Anda perlu mengetahui tentang pasal penipuan investasi untuk menghindari kerugian baik dari segi materi atau bahkan lainnya. Hal ini tentu saja menjadi sesuatu yang tidak boleh dilewatkan karena nantinya akan berkaitan dengan keamanan keuangan Anda. 

Jika memang nantinya Anda menemui adanya penipuan dalam bentuk penanaman modal maka bisa segera dilaporkan untuk mendapatkan hukuman sesuai aturan berlaku. Dengan begitu efek jera bisa saja didapatkan dengan baik. 

Berinvestasi memang menjadi salah satu hal dapat memberikan keuntungan besar. Namun jika tidak berhati-hati maka Anda bisa saja terjebak dengan investasi bodong atau palsu. Sehingga sebelum mengambil keputusan juga harus dipertimbangkan dengan baik. 

Mengenal Tentang Pasal Penipuan Investasi

Sudah ada banyak contoh kasus penipuan investasi yang terjadi di sekitar. Sehingga sebenarnya Anda bisa menjadikannya sebagai bahan pelajaran agar tidak sampai terjebak di dalamnya dan mengalami kerugian besar tentunya. 

Misalnya kasus MeMiles yang menjelaskan dirinya bergerak di bidang advertising, traveling, dan marketplace. Bahkan penipuan modal ini menyeret beberapa nama orang terkenal seperti artis hingga keluarga cendana. Sehingga membuat kasus ini begitu ramai diperbincangkan. 

Secara aturan ada pasal penipuan investasi yaitu 378 KUHP tentang seseorang yang menguntungkan diri sendiri maupun orang lain dengan cara melanggar hukum. Dalam aturan tersebut ancaman hukumannya adalah penjara maksimal hingga 4 tahun lamanya. 

Tentu saja Anda tetap harus memenuhi berbagai syarat melaporkan penipuan investasi dengan baik sebelum membuat laporan secara khusus. Sudah pasti bukti yang tepat dan jelas harus diberikan sebagai bahan pertimbangan untuk memberikan hukuman nantinya. 

Baik adanya penipuan investasi dalam jumlah kecil ataupun besar tetap harus disikapi sebaik mungkin agar tepat sesuai ekspektasi. Jangan sampai Anda salah langkah sehingga akhirnya kasus tersebut tidak bisa diselesaikan dengan baik. 

Langkah Selanjutnya Saat Terjebak Investasi Palsu

Menjalani langkah hukum bila menjadi korban penipuan berkedok investasi memang harus dilakukan sesuai prosedur. Ada beberapa hal yang memang harus Anda lakukan untuk mendapatkan keadilan tersebut. Pihak perusahaan investasi tersebut juga akan mendapatkan hukumannya. 

Untuk itu perhatikan aturan mengenai investasi palsu agar lebih mudah nantinya. Pada dasarnya ketika Anda mengalami hal ini maka ada 4 hal penting yang harus dilakukan secara tepat berikut. 

1. Mengumpulkan para korban

Tentu saja sebenarnya korban dari tempat investasi palsu itu bukan hanya Anda. Sehingga nantinya bukti kasus ini akan jadi lebih kuat dengan munculnya para korban ini. Anda bisa mencari tahu siapa saja korbannya dengan membuka layanan pengaduan secara khusus. 

Bisa juga dilakukan dengan membuat pengumuman agar siapa yang merasa menjadi korban dari penipu investasi tersebut bisa menghubungi Anda. Cara ini tentunya memudahkan proses pencarian para korban tersebut tentunya.

2. Menggunakan hukum perdata

Hukum perdata pada dasarnya memang hukum perdata ini mengatur berbagai hal salah satunya keuangan. Apalagi jika tidak ingin berlarut-larut dalam menyelesaikan masalah ini maka mengajukan ke pengadilan dengan hukum perdata. 

Proses akan dilanjutkan ke pengadilan niaga berdasarkan lokasi domisili tergugat. Ketika bukti yang dikumpulkan sudah cukup kuat maka perusahaan tersebut akan diusulkan pailit sesuai aturan berlaku di Indonesia tentunya.

3. Mengajukan hukum pidana dan pasal penipuan investasi

Ketika Anda ingin mengajukan hukum pidana untuk kasus ini maka jalurnya adalah lapor ke polisi. Sehingga nantinya pelaku bisa dihukum penjara sesuai aturan perundangan yang ada saat ini, setidaknya selama 4 tahun lamanya.

Namun memang untuk menjalani proses ini akan membutuhkan waktu lebih lama, juga termasuk biaya lebih. Sehingga Anda juga perlu memikirkan mengenai hal tersebut. Meskipun memang akan setimpal dengan banyaknya jumlah korban penipuannya.

4. Bantuan pengacara Andal dan profesional

Dengan adanya bantuan dari seorang pengacara yang memang Andal dan berkompeten maka akan lebih mudah nantinya. Pengacara ini bisa memberikan solusi tepat untuk kasus yang Anda alami. 

Tidak perlu takut atau khawatir karena perlindungan terhadap Anda sebagai korban akan dilakukan secara optimal. Tentu saja dikarenakan aturannya sudah jelas berbagai bentuk penipuan bisa dibawa ke meja hijau dan dilanjutkan pengadilan.

Proses hukum tentu harus berjalan dengan baik agar nantinya tidak sampai berjatuhan korban lagi. Oleh karena itu, Anda hanya perlu menjalani proses dengan baik dan biarkan hukum memberikan hukuman pada investasi palsu berdasarkan pasal penipuan investasi yang ada.

Konsultasikan Dengan Justika Masalah Penipuan Investasi

Tidak semua investasi aman untuk dilakukan, Anda bisa saja terkena penipuan investasi bodong yang merugikan. Untuk itu, mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun siap untuk membantu permasalahan Anda yang berhubungan dengan penipuan investasi. Anda bisa memanfaatkan beberapa layanan konsultasi berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.