STNK adalah satu dokumen yang sangat dibutuhkan ketika saat berkendara. Namun bisa saja STNK tersebut hilang sehingga Anda harus tahu mengenai cara mengurus stnk hilang 2021 yang mudah.

Prosedur atau Cara Mengurus STNK Hilang 2021

Pertama sebelum Anda mulai mengurusnya, perlu diketahui beberapa syarat mengurus STNK hilang 2021. Mulai dari membuat surat laporan kehilangan, fotocopy BPKB dan beberapa dokumen yang dibutuhkan lainnya. Setelah itu, cara mengurus stnk hilang 2021 bisa dilakukan beberapa prosedur berikut:

1. Pengecekan fisik kendaraan

Perlu diketahui ketika Anda hendak mengurus stnk yang hilang, jangan lupa juga untuk membawa motor dari stnk yang hilang tersebut. Nantinya di kantor samsat akan dilakukan pengecekan fisik kendaraan tersebut. Setelah itu Anda diminta untuk memfotocopy hasil tes fisik kendaraan.

Beberapa hal yang akan dicek dari kendaraan tersebut seperti:

  • Lampu
  • Kaca spion
  • Kondisi ban
  • Karoseri atau rancang
  • Panel kontrol
  • Sabuk keselamatan dan segitiga pengaman untuk kendaraan selaim sepeda motor
  • Dimensi kendaraan guna mengetahui kesesuaian tinggi, lebar dan panjangnya.

2. Formulir pendaftaran

Cara mengurus stnk hilang 2021 yang selanjutnya adalah dengan mengisi formulir pendaftaran yang sudah disediakan.

3. Urus cek blokir

Blokir ini bertujuan untuk mengecek keabsahan STNK Anda. Selain itu juga sebagai tanda bahwa STNK yang hilang tersebut sudah tidak berlaku atau tidak bisa digunakan oleh sembarangan.

4. Urus pembuatan STNK baru

Setelahnya, cara mengurus STNK hilang adalah dengan membawa semua dokumen persyaratan untuk mengurus STNK baru tersebut pada loket.

5. Membayar pajak motor dan biaya pembuatan STNK baru

Jika Anda masih belum membayar pajak tahunan dari kendaraan bermotor tersebut, maka Anda harus membayar pajaknya terlebih dulu. Kemudian Anda akan diminta unuk membayar biaya buat stnk hilang yang baru.

6. Mengambil STNK dan SKPD

Cara mengurus STNK hilang 2021 yang terakhir adalah dengan mengambil STNK baru Anda. Selain itu nantinya Anda juga akan mendapatkan SKPD atau surat ketetapan pajak daerah.

Tahapan Penerbitan STNK Hilang

Dalam cara mengurus STNK hilang 2021 akan dilakukan penerbitan ulang yang sesuai peraturan melalui beberapa tahapan berikut:

  1. Pendaftaran
  2. Penetapan
  3. Penerimaan pembayaran
  4. Pengesahan dan pencetakan
  5. Penyerahan
  6. Pengarsipan

Jika syarat dalam membuat STNK hilang masih belum sesuai atau lengkap, maka petugas akan mengembalikan agar bisa dilengkapi.

Biaya Buat STNK Hilang

Dalam aturan Peraturan Pemerintah No 5 Tahun 2010 menjelaskan mengenai biaya yang harus dikeluarkan ketika ingin membuat stnk yang hilang. Setiap jenis kendaraan akan dikenakan biaya yang berbeda-beda seperti:

  1. Roda 4: Rp 75.000
  2. Roda 2, 3 dan angkutan umum: Rp 50.000
  3. Pengesahan STNK: gratis

Demikian adalah cara untuk mengurus stnk yang hilang dengan lebih mudah dan cepat.

Konsultasikan pada Justika Masalah Cara Mengurus STNK yang Hilang

Beberapa orang terkadang masih bingung ketika STNK hilang, bagaimana harus mengurusnya dan lainnya. Untuk itu Anda bisa bertanya pada mitra advokat Justika yang sudah berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang. Konsultasikan permasalahan Anda terkait beberapa hal tersebut melalui layanan berbayar Justika, seperti:

Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau hanya dengan Rp 30.000 saja menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Dengan Konsultasi via Telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit hanya dengan Rp 350.000 atau Rp 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Konsultasi Tatap Muka

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.