Ketika Anda memiliki kesepakatan usaha dengan orang lain, biasanya akan menggunakan perjanjian bagi hasil, yang mana dalam isi perjanjian tersebut akan mengenai aturan atau ketentuan bagi hasil yang sudah didapatkan. Akan tetapi terkadang bisa saja aturan tersebut tidak dijalankan sebagaimana mestinya. Untuk itu, perlu langkah hukum jika perjanjian bagi hasil tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Lakukan Ini Jika Perjanjian Bagi Hasil Tidak Sesuai

Namun jika Anda mendapati bahwa perjanjian bagi hasil justru tidak sesuai, maka Anda bisa melakukan beberapa hal berikut:

1. Cek secara langsung laporan keuangan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek laporan keuangan yang ada. Anda perlu memastikan mengenai apakah sudah ada laporan pembukuan bank dan kas. Selanjutnya juga perlu memeriksa apakah laporan keuangan yang dibuat sudah sesuai dengan yang ada. Dengan begitu, Anda bisa memastikan mengenai hasil laporan keuangannya. Hal ini juga membantu Anda agar mendapatkan gambaran dengan jelas dan rinci.

2. Ajukan adendum atau revisi perjanjian

Jika dirasa hasil dari surat perjanjian bagi hasil tersebut kurang memuaskan, maka Anda bisa membuat adendum yang mana berisi revisi untuk penambahan atau pengurangan klausul yang ada di surat perjanjian bagi hasil.

3. Periksa kembali detail perjanjian

Memeriksa kembali isi dari detail perjanjian menjadi hal yang penting sebelum Anda memutuskan untuk menandatanganinya. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda memeriksanya kembali agar tidak terjadi kesalahan atau rugi setelah disetujuinya perjanjian tersebut.

4. Coba tempuh jalur hukum

Langkah hukum jika perjanjian bagi hasil tidak sesuai yang terakhir adalah dengan menempuh jalur hukum. Jalur hukum ini bisa dilakukan salah satunya ketika terjadi hal yang tidak sesuai dengan kesepakatan dalam surat perjanjian bagi hasil.

Jika Salah Satu Pihak Mengalami Wanprestasi

Wanprestasi sendiri merupakan pengingkaran janji atas kesepakatan yang sudah disepakati. Adanya cedera janji tersebut perlu dilakukan langkah hukum dikarenakan hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan isi perjanjian yang sudah disepakati. Salah satunya dengan melakukan atau memberikan peringatan.

Peringatan yang dimaksudkan merupakan dalam bentuk pemberian surat somasi. Surat somasi tersebut bisa Anda berikan dengan maksud sebagai peringatan karena adanya pengingkaran janji oleh orang tersebut dalam hal isi dari surat perjanjian bagi hasil.

Langkah hukum jika perjanjian bagi hasil tidak sesuai dengan memberikan somasi menjadi langkah awal yang bisa dilakukan. Jika setelah adanya surat somasi, namun yang bersangkutan masih belum bisa melakukan apa yang Anda inginkan dalam surat somasi, maka tindakan yang selanjutnya bisa dilakukan adalah dengan melakukan gugatan secara pidana.

Demikian adalah artikel mengenai langkah hukum jika perjanjian bagi hasil tidak sesuai yang bisa Anda ketahui.

Baca juga: Catat! Hal yang Perlu Dipahami Dalam Perjanjian Kerja Sama Bagi Hasil

Konsultasikan Masalah Hasil Perjanjian Bagi Hasil Melalui Justika

Isi perjanjian bagi hasil sudah pasti harus dibagi dengan benar  Untuk itu, Anda bisa berkonsultasi dengan advokat terpercaya yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun dengan seleksi yang ketat di Justika guna mendapatkan solusi atas permasalahan Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Konsultasi via Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit.

Konsultasi via Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.