dilakukan saat ingin membuat laporan investasi palsu ini secara online maupun langsung sesuai pilihan masing-masing.

1. Membuat akun 

Anda harus membuka situs https://pengaduan.bappebti.go.id dan melakukan pendaftaran akun. Caranya adalah memberikan informasi data diri sesuai kolom yang disediakan pada situs tersebut, pastikan bahwa Anda sudah mengisi semua bagiannya dengan benar. 

Selanjutnya, akun yang sudah dibuat perlu dilakukan proses aktivasi. Anda dapat menggunakan link yang dikirimkan lewat email untuk melakukan aktivasi akun di situs bappebti tersebut. 

2. Membuat laporan kasus penipuan

Setelah login Anda bisa klik bagian buat pengaduan, kemudian mengisi data diri terlebih dahulu. Selanjutnya mengisi data perusahaan terlapor, termasuk identitasnya secara lengkap berdasarkan data yang Anda miliki tentunya. 

Jangan lupa mengunggah dokumen pelaporan dan tuliskan kronologi kejadiannya dengan lengkap. Setelah semuanya lengkap tinggal klik kirim pengaduan dan tinggal menunggu proses selanjutnya atau jawaban dari laporan tersebut nantinya. 

3. Melaporkan ke warung waspada investasi

Satgas waspada investasi berinisiatif untuk membuat tempat khusus untuk melaporkan hingga berkonsultasi tentang kasus investasi bodong. Warung ini akan diadakan setiap hari jumat pada pukul 09.00 sampai 11.00, berlokasi di The Gade Coffee & Gold, Jakarta Pusat. 

Jadi untuk Anda yang berada di sekitar sana bisa segera datang dan mendapatkan solusi untuk masalah investasi bodong. Dengan begitu Anda akan lebih mudah mengetahui langkah selanjutnya, termasuk mengenai cara mencari keadilan dari investasi bodong. Oleh karena itu, manfaatkan semua fasilitas yang sudah disediakan untuk memudahkan Anda dalam melakukan pengaduan tersebut. Termasuk mengetahui syarat melaporkan penipuan investasi dengan benar dan tepat.

Konsultasikan Dengan Justika Masalah Penipuan Investasi

Tidak semua investasi bisa aman dilakukan, Anda bisa saja terkena oenipuan investasi bodong. Untuk itu, mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun siap untuk membantu permasalahan Anda yang berkaitan dengan penipuan investasi. Anda bisa memanfaatkan beberapa layanan konsultasi berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.