NPP perusahaan memiliki manfaat utama, yaitu memberikan perlindungan kepada karyawan seperti jaminan kecelakaan kerja, jaminan kesehatan atau jaminan hari tua. NPP atau biasa disebut sebagai Nomor Pendaftaran Perusahaan, terhubung dengan program pemerintah BPJS.

Dengan memiliki NPP, maka karyawan sudah mendaftarkan dirinya ke program Ketenagakerjaan dan Kesehatan. Kesehatan pekerja akan lebih terjamin, namun karyawan memang akan membayar premi asuransi setiap bulannya, dab secara otomatis terpotong pada gaji.

Dapat dikatakan bahwa NPP perusahaan memang membawa banyak manfaat bagi kedua pihak, tidak hanya pekerja saja merasa diuntungkan tapi juga perusahaan. Kini hadir juga BPJS online, yang lebih mudah dikelola oleh karyawan secara daring, dan bisa mengecek saldo secara rutin.

Karena sebelumnya karyawan hanya bisa mengecek saldo, melalui laporan saldo dari pemilik usaha setiap bulan. Nomor Pendaftaran Perusahaan memang memiliki banyak kegunaan, maka dari itu Anda perlu mengetahui manfaat serta cara mendapatkannya.

Apa Itu NPP Perusahaan ?

NPP perusahaan adalah layanan tambahan bisa didapatkan oleh karyawan, menjamin kesehatan dan keamanan karyawan selama bekerja di suatu perusahaan. Sistem diberikan oleh BPJS melalui NPP, hampir sama seperti saat Anda melakukan asuransi.

Nomor Pendaftaran Perusahaan merupakan kewajiban harus diberikan kepada karyawan, akan ada sanksi yang didapat kepada pemilik usaha, apabila ia tidak mendaftarkan karyawannya. Salah satunya adalah teguran tertulis, denda hingga tidak mendapatkan pelayanan public tertentu.

NPP perusahaan merupakan suatu kewajiban didapat untuk seluruh karyawan, karena menjamin kesejahteraannya selama bekerja. Selain itu karyawan juga akan dikenakan biaya premi setiap bulannya, sehingga sudah menjadi hak bagi karyawan untuk mendapat layanan tersebut.

Jika pemilik usaha lengah atau tidak mengurus BPJS karyawan, nantinya mereka bisa mendapat teguran dari pihak berwajib. Kesejahteraan karyawan menjadi salah satu hal diperhatikan oleh pemerintah, untuk mencegah terjadinya pemanfaatan karyawan secara sepihak.

NPP menjadi layanan tambahan dikeluarkan oleh BPJS, tidak hanya bagi masyarakat biasa namun juga karyawan suatu perusahaan. Karyawan merupakan asset di dalam corporate, jika hanya memanfaatkan kinerja dari pekerja saja, maka akan berdampak negatif pada pemilik usaha.

Seorang pebisnis juga perlu memikirkan kesejahteraan karyawan, sebab perlindungan karyawan selama bekerja akan lebih terjamin. NPP perusahaan sangat penting untuk diperhatikan, jangan sampai Anda dinilai sebagai pemilik usaha tidak bertanggungjawab.

Jika kondisi sebaliknya terjadi, maka pandangan masyarakat terhadap corporate akan buruk. Jika penilaian tersebut meluas di masyarakat, maka bukan tidak mungkin jika calon karyawan enggan bekerja di perusahaan Anda.

Atau bahkan karyawan tidak bekerja secara maksimal, maka imbasnya adalah kinerja perusahaan yang menurun. Sudah sewajibnya corporate mendaftarkan karyawan untuk mengikuti program NPP BPJS, karena kesejahteraan karyawan berpengaruh positif terhadap produktivitas mereka.

Bagi pebisnis yang belum mendaftarkan atau karyawan yang belum mendapat NPP perusahaan, segera daftarkan NPP dengan tahapan berikut yang akan kami jelaskan. Anda tidak perlu repot mengurusnya, karena semua prosedur dapat dilakukan secara online dalam waktu singkat.

Memperlakukan karyawan sesuai dengan ketentuan yang diberikan oleh pemerintah, akan membuat kedua pihak sama-sama diuntungkan.

