Bagi yang memiliki hewan dan ingin berlibur tentu menjadi dilema, apakah boleh membawanya atau tidak. Hukum membawa hewan saat berkendara memang harus diketahui semua orang. Supaya tidak kena sanksi tilang.

Apalagi ingin pergi jauh, pastinya hewan peliharaan akan dibawa. Namun, kebanyakan hewan ini dibawa oleh pemiliknya karena tidak tega jika ditinggal sendirian di rumah. Walaupun mungkin belum terlalu paham tentang aspek hukumnya.

Walaupun boleh membawa binatang, namun tetap memiliki aturan agar selamat saat berkendara. Karena keselamatan harus diperhatikan juga oleh pengendara. Seperti halnya berkendara sambil merokok di tilang.

Sehingga jika anda mengemudi dan membawa binatang, perhatikan dengan baik. Maka sebaiknya untuk ditaruh di belakang dan diikat, sehingga tidak akan menganggu pengemudi. Karena pengemudi harus menaati tata tertib.

Hukum membawa hewan saat berkendara harus diketahui dengan baik oleh semua pengemudi. Begitu juga dengan cara membawa binatang yang benar. Sehingga tidak akan menganggu konsentrasi berkendara.

Hukum Membawa Hewan Saat Berkendara

Jika ditemui pada saat jalan, dan diketahui tidak fokus karena binatang yang dibawa. Maka sanksi pelanggaran tersebut bisa ditegakkan. Karena ia sudah melanggar pasal mengenai pengemudi wajib konsentrasi di jalan.

Memang tidak ada larangan untuk membawa peliharaan atau hewan, tetapi anda harus mengerti hal yang wajib berkonsentrasi saat mengemudi. Seperti halnya berkendara sambil mendengarkan memakai headset.

Berkendara sambil mendengarkan musik di tilang karena bisa menganggu konsentrasi. Walaupun belum ada hukum pasti yang melarang aktivitas tersebut. Tetapi, hal itu dinilai bisa menganggu konsentrasi.

Walaupun belum ada hukum membawa hewan saat berkendara, tetapi pastikan aman dan tidak menganggu saat mengemudi. Jika hal tersebut sampai terjadi, maka pengemudi bisa hilang kendali dan menjadi kecelakaan.

Seperti in car distraction yaitu ngombrol dengan orang lain baik melalui telepon, fokus pada hewan peliharaan juga termasuk didalamnya. Oleh karena itu, jika membawa binatang peliharaan harus dengan posisi aman.

Hukum membawa hewan saat berkendara belum ada larangan pasti. Tetapi jika dapat menganggu konsentrasi maka dapat ditilang. Sehingga jika membawa hewan, sebaiknya perhatikan dengan benar cara membawanya.

Hal tersebut membuat anda nyaman, serta tetap aman selama di jalan. Apalagi jika berpergian jauh. Hal yang dapat menganggu dan menurunkan fokus pengendara disebut in car direction.

Ada beberapa tips yang bisa anda pakai saat membawa binatang peliharaan. Dengan begitu, tidak akan menganggu fokus selama dijalan. Bahkan binatang juga tidak merasa strees selama perjalanan.

Tips Membawa Binatang Saat Mengemudi

Walaupun belum ada hukum membawa hewan saat berkendara, tetapi jangan sampai hal tersebut menjadikan anda lengah terhadap peraturan. Seperti aktivitas yang dapat menganggu pengemudi baik mobil maupun motor.

Sama halnya seperti menyetel musik sambil berkendara, ataupun merokok. Aktivitas tersebut jelas mempengaruhi konsentrasi selama mengemudi di jalan. Akibatnya terjadi kecelakaan, karena kelalaian pengemudi sendiri.

Bukan hanya berakibat buruk kepada diri sendiri, tetapi juga dapat mencelakakan orang lain. Hal seperti ini wajib anda hindari. Sehingga semua orang di jalan merasa aman.

Hukum membawa hewan saat berkendara termasuk dalam UU NO 22 tahun 2009 tentang semua pengemudi harus pada konsentrasi penuh. Dengan begitu, jika fokus terganggu karena binatang bawaan maka bisa ditilang.

Berikut tips membawa binatang saat berkendara jauh yang aman.

  1. Jika ingin berpergian dengan binatang peliharaan maka pastikan anda mempunyai kandang yang nyaman. Sehingga hewan juga tidak mudah stress selama di jalan.
  2. Pastikan beberapa jam istirahat dan membawa hewan keluar, binatang bisa ditaruh pada bagasi.
  3. Pastikan juga makanan selalu tercukupi, dengan begitu, binatang tidak akan kelaparan. Misalnya anjing, maka tidak menimbulkan suara gonggongan terus menerus karena lapar.
  4. Pastikan juga hewan dalan kondisi sehat, maka anda tidak fokus kepada hewan tersebut.

Belum ada hukum membawa hewan saat berkendara, namun pastikan binatang tersebut dalam konsidi aman dan nyaman. Sehingga tidak menimbulkan hal yang bisa mengurangi konsentrasi anda saat mengemudi.

Semua harus sesuai aturan lalu lintas. Hal tersebut jika ditaati maka memberikan kenyamanan dan keamanan bagi diri sendiri dan yang lain. Hukum membawa hewan saat berkendara belum ada larangan resmi.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.