Ada beberapa cara melaporkan anggota TNI yang bermasalah. Seperti diketahui, TNI memiliki tugas untuk menjaga keamanan Negara. Namun tidak jarang ada beberapa oknum justru membuat masalah di Negara ini.

Seperti kekerasan, namun tenang ada beberapa langkah hukum jika anggota TNI melakukan kekerasan. Begitu pula pelanggaran lantas. Siapa yang berhak menilang TNI pelanggar lantas, semua telah diatur oleh hukum.

Maka dari itu, tidak perlu takut ataupun khawatir. Jika Anda memiliki masalah dengan oknum TNI, Anda bisa melaporkannya. Sebab, para anggota Polisi Militer akan siap membantu.

Cara Melaporkan Anggota TNI yang Bermasalah

Ada beberapa cara dapat dilakukan, jika mendapati ada oknum TNI bermasalah. Sebelum melaporkan, ada beberapa hal harus dipersiapkan terlebih dahulu, agar Polisi mudah mengusut kasus Anda.

1. Memastikan bahwa itu benar tindak pidana

Sebelum melakukan pelaporan, Anda terlebih dahulu harus memastikan beberapa hal. Kejadian yang akan dilaporkan, harus termasuk ke dalam tindakan pidana. Sebab bila bukan, Polisi Militer tidak berwenang untuk menanganinya.

Selanjutnya, fakta perbuatan tersangka harus bisa memenuhi unsur tindak pidana, bertentangan dengan hukum militer. Kemudian, tersangka tindak pidana haruslah memang benar prajurit TNI atau yang disamakan.

2. Pelajari tentang pasal

Setelah itu, Anda perlu mempelajari terlebih dahulu untuk menentukan kira-kira pasal apa yang mengatur tentang peristiwa tersebut. Dengan melihat kerugian dan juga akibat atau bagaimana cara melakukannya.

Namun, bila Anda kurang paham dengan hukum, Anda dapat bertanya atau konsultasi dengan orang ahli hukum atau paham tentang hukum. Sebab memang, tidak semua orang paham mengenai hukum.

3. Carilah saksi

Cara melaporkan TNI bermasalah selanjutnya adalah dengan mencari saksi. Anda perlu mencari saksi sebanyak mungkin. Yaitu orang yang melihat, mendengar atau bahkan mengalami dalam peristiwa tersebut minimal 2 orang.

Sebab adanya saksi ini akan memperkuat laporan Anda. Agar polisi yakin dan bisa langsung memproses laporan nantinya. Perlu diingat, minimal saksi 2 orang, jadi Anda bisa mencari saksi sebanyak mungkin.

4. Kumpulkan alat bukti

Kumpulkan alat bukti atau barang bukti sebanyak mungkin untuk memperkuat laporan. Alat bukti itu dapat berupa surat, senjata, barang atau apapun itu berkaitan dengan korban dan kejadian tersebut.

5. Membuat kronologis peristiwa

Selanjutnya, Anda dapat membuat kronologis peristiwa atau kejadian secara detail dan lengkap. Seperti kapan terjadinya peristiwa tersebut, di mana lokasi kejadian serta bagaimana akibat dari kejadian itu.

6. Datang ke kantor Polisi terdekat

Setelah lengkap dan juga sudah mengerti, barulah Anda dapat langsung datang ke kantor Polisi Militer terdekat di sekitar Anda. Ketika sudah sampai sana, lapor dahulu kepada petugas jaga atau piket.

Nanti, Anda akan langsung diarahkan ke Unit Pelayanan dan pengaduan atau UP3M. Unit ini yang nantinya memberi pelayanan terhadap laporan masyarakat. Dan juga memberikan bantuan serta pelayanan informasi

7. Pemrosesan kasus

Cara melaporkan anggota TNI yang bermasalah terakhir adalah pemrosesan kasus. Setelah Anda ke UP3M, Anda akan bertemu dengan petugas konseling yang nantinya akan membantu kasus Anda.

Petugas konseling akan membantu, apakah peristiwa yang diterima termasuk tindak pidana dan juga pasal apa yang mengaturnya. Apabila laporan tersebut adalah tindak pidana, maka laporan akan diterima oleh petugas.

Kemudian oleh petugas akan dibuatkan Laporan Polisi. LP berisi uraian singkat kejadian disertai tanda tangani pelapor. Setelah itu pertugas akan mengarahkan pelapor kepada Penyidik Militer yang telah ditunjuk menangani kasus.

Kemudian pelapor harus memberikan keterangan sebenarnya tentang laporan tersebut. Serahkan juga sejumlah barang bukti, seperti surat, barang atau lainnya yang bisa digunakan sebagai barang bukti.

Hadirkan juga para saksi, berhubungan dengan kejadian tersebut. Serta serahkan juga kronologi peristiwa kepada penyidik. Hal itu guna membantu penyidik untuk membuat berita acara pemeriksaan.

Setelah semua proses selesai, pelapor harus menandatangani BAP. Barulah kemudian penyidik dapat mulai memproses penyidikan guna membuat terang masalah Anda. Jangan lupa selalu menjalin komunikasi dengan penyidik.

Mulai sekarang, jangan ragu dan takut untuk melaporkan TNI bermasalah. Sebab, akan ada sanksi untuk TNI yang bermasalah. Asalkan Anda mengetahui bagaimana cara melaporkan anggota TNI yang bermasalah.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.