Karena pada dasarnya karyawan dan tempat Anda bekerja saling membutuhkan, karyawan membutuhkan gaji untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, juga pengalaman dan ilmu yang didapat selama bekerja.

Perusahaan juga membutuhkan kemampuan dan tenaga Anda, untuk melakukan aktivitas perusahaan, sehingga bisnis mereka bisa berjalan sesuai rencana.

Cara Mendapatkan NPP Perusahaan

Mungkin beberapa perusahaan belum mendaftarkan NPP pada karyawan mereka, entah karena ketidaktahuan mereka atau tidak mengerti cara mengurusnya. Maka dari itu kami akan memberi penjelasan, apa saja tahapan yang bisa Anda ikuti dengan mudah untuk mendapatkan NPP.

1. Akses Portal Pendaftaran Badan Usaha

Pertama-tama Anda perlu mengakses portal E-JAKON BPJS Ketenagakerjaan, website tersebut merupakan situs resmi BPJS yang dapat diakses oleh siapapun, terutama bagi karyawan maupun perusahaan yang hendak mendaftarkan karyawannya di BPJS Ketenagakerjaan.

2. Klik Menu Register Badan Usaha Baru

Tahap selanjutnya untuk mendapatkan NPP perusahaan adalah, dengan memilih menu Register Badan Usaha Baru atau Daftar Perusahaan karena corporate belum terdaftar. Pilihan menu tersebut memiliki warna biru dan bold, sehingga mudah untuk Anda temukan.

3. Pahami Syarat dan Ketentuan

Kemudian Anda akan melihat syarat dan ketentuan yang tertera di halaman, pahami dengan baik dan baca secara teliti, agar tidak ada kekeliruan di kemudian hari. Beberapa syarat dan ketentuan tersebut adalah, mengisi data secara lengkap dan dapat dipertanggungjawabkan.

Lalu mengisi tanggal yang dapat disetujui oleh petugas BPJS Kesehatan, dan beberapa syarat lain yang perlu Anda pahami dengan baik. Jika syarat dan ketentuan yang ditentukan dalam membuat NPP perusahaan sudah dibaca, maka centang pada kotak dibawahnya bahwa Anda setuju.

Untuk bisa mengakses halaman selanjutnya, Anda perlu mencentang kolom tersebut. Maka dari itu jangan sampai lupa mencentang, karena jika tidak bisa menghambat proses pendaftaran.

4. Mengisi Form Pendaftaran

Tahap selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran yang diperuntukkan pada badan usaha atau badan hukum lainnya, beberapa data yang dapat diisi adalah, alamat perusahaan, identitas, jumlah karyawan, nomor izin usaha serta NPWP.

Agar pengisian data bisa berlangsung dengan cepat, Anda bisa mempersiapkan dokumen berisi data corporate terlebih dahulu. Pastikan data diisi dengan benar, selain itu Anda juga perlu mengisi email yang akan digunakan untuk mengirim link aktivasi NPP perusahaan nantinya.

Anda bisa menuliskan email yang sama dengan pimpinan perusahaan, yang bertanggungjawab atas iuran BPJS, agar pihak BPJS bisa mengirim informasi tagihan maupun konfirmasi pembayaran secara lebih efektif nantinya.

5. Mengisi Kode Captcha

Setelah memeriksa semua informasi sudah diisi dengan benar dan dapat dipastikan keabsahan datanya, maka Anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya yaitu mengisi kode captcha. Jika sudah maka klik tombol Submit, maka Anda bisa lanjut ke tahap berikutnya.

6. Menunggu Notifikasi Lewat Email

Untuk mendapatkan NPP perusahaan, nantinya Anda akan menerima notifikasi berupa link aktivasi dari sistem BPJS. Biasanya tidak memakan waktu lama untuk mendapatkan email, jika sudah mendapat email, maka nantinya Anda akan mendapat beberapa lampiran dokumen.

Mulai dari cetak formulir registrasi badan usaha atau badan hukum lainnya, nomor kode badan, nomor rekening badan, hak akses berupa username dan password, yang akan digunakan dalam mendaftarkan karyawan dan anggota keluarganya.

