Ketika menemukan tindak pidana berupa penyalahgunaan narkotika, masyarakat harus mengetahui cara melaporkan pengguna narkoba ke BNN sebagai langkah awal. Upaya tersebut dilakukan agar lingkungan tetap aman.

Melaporkan penyalahgunaan sekarang semakin mudah dengan akses internet ke website BNN atau menggunakan aplikasi Qlue. Asalkan pelapor mempunyai data lengkap beserta bukti yang perlu diupload di laman tersebut.

Pemerintah juga telah melakukan berbagai penyuluhan tentang prosedur pengajuan permohonan rehabilitasi narkoba pada seluruh lapisan masyarakat. Semua orang diimbau untuk tidak mendekati obat-obatan terlarang, serta menghindari oknum tidak bertanggung jawab.

Narkotika adalah perusak generasi masa depan bangsa, ketika sudah kecanduan akan sulit melepaskan diri dari jeratannya. Oleh karena itu, pelaku atau pecandu pasti mendapatkan hukuman setimpal.

Cara Melaporkan Pengguna Narkoba ke BNN, Keluarga Perlu Tahu Proses Selanjutnya

Apabila ingin melaporkan penyalahgunaan narkotika, terdapat Formulir Lapor P4GN dari website resmi BNN. Masyarakat harus mengikuti Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika untuk menjaga keamanan bersama.

1. Melaporkan Ke Situs BNN 

Cara melaporkan pengguna narkoba yang pertama adalah mengakses situs bnn.go.id/lapor, kemudian isikan identitas pelapor dan terlapor. Untuk membuktikan pengaduan, jangan lupa mengupload foto tentang lokasi kejadian, pilih jenis dan golongan narkoba yang digunakan.

Isi banyaknya narkotika yang digunakan, jika Anda mengetahui, pilih salah satu peran tersangka, apakah pecandu, bandar, atau pengedar. Anda juga perlu mengetahui profesi, alamat, kendaraan beserta platnya, dari terlapor.

Para pelapor tidak perlu khawatir mengenai identitas, karena Badan Narkotika Nasional akan merahasiakan serta melindungi whistleblower. Semua informasi akan sangat dihargai, asalkan disampaikan sesuai keadaan.

BNN mempunyai whistleblowing system, yaitu mekanisme laporan pengaduan dugaan tindak pidana apa saja, termasuk penyalahgunaan narkotika. Terutama jika melibatkan pegawai atau organisasi di tempat tertentu (pelapor bukan bagian kejahatan tersebut).

Badan Narkotika Nasional akan memberikan respon atas laporan masyarakat paling lambat 7 hari setelahnya sebagai rasa terimakasih. Aturan hukum rehabilitasi narkoba memberikan hak sama atas semua korban.

2. Cara Melaporkan Pengguna Narkoba Menggunakan Aplikasi Qlue 

Selain website BNN, kini cara melaporkan pengguna narkoba bisa melalui aplikasi Qlue. Developer berbagai fasilitas dukungan paling lengkap di Indonesia, Qlue, melakukan kolab dengan Polres Metro Jakarta Selatan sebagai langkah strategis.

Apabila terdapat kecurigaan terhadap penyalahgunaan narkotika, terutama di wilayah Jakarta Selatan, bisa langsung lapor dari aplikasi Qlue. Identitas pelapor tidak akan disebarkan, dengan kata lain aman.

Peran aktif masyarakat dalam upaya pemberantasan penyalahgunaan narkotika diatur dalam UU Narkotika No 35 Tahun 2009 secara jelas. Masyarakat mempunyai hak untuk mendapat pelayanan dan jawaban atas laporan-laporan tersebut.

3. Tindakan Selanjutnya, Keluarga Perlu Mengetahui Proses Rehabilitasi

Setelah keluarga mengetahui cara melaporkan pengguna narkoba ke BNN, alangkah baiknya keluarga juga mendapatkan informasi mengenai tindakan selanjutnya. Termasuk proses rehabilitasi untuk melepaskan pecandu dari jeratan narkotika.

Korban penyalahgunaan perlu melakukan rehabilitasi agar taraf hidupnya bisa menjadi lebih baik. Proses pemulihan memiliki waktu berbeda, tergantung pada tingkat kecanduan masing-masing korban serta berbagai faktor lainnya.

Para pakar serta aktivitas mempunyai perbedaan pendapat mengenai durasi pemulihan setiap pecandu. Syarat rehabilitasi narkoba paling ideal yaitu selama 6 bulan, tergantung seberapa berat efek obat-obatan terlarang tersebut terhadap kesehatan.

Menurut American Addiction Centers, durasi pemulihan paling cepat adalah sekitar 3 bulan atau 90 hari. Namun dengan syarat pusat rehabilitasi mampu memberikan perawatan sosial, medis, hingga rawat jalan secara bersamaan.

Semakin lama durasi pemulihan, maka semakin banyak juga proses atau tahapan yang dilakukan. Terdapat beberapa faktor penentu mengapa pemulihan bisa berjalan lebih cepat atau lambat.

Kenyamanan di lingkungan tempat memulihkan diri juga mempengaruhi durasi penyembuhan, apabila korban tidak merasa nyaman di lingkungannya, maka bisa disimpulkan sendiri. DIperlukan contoh surat permohonan rehabilitasi narkoba untuk masuk pusat rehabilitasi.

Dalam jurnal BMC Psychiatry, kesadaran pribadi atau trigger recognition menjadi faktor utama supaya durasi pemulihan bisa lebih cepat. Keinginan seseorang untuk membawa perubahan dalam hidupnya sangat berperan penting.

Kombinasi treatment medis dan sosial terbukti efektif untuk melepaskan jeratan narkotika terhadap para korban. Dengan melakukan kombinasi treatment tersebut, maka penderita akan lebih cepat sembuh dari segi mental dan psikis.Selain beberapa faktor tersebut, dukungan moral dari orang terdekat seperti keluarga atau teman juga mempunyai peran krusial. Cara melaporkan pengguna narkoba ke BNN adalah langkah awal yang baik.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.