Bagi Anda yang sering bertransaksi jual beli ke luar negeri, penting sekali untuk memahami ciri ciri penipuan paket luar negeri. Ada banyak pembeli yang menjadi korban dari modus penipuan satu ini akibat tidak berhati-hati ketika hendak berbelanja.

Padahal kondisi tersebut bisa diantisipasi dengan mudah jika Anda mengenal ciri-cirinya sejak awal. Pada dasarnya Anda harus ekstra waspada ketika hendak melakukan pembelian apapun dari luar negeri secara online.

Ketika Anda menjadi korban penipuan, tentu saja cara melaporkan penipuan paket luar negeri ini akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan pelaporan penipuan paket dari dalam negeri. Karenanya Anda harus ekstra hati-hati.

5 Ciri Ciri Penipuan Paket Luar Negeri

Dikutip dari berbagai sumber, ada 5 ciri utama dari penipuan paket luar negeri yang harus Anda pahami sejak awal. Dengan memahami hal tersebut, Anda akan terhindar dari resiko penipuan itu sendiri. Kami jamin memahami ciri-ciri ini akan memberikan banyak keuntungan untuk Anda.

1. Memakai Jasa Kurir Pribadi

Ciri ciri yang pertama adalah memakai jasa kurir pribadi. Biasanya nama jasa kurir pribadi ini tidak terlalu familiar. Atau mungkin Anda baru mendengarnya pertama kali. Bahkan mereka juga memberikan penawaran harga yang sangat murah untuk Anda.

Ketika menemukan penyedia jasa seperti ini Anda jangan buru-buru senang. Bisa jadi layanan jasa pengiriman tersebut adalah fiktif. Untuk mengantisipasinya Anda harus melakukan pengecekan validitas nama tersebut terlebih dahulu.

Umumnya penyedia jasa pengiriman populer seperti FWD Express, Fedex, DHL, JNE International, SAP, Tiki dan Pos Indonesia banyak digunakan. Ketika Anda mendengar nama lain yang asing, lakukan pengecekan terlebih dahulu.

2. Situs Web Kurir Palsu

Setelah Anda melakukan pengecekan validitas, jangan langsung percaya hanya dengan kepemilikan website. Pastikan untuk mengecek kualitas dari website tersebut. Ciri ciri lainnya adalah memiliki website palsu.

Mereka memang memiliki web dengan tampilan yang profesional. Namun ada ciri khusus yang harus Anda perhatikan pada website tersebut, utamanya pada alamat dari web itu sendiri. Biasanya web yang tidak kredibel menggunakan nama yang aneh.

Di sisi lain, mereka juga menggunakan domain gratisan. Jika Anda menemukan ciri ciri tersebut, sebaiknya Anda membatalkan pesanan karena resikonya terlalu tinggi. Jangan sampai Anda menyesal kemudian.

3. Info Paket Bermasalah

Kebanyakan kasus penipuan paket luar negeri diiringi dengan panggilan telepon kepada pembeli. Pada panggilan telepon tersebut dijelaskan kalau paket yang dibeli sedang memiliki masalah. Umumnya masalah yang dijadikan alasan adalah masalah bea cukai. Ini merupakan ciri ciri penipuan paket luar negeri lainnya.

Bahkan petugas bea cukai abal-abal ini akan langsung menelpon ke nomor Anda. Mereka akan menjelaskan kalau paket Anda bermasalah dan dianggap ilegal. Ujung-ujungnya Anda akan diminta melakukan pembayaran tambahan untuk paket tersebut.

Jika Anda menemukan ciri ciri penipuan paket luar negeri tersebut, segera batalkan pengiriman dan laporkan kejadian tersebut pada pihak yang berwenang. Tindakan ini akan membantu pemerintah untuk meminimalisir kasus penipuan yang banyak terjadi.

4. Meminta Bayaran melalui Rekening Pribadi

Jika pihak penjual atau pengirim meminta Anda untuk melakukan pembayaran melalui rekening pribadi, maka ini adalah ciri ciri penipuan selanjutnya. Tentu saja Anda harus waspada ketika menemukan kondisi seperti ini.

Pembayaran apapun seharusnya diberikan kepada pihak yang memiliki legalitas, bukan perorangan. Contoh pihak yang memiliki legalitas ini adalah perusahaan jasa pengiriman atau website tempat Anda melakukan pembelian.

Ketika Anda diminta untuk mengirimkan dana ke rekening pribadi, maka mutlak ini merupakan ciri ciri yang harus Anda waspadai. Jangan sampai Anda menuruti permintaan penjual untuk melakukan hal tersebut karena ini sama sekali tidak ada dalam aturannya.

5. Menghilang Tanpa Jejak

Setelah Anda melakukan pembayaran, biasanya pihak yang meminta pembayaran tersebut akan menghilang tanpa jejak. Ini merupakan ciri ciri penipuan paket luar negeri lain yang pasti terjadi. Sudah banyak orang yang mengalaminya.

Menghadapi kondisi tersebut, Anda harus segera melakukan pelaporan ke pihak yang berwenang. Selain membantu Anda untuk menyelesaikan permasalahan yang ada, mereka juga akan memberikan cara pencegahan penipuan paket luar negeri.

Pada dasarnya, Anda harus hati-hati ketika hendak melakukan pembelian barang apapun di luar negeri. Regulasi pengembalian barang dan penggantian dana tidak akan semudah di dalam negeri. Untuk hasil maksimal, pahami juga ciri ciri penipuan paket luar negeri yang sudah kami jelaskan di atas.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.