Surat paklaring merupakan surat keterangan yang berisi pernyataan bahwa seseorang tersebut pernah bekerja di sebuah perusahaan dengan jabatan dan jangka waktu tertentu. Untuk itu, akan dijelaskan mengenai cara membuat paklaring sendiri yang bisa Anda lakukan.

Format Paklaring

Ketika Anda ingin membuat paklaring sendiri, maka akan lebih baik jika mengikuti beberapa tahapan yang mana setiap tahapannya juga termasuk format dalam pembuatan paklaring. Berikut adalah format yang bisa diikuti:

1. Kop surat

Dalam surat paklaring wajib ada kop surat dari perusahaan atau instansi tempat Anda dulunya bekerja. Selain itu, kop surat juga menjadi tanda bahwa paklaring tersebut dikeluarkan secara sah oleh perusahaan.

2. Nomor surat

Selanjutnya ada nomor surat dalam surat keterangan kerja yang mana akan masuk dalam arsip dokumen perusahaan. Sehingga pada saat dibutuhkan sewaktu-waktu, pihak perusahaan hanya perlu mencarinya di arsip tanpa harus membuat kembali.

3. Pengesahan

Dalam cara membuat paklaring sendiri selanjutnya harus ada pengesahan. Pengesahan yang dimaksudkan adalah informasi mengenai pihak yang mengesahkan surat tersebut. Dalam hal ini berarti orang yang memiliki wewenang untuk bisa mengesahkan surat tersebut.

4. Isi surat

Hal yang penting ketika cara membuat paklaring sendiri adalah bagian isi surat. Nantinya bagian ini akan berisi mengenai identitas karyawan yang bersangkutan. Kemudian mengenai berapa lama ia bekerja di perusahaan tersebut atau info mengenai pernyataan-pernyataan yang berhubungan dengan informasi pribadi.

5. Tanda tangan dan stempel

Dalam surat paklaring harus menyertakan tanda tangan dan juga stempel dari orang-orang yang memiliki wewenang guna memberikan tanda tangan atau stempel tersebut.

Cara Membuat Paklaring Sendiri

Cara membuat paklaring sendiri bisa dilakukan dengan beberapa tahapan berikut:

  1. Tulis dengan lengkap mengenai data diri karyawan yang bersangkutan dan juga posisi karyawan yang pernah diisi di perusahaan tersebut.
  2. Mencantumkan informasi mengenai berapa lama kurun waktu bekerja di perusahaan tersebut
  3. Mencantumkan kinerja, kelebihan hingga prestasi yang didapatkan karyawan tersebut dengan jelas.

Namun perlu diketahui bahwa cara membuat paklaring sendiri tersebut biasanya akan dibuat oleh personalia atau HRD perusahaan. Anda sebagai karyawan tidak diperbolehkan untuk membuat paklaring sendiri.

Apa Perbedaaan Surat Paklaring Dengan Surat Keterangan Kerja

Paklaring merupakan surat keterangan yang menyatakan bahwa Anda pernah bekerja di sebuah perusahaan dalam jangka waktu tertentu dengan jabatan tertentu. Surat paklaring ini diberikan ketika Anda sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut.

Sedangkan yang dimaksudkan dengan surat keterangan kerja, merupakan surat yang menyatakan bahwa seseorang karyawan masih bekerja di perusahaan tersebut. Jadi bisa dikatakan bahwa surat keterangan kerja akan berisi mengenai status karyawan atau pekerja

Contoh Surat Keterangan Kerja

Baca juga: Sanksi Hukum Pemalsuan Paklaring Untuk BPJS


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.