Contoh surat perdamaian penganiayaan menjadi salah satu dokumen yang cukup banyak dicari. Memang, pertengkaran atau perkelahian bisa terjadi kapan saja serta dimana saja ketika emosi sedang tidak bisa dikendalikan.

Bahkan, tidak jarang pertengkaran dan perkelahian ini bukan hanya menimbulkan kerusakan barang, namun juga menimbulkan luka mulai dari luka ringan, berat sampai korban yang meninggal dunia.

Indonesia sendiri sudah mengatur pasal mengenai penganiayaan. Terdapat pasal penganiayaan yang harus dipatuhi oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Hal yang Harus Ada Dalam Contoh Surat Perdamaian Penganiayaan

Layaknya sebuah surat resmi yang lain, tentu saja ada berbagai macam hal yang harus ada di dalam surat perdamaian ini. Berikut berbagai macam hal yang harus ada dalam surat perdamaian penganiayaan, seperti:

1. Data diri lengkap

Dalam contoh surat perdamaian penganiayaan, data diri yang tercantum harus lengkap. data diri yang dimaksud ini adalah data diri baik pihak yang melakukan penganiayaan serta pihak yang dianiaya.

Data diri yang dimaksud ini seperti nama, umur, pekerjaan serta alamat. Tentu saja sebuah surat perdamaian tidak akan sah jika data diri kedua belah pihak tidak dilampirkan dengan benar.

2. Kronologi kejadian

Selain data diri, di dalam contoh surat perdamaian penganiayaan, kronologi kejadian juga harus dituliskan dengan lengkap. Contohnya saja kejadian pada tanggal sekian, pukul sekian dan lokasi tempat terjadinya tindak penganiayaan.

Kronologi kejadian ini juga menjelaskan mengenai hal-hal yang dilakukan pihak pertama serta pihak kedua hingga mengakibatkan korban mengalami luka-luka.

Jika korban mengalami luka-luka dan harus dilarikan ke rumah sakit, keterangan rumah sakitnya juga harus dilampirkan dengan jelas. Bahkan kerusakan barang yang disebabkan oleh kejadian tersebut juga disebutkan.

3. Isi perjanjian

Dalam contoh surat perdamaian penganiayaan, isi perjanjian juga harus dilampirkan seperti mengakui bersalah sudah melakukan pemukulan, serta menyesali perbuatan dan tidak akan mengulanginya laki.

Jika dalam perdamaian tersebut pihak yang melakukan pemukulan memberikan biaya pengobatan, besarnya dana biaya pengobatan tersebut juga harus disebutkan.

4. Tanggal dan nama terang

Tanggal serta nama terang menjadi hal yang harus tercantum dan tidak boleh dilupakan. Tandatangan kedua belah pihak juga harus dibubuhikan.

Biasanya, untuk tanda tangan ini juga harus disertai dengan materai. Dalam surat perdamaian penganiayaan juga terdapat saksi-saksi. Saksi ini berasal dari pihak pertama dan kedua, selain itu perangkat desa seperti RT juga harus mengetahuinya.

Tujuan Adanya Surat Perdamaian Penganiayaan

Ketika korban atau keluarga korban melaporkan tindakan penganiayaan pada pihak yang berwajib, pelaku yang melakukan tindakan penganiayaan bisa dikenakan sanksi pidana, hingga akhirnya akan mendapatkan hukuman bagi pelaku penganiayaan.

Namun, sebelum melaporkan tindakan penganiayaan ini ke jalur hukum, tidak ada salahnya menyelesaikan kasus tersebut dengan kepala dingin atau secara kekeluargaan.

Salah satu cara untuk membuat perdamaian tersebut adalah menggunakan surat perdamaian penganiayaan. Dalam contoh surat perdamaian penganiayaan, dijelaskan dengan rinci seperti apa penganiayaan tersebut terjadi.

Berikut berbagai tujuan menggunakan surat perdamaian penganiayaan, antara lain:

1. Permasalahan tidak berlanjut ke meja hijau

Contoh surat perdamaian penganiayaan tentu saja dibuat agar nantinya permasalahan ini tidak berlanjut ke meja hijau. Sehingga diharapkan masalah yang terjadi diantara keduanya segera berakhir.

Jika surat ini dikeluarkan, biasanya kasus akan dianggap selesai sehingga tidak perlu lagi untuk berlanjut ke dalam jalur hukum.

2. Pihak mematuhi perjanjian damai

Dengan adanya surat perdamaian penganiayaan, pihak yang bersalah harus mematuhi isi yang berada di dalam surat perjanjian yang telah dibuat bersama.

Seperti dalam contoh surat perdamaian penganiayaan, tentu saja surat ini mewajibkan seluruh pihak melakukan kewajibannya sesuai dengan isi surat. Bila salah satu pihak melanggar isi surat perdamaian, pihak yang melanggar bisa dituntut secara hukum.

3. Bisa meringankan hukuman

Bila perkara penganiayaan ini telah berlanjut di jalur hukum entah berada di tingkat penyidikan maupun di tingkat penyidikan, surat damai tentu masih diperlukan.

Dengan danya surat perdamaian penganiayaan ini, pihak yang bersangkutan bisa meyakinkan hakim yang mengadili perkara bila kedua pihak sudah berdamai.

Hal ini disebabkan karena salah satu pertimbangan hakim yang bisa meringankan hukuman ialah adanya perdamaian.


Dalam contoh surat perdamaian penganiayaan sudah disebutkan dengan jelas dan rinci, sehingga jangan sampai Anda melewatkan satu hal saja ketika membuatnya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.