Pada dasarnya, kontrak kerja freelance maupun lainnya sebagai kesepakatan tercatat di antara pegawai dengan perusahaan yang berisi persyaratan kerja, hak, dan kewajiban pegawai selama saat kedudukan.Tak terkecuali juga contoh kontrak kerja freelance.

Dalam praktiknya, perusahaan harus memberi kontrak kerja ke calon pegawai yang memiliki status pekerja apapun saat sebelum tugas mereka diawali. Mulai dari pegawai yang berstatus pegawai tetap hingga pegawai yang berstatus sebagai karyawan freelance.

Di Dalamnya, contoh  kontrak kerja freelance dan kontrak kerja lainnya juga wajib berisi secara jelas hak dan kewajiban pegawai dari perusahaan yang dibikin sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan di Indonesia.

Tidak itu saja, didalamnya memberikan ketentuan kerja yang perlu dipatuhi pegawai sepanjang bekerja di perusahaan tersebut. Dari mulai hak-hak pekerja harian lepas,  kewajiban sebagai pekerja freelance hingga pajak freelance yang mesti di tanggung.

Perlindungan hukum freelance dan juga aturan di dalamnya telah di atur berdasar Undang-undang No. 13/2003 pasal 52 ayat 1 mengenai Ketenagakerjaan yang menjelaskan jika kesepakatan kerja harus dibikin atas dasar:

  • Persetujuan dari kedua pihak
  • Kekuatan atau kemahiran lakukan tindakan hukum
  • Ada tugas yang diperjanjikan.
  • Tugas yang diperjanjikan itu tidak berlawanan dengan keteraturan umum, kesusilaan dan ketentuan Undang-Undang yang berjalan.

Contoh Kontrak Kerja Freelance

Untuk beberapa orang, jadi karyawan terlepas atau freelance ialah opsi yang cukup menarik dan menggiurkan. Karena pada dasarnya pertanyaan mengenai apa itu freelancer sendiri dapat terjawab dalam hal ini. Mekanisme kerja yang fleksibel dan tidak terlilit pada pukul kantor akan memberikan kebebasan untuk menuntaskan satu tugas sama sesuai jam-jam produktif pegawai.

Walau bebas, tidak berarti tidak ada surat kesepakatan yang atur persetujuan di antara client atau pemberi kerja dan freelancer atau karyawan terlepas. Untuk itu, Anda juga mengetahui contoh kontrak kerja freelance dan apa saja yang harus tercantum di dalamnya

Walau client dan freelancer telah berbicara mengenai ketetapan dari satu project yang perlu ditangani, tetapi dalam prosesnya bisa jadi ada beberapa hal yang dapat memacu salah pengertian. Itu kenapa sangat penting untuk membikin surat kesepakatan freelance. Beberapa hal yang perlu jadi perhatian saat membuat kesepakatan freelance dalam contoh kontrak kerja freelance;

1. Menjelaskan identitas faksi yang turut serta kontrak

Untuk membuat contoh kontrak kerja freelance yang berkaitan antara client dan freelancer, tentu saja dalam surat kesepakatan harus tercantum nama, alamat, dan kedudukan/status yang terang. Disebut hari dan tanggal saat perjanjiannya diatur. Seperti kontrak kerja secara umum, selanjutnya wajib terdapat pasal-pasal kesepakatan yang menjelaskan segalanya detail berkaitan kerjanya.

2. Menjelaskan mengenai status karyawan

Pada pasal 1 dalam contoh kontrak kerja freelance, harus mencantumkan kesepakatan yang berkaitan dengan status tugas sebagai seorang pegawai kontrak freelance dalam sektor yang sudah dilamar. Selanjutnya, disebut mengenai status yang dihuni pada sebuah perusahaan.

3. Kepastian mengenai tanggung jawab dan hak pekerja dan pemberi kerja

Pada pasal 2 dalam contoh kontrak kerja freelance juga diterangkan mengenai apa tanggung-jawab yang perlu dilaksanakan seorang freelancer. Di sini perlu diterangkan masalah peraturan dari pihak pemberi kerja.

Tidak hanya sepakat pada tipe pekerjaan yang dijalankannya, tetapi juga disiplin dengan waktu kerja freelance sama sesuai batas waktu atau deadline yang diberi oleh perusahaan. Pasal ini wajib diatur mengenai ketentuan untuk jaga rahasia perusahaan seperti mekanisme kerja di mana saja.

4. Ketentuan mengenai PHK

Pada pasal 3 yang terdapat pada contoh kontrak kerja freelance juga  disebut ketentuan mengenai PHK (Pemutusan Jalinan Kerja) bukan karena hanya performa freelancer tetapi juga karena keadaan yang tidak memberikan dukungan dari client atau perusahaan yang memberikan tugas.

PHK terjadi saat pekerjaan tidak digerakkan sama sesuai persetujuan pasal awalnya. Tetapi, bila perusahaan rupanya alami keadaan terburuk yang tidak mungkin untuk meneruskan project, karena itu surat kesepakatan dapat gagal di mata hukum.

5. Kepastian mengenai pembayaran

Mengenai pembayaran tercantum pada pasal 4 dan 5 di contoh kontrak kerja freelance. Waktu untuk bayar upah dan sistem pembayaran perlu diikutkan untuk jamin transparan. Pemberi kerja juga wajib menjaga loyalitas mengenai pembayaran tugas yang dituntaskan. Oleh karenanya, pengakuan loyalitas pembayaran upah perlu dituangkan dalam pasal 5 dari kontrak kerja freelance.

6. Mengenai masa aktif

Surat kesepakatan kerja freelance ada juga periode berfungsinya. Surat kesepakatan freelance tidak berlaku kembali karena tugas usai. Ekstensi kontrak ditata didalamnya. Surat kesepakatan kerja diperlengkapi tanda-tangan bermaterai dan tanpa dampak faksi lain. contoh kontrak kerja freelance dapat Anda lihat di bawah ini.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.