Banyak berita di berbagai media cetak memberikan contoh kasus penadahan hasil tindakan kejahatan. Baik itu penadahan barang elektronik seperti sepeda, motor, televisi, komputer, laptop, ponsel maupun benda berharga lainnya. 

Sekarang ini penjualan barang penadahan tidak hanya bisa dilakukan secara offline saja, tapi juga online. Apalagi di era digital seperti sekarang pembelian melalui online sudah semakin akrab dalam kehidupan kita sehari-hari.

Anda perlu berhati-hati ketika harga yang diberikan sudah termasuk dalam kategori tidak wajar. Sudah ada aturan hukum penadah barang kejahatan sehingga bisa dipastikan menimbulkan konsekuensi tidak ringan. Contoh lainnya kasus penadahan barang curian sebagai berikut.

Beberapa Contoh Kasus Penadahan yang Sering Terjadi di Lingkungan Sekitar

Sebenarnya ada banyak contoh kasus dari penadahan yang bisa Anda temukan dan sering terjadi di lingkungan sekitar. Salah satu yang sering ditemui adalah jual beli sepeda motor. Barang elektronik hasil curian ini bisanya dijual dengan alasan-alasan klasik.

Contoh seperti kepepet membutuhkan biaya pengobatan keluarga yang sakit padahal hasil kasus penadahan. Beberapa ciri yang perlu Anda waspadai ketika ada penawaran dari orang lain terkait produk sepeda motor adalah tidak dilengkapi dengan surat-surat lengkap seperti BPKB dan STNK.

Penawaran harga sangat murah dan cenderung tidak masuk akal. Semurah-murahnya harga sepeda motor, meskipun karena kepepet biasanya masih dalam ambang wajar. Penjual ketika menawarkan sepeda motornya seperti terlihat gugup atau terburu-buru.

Apalagi jika Anda tanyai hal-hal yang berhubungan dengan sepeda motor tersebut, biasanya penadah akan terlihat kebingungan dalam menjawab serta mencari-cari alasan tidak masuk akal. Ketika kondisi ini terjadi, Anda patut berhati-hati karena besar kemungkinan itu adalah contoh kasus penadahan di sekitar Anda.

Jangan sampai niat Anda ingin menghemat biaya pengeluaran malah berdampak fatal. Karena tidak ada jaminan juga bisa lolos dari jeratan hukum, apalagi jika buktinya kurang kuat.

Ada juga yang mengaku tidak mengetahui barang yang dibelinya tersebut merupakan hasil penadahan. Lalu, bagaimana hukum membeli barang curian tapi tidak tahu? Anda tetap berkemungkinan dikenai sanksi pidana jika tidak mempunyai bukti kuat.

Contoh kasus penadahan lainnya pembelian yang dilakukan secara online. Kita tahu bahwa jual beli online tidak hanya untuk kebutuhan sehari-hari saja seperti pakaian, makanan atau peralatan rumah tangga, tapi juga handphone.

Karena kasusnya bisa terjadi secara online, maka yang perlu Anda lakukan adalah memastikan bahwa penjual tersebut memang terpercaya. Caranya dengan melakukan riset identitas seller maupun melihat ulasan para penggunanya.

Cara Mencegah Supaya Terhindar dari Keterlibatan

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari keterlibatan kasus penadahan. Apalagi jika mengingat lama hukuman bagi penadah barang curian tidak singkat, tentu sebagai pembeli harus lebih bijak lagi agar terhindar dari keterlibatan ini.

Contoh, pada saat akan membeli, pastikan bahwa kondisi barang yang ditawarkan aman, transparan dan secara terang-terangan sehingga kecil kemungkinan bahwa barang adalah kasus penadahan. Jika dipikirkan secara logika, penjual terpercaya akan secara jelas menawarkan produk mereka kepada khalayak ramai.

Hal ini tentu akan sangat menguntungkan bagi mereka karena bisa meningkatkan traffic penjualan. Berbeda dengan barang hasil penadahan biasanya enggan mempromosikan produknya secara gamblang, sehingga bisa dikatakan lebih tertutup.

Cara berikutnya yaitu jangan langsung percaya dengan penawaran harga murah. Tidak semua produk berharga terjangkau didapatkan dari distributor murah. Jika diperlukan, tanyakan asal usul produk tersebut. Ketika penjual kebingungan untuk menjawab, Anda perlu mencurigainya.

Pada saat membeli, perhatikan waktu dan tempat transaksi. Biasanya waktu yang dipilih oleh para penadah untuk menjual barang curiannya adalah pada malam hari karena tidak banyak dilihat orang. Namun, memungkinkan juga terjadi di siang hari.

Biasanya penjual yang berani menawarkan produknya pada siang hari juga tetap menyesuaikan kondisi. Situasi sepi menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh mereka untuk melakukan aksi. Tidak semua tempat aman untuk dijadikan sarana jual beli, salah satunya pasar gelap.

Hindari membeli barang di pasar gelap atau black market karena berkemungkinan besar membuat Anda terlibat dalam kasus penadahan. Pilih saja tempat yang memang sudah benar-benar resmi terpercaya untuk meminimalisir risiko terkena kasus ini. Mempelajari contoh-contoh kasus penadahan akan membantu Anda lebih waspada di kemudian hari.


Kasus ini tidak bisa dianggap remeh karena selain merugikan pihak lain yang menjadi korban pencurian, juga bisa merugikan Anda sendiri sebagai pembeli. Meskipun niatnya hanya ingin membeli, tapi tetap harus berhati-hati apalagi contoh kasus penadahan semakin merajalela.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.