Kasus kekerasan seksual bahkan memiliki rubrik berita sendiri di situs berita Indonesia, dan terdapat berita hariannya. Hal ini membuktikan jumlah kasusnya di Indonesia sangat tinggi per harinya.

Tanpa adanya perlindungan yang memadai dari hukum, insiden ini terus terjadi. Buruknya lagi bahkan sering kali korban tidak berani melaporkan pelaku pada pihak berwajib. Alasannya cukup beragam mulai dari takut dan rasa malu.

Ditambah kejadian beberapa tahun belakangan, para korban pelecehan dan kekerasan seksual, malah mendapatkan hukuman pidana yang diajukan oleh para pelaku, dengan dalih pencemaran nama baik.

Data Kekerasan Seksual 2020

Bahkan tahun 2020 kemarin, dalam satu tahun terjadi hampir 300 ribu kasus yang terlaporkan. Tapi masih banyak kasus serupa yang tidak terlaporkan, tidak terdata dan tidak tertangani. Data ini bercampur antara kasus yang ditangani oleh pengadilan agama/pengadilan negeri.

Bahkan pada 2020 jumlah kasus  kekerasan seksual pada anak yang tercatat di KemenPPPA berada di atas angka 7000 kasus.

Jumlah ini mungkin menurun dari angka data kasus kekerasan seksual di Indonesia tahun 2019, yaitu berada di angka 400 ribu  kasus, tetapi dengan jumlah kuesioner yang disebar pada 239 lembaga. Sedangkan pada tahun 2020 sendiri jumlah lembaga yang terlibat hanya berjumlah 120.

Namun yang menarik dari jumlah yang menurun ini adalah, lebih dari 30℅ lembaga yang mengembalikan kuesioner, mengklaim bahwa di masa pandemi, jumlah pengaduan yang ada mengalami peningkatan.

Angka Kasus kekerasan seksual yang menurun, tapi  diikuti penurunan jumlah kuesioner dan lembaga yang terlibat survei, tentu tidak dapat menjadi patokan, bahwa kasus kekerasan seksual sudah menurun.

Data Kekerasan Seksual 2021

Sedangkan memasuki tahun 2021 sendiri, pada semester pertama tahun ini, sudah tercatat mendekati 2000 kasus yang menimpa perempuan dan anak. Kemudian perkembangannya ke belakangan ini, melompat hampir dua kalinya, dan berada di atas angka 3000 kasus.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan anak, mengupayakan pendampingan bantuan hukum kepada para korban, agar proses hukum dapat berjalan seadil-adilnya kepada para pelaku, dan menimbulkan efek jera.

Berita Kekerasan Seksual Dewasa Ini

Belakangan ini media digemparkan dengan berita kasus kekerasan seksual di Indonesia yang terjadi dalam lingkungan kerja kantor, tepatnya di KPI. Kekerasan yang menimpa seorang lelaki pekerja di institusi tersebut tengah diproses di ranah hukum.

Hal ini membuktikan bahwa kekerasan seksual tidak hanya dapat menimpa para wanita dan anak-anak, bahkan seorang lelaki kepala keluarga juga bisa menjadi korbannya. Itulah ulasan kasus kekerasan seksual yang terjadi di Indonesia. Terjadi penurunan angka kasus pada tahun 2020, tetapi diikuti penurunan jumlah kuesioner, kemudian pada 2021 terjadi lonjakan yang sudah tinggi sejak semester pertama.

Baca Juga:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.