Manfaat NPP Perusahaan

Jika perusahaan sudah mendapatkan NPP, maka jangan sampai Anda hanya mendaftar, tanpa tahu apa manfaat yang bisa didapatkan dari nomor ini. Kami akan menjelaskan apa saja manfaat dari kepemilikan NPP, agar karyawan dan corporate bisa memanfaatkannya sebaik mungkin.

1. Kesejahteraan Karyawan Lebih Terjaga

Manfaat NPP yang pertama adalah kesejahteraan karyawan lebih terjaga, tentu saja hal tersebut bisa tercapai. Karena sebagai karyawan, tentu kita membutuhkan perlindungan dari corporate, jika terjadi kejadian tidak diinginkan yang bisa mengancam nyawa dan kesehatan.

Terlebih lagi ada beberapa pekerjaan tertentu, yang fokusnya pada aktivitas fisik yang lebih berisiko, seperti pekerja proyek, pekerja pabrik atau pekerja yang menggunakan alat berat. Untuk mencegah berbagai kemungkinan bisa terjadi, dibutuhkan jaminan kesehatan.

Dengan begitu karyawan akan merasa lebih tenang, dan fokus untuk bekerja karena keselamatan mereka akan lebih terjamin. Proteksi terhadap keamanan dan keselamatan mereka, menjadi hal yang wajib diperhatikan oleh pemilik usaha, dengan mendapatkan NPP perusahaan.

2. Pengurusan BPJS Ketenagakerjaan Menjadi Lebih Mudah

Salah satu manfaat memiliki Nomor Pendaftaran Perusahaan, adalah pengurusan BPJS Ketenagakerjaan menjadi lebih mudah. Prosedur pembayaran premi setiap bulan akan lebih mudah dan jelas, karena kedua pihak sama-sama tahu berapa besaran premi dan kegunaannya.

Sifat transparan ini memang dibutuhkan oleh semua pengelola usaha, karena hal tersebut masuk ke dalam hak karyawan. Bukan berarti jika pekerja tidak bertanya, maka pemilik usaha berhak untuk tidak memberikan informasi tersebut.

NPP perusahaan memungkinkan perusahaan maupun karyawan mudah dalam mengontrol dan memeriksa saldo BPJS melalui BPJS online yang kini sudah bisa diakses. Berbeda kondisinya saat pemilik usaha harus memeriksa saldo BPJS secara langsung.

Tentu pemilik usaha akan lebih repot, dan menghabiskan banyak waktu serta biaya. Terlebih lagi jika jumlah karyawan tidak sedikit, selain itu pemilik usaha juga tidak perlu membuat laporan rutin lagi setiap bulannya, karena pekerja sudah bisa mengecek sendiri di aplikasi.

Namun hal ini hanya berlaku, bagi pemilik usaha yang sudah memiliki NPWP dan NPP perusahaan. Maka dari itu segera daftarkan perusahaan Anda, agar proses pendaftaran dan pengecekan BPJS menjadi lebih mudah, praktis, menghemat waktu serta biaya.

Jangan sampai pemilik usaha mendapatkan teguran hingga sanksi administratif yang malah membuat beban pengeluaran menjadi lebih tinggi. Jika teguran tersebut dihiraukan, pemilik usaha bisa mendapat hukuman pidana hingga pemberhentian corporate.

Sudah seharusnya tidak ada lagi pemilik usaha nakal yang nekat berlaku tidak adil kepada para pekerjanya. Selain hal tersebut dinilai tidak etis sebagai pebisnis tentunya Anda harus malu karena perlakuan tersebut menandakan bahwa Anda tidak profesional sebagai pebisnis.

Cara Mengetahui NPP Perusahaan

Untuk bisa mengetahui NPP pada perusahaan, tentu Anda perlu mendaftarkannya terlebih dahulu di website atau portal BPJS Ketenagakerjaan. Sudah menjadi tugas HRD atau bagian personalia yang akan bertanggung jawab atas payroll perusahaan kepada para karyawan.

1. Mengakses Website

Anda bisa mengetahui NPP perusahaan melalui website BPJS online atau aplikasinya, berikut kami lampirkan website sipp.bpjsketenagakerjaan.go.id. Pastikan Anda memasukkan link website dengan tepat, agar tujuan Anda bisa tercapai.

2. Memasukkan Username dan Password

Selanjutnya pengguna akan diminta memasukