Ketika Anda membuka sebuah usaha atau bisnis yang membutuhkan sebuah brand atau merek tertentu, maka penting untuk mendaftarkannya pada HAKI. Adanya merek atau brand tersebut penting untuk didaftar sebagai bentuk dari hak kekayaan intelektual. Secara ringkasnya adalah untuk mengklaim bahwa hak paten dan hak cipta dari merek atau brand yang Anda miliki. Setelah itu Anda juga perlu tahu cara cek merek HAKI yang sudah terdaftar.

Apa Itu HAKI

HAKI sendiri merupakan singkatan dari Hak Atas Kekayaan Intelektual yang dalam hal ini merupakan hak eksklusif yang diberikan kepada seseorang atau kelompok orang atas karya ciptaannya. 

Dalam kata lain, HAKI merupakan hak untuk menikmati secara ekonomis hasil karya intelektual. Semua hak yang dimasukkan dalam HAKI harus mendapatkan kekuatan hukum dari karya atau ciptaannya. Tujuannya sudah pasti untuk membantu mengantisipasi adanya pelanggaran HAKI milik orang lain.

Selain itu juga membantu untuk meningkatkan daya kompetisi dalam pasar. Untuk itu, sangat penting jika Anda tahu mengenai cara cek merek yang sudah terdaftar sebagai bentuk antisipasi apakah merek Anda sudah didaftarkan orang lain atau belum. 

Cara Daftar Merek ke HAKI 

Sebelum Anda tahu mengenai cara cek merek haki yang sudah terdaftar, ketahui terlebih dahulu mengenai cara daftar merek ke HAKI terlebih dulu. Ada beberapa syarat yang perlu Anda ikuti terlebih dulu. Kemudian jika semua dokumennya sudah dipenuhi Anda bisa mendaftarkan merek tersebut secara online atau langsung. 

  1. Pertama adalah dengan memesan kode billing pada http:simpaki.dgip.go.id/
  2. Pilih indikasi geografis dan merek pada jenis pelayanan
  3. Pilih bagian permohonan pendaftaran merek 
  4. Pilih usaha kecil atau umum dan usaha mikro
  5. Pilih secara online atau elektronik
  6. Masukkan berbagai macam data yang diminta
  7. Lakukan pembayaran melalui transfer bank
  8. Selanjutnya buat akun merek di https:merek.dgip.go.id/
  9. Pilih permohonan online dan jenis permohonan, masukkan kode billing yang sudah dibayarkan.
  10. Masukkan data merek dan data kelas hingga lampirkan dokumen persyaratan 
  11. Terakhir cetak draft tanda terima

Sedangkan untuk mendaftarkan logo ke HAKI juga melalui langkah yang sama dengan daftar merek. 

Cara Cek Merek HAKI Yang Sudah Terdaftar

Lalu, ketika sudah melakukan pendaftaran HAKI, bagaimana cara cek merek HAKI yang sudah terdaftar? Ada beberapa cara yang bisa Anda ikuti apakah merek Anda sudah terdaftar pada sistem atau belum. 

1. Cek merek HKI online

Cara cek merek HAKI yang sudah terdaftar pertama adalah secara online dimana akan lebih mudah. Namun Anda perlu teliti untuk mengeceknya karena banyak merek yang memiliki nama mirip namun sebenarnya berbeda. 

  • Anda bisa mengunjungi situs pdki-indonesia.dgip.go.id
  • Nantinya akan ada beberapa pilihan jenis HKI yang bisa dicek
  • Kemudian pilih bagian merek jika Anda ingin mengecek merek
  • Ketik nama merek yang ingin Anda cek
  • Pilih “cek” dan tunggu beberapa saat hingga daftar merek yang dimaksud muncul
  • Untuk melihat informasi lainnya dengan lebih rinci, Anda bisa mengisi bagian pencarian terstruktur merek pada kolom yang sama. 

2. Cara cek melalui konsultan

Cara cek merek HAKI yang sudah terdaftar juga bisa dilakukan melalui konsultan HKI. Hal ini bisa Anda lakukan ketika kurang paham dengan cara cek merek HAKI yang sudah terdaftar secara online. 

Konsultan HKI memang orang yang memberikan bantuan jasa untuk pengajuan dan pengurusan HKI sehingga Anda juga bisa meminta bantuan untuk mengecek apakah merek Anda sudah terdaftar atau belum.

Cara cek merek HAKI yang sudah terdaftar melalui konsultan hanya dengan menghubungi salah satu konsultan seperti Patendo. Nantinya mereka bisa membantu untuk mengecek apakah merek Anda sudah terdaftar atau belum. 

Demikian adalah dua cara cek merek HAKI yang sudah terdaftar baik secara online maupun offline guna memastikan merek Anda sudah terdaftar secara legal. 

Justika Dapat Membantu Kebingungan Anda Terkait Cek Merek Yang Sudah Didaftarkan

Anda bisa berkonsultasi dengan mitra advokat andal dan profesional Justika yang berkaitan dengan masalah atau kebingungan Anda terkait cara cek merek yang sudah terdaftar. Anda juga bisa memanfaatkan layanan hukum Justika lainnya, seperti Layanan Konsultasi ChatKonsultasi via Telepon dan Konsultasi Tatap Muka.

Demi mendalami posisi Anda lebih jauh, ada baiknya Anda berdiskusi serta berkonsultasi dengan ahli di bidang hukum, yakni Advokat. Perlu diketahui juga bahwa mitra advokat Justika dipilih dari seleksi yang cukup ketat dengan pengalaman minimal 5 tahun.

Layanan Konsultasi Chat

Kini, konsultasi chat dengan advokat berpengalaman hanya mulai dari Rp 30.000 saja. Dengan harga tersebut Anda sudah bisa mendapatkan solusi permasalahan hukum Anda dengan cara menceritakan permasalahan yang dihadapi melalui kolom chat. Nantinya sistem akan mencari advokat guna membantu menyelesaikan permasalahan Anda. 

Layanan Konsultasi via Telepon

Untuk permasalahan yang membutuhkan solusi lebih lanjut, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi telepon mulai dari Rp 350.000 selama 30 menit atau Rp 560.000 selama 60 menit. 

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Konsultasi tatap muka bisa dilakukan ketika Anda benar-benar membutuhkan saran secara langsung dari advokat terpercaya untuk kasus yang lebih rumit. Hanya dengan Rp 2.200.000 saja, Anda sudah bisa bertemu secara langsung selama 2 jam untuk bertanya lebih dalam hingga menunjukkan dokumen-dokumen yang relevan untuk membantu permasalahan Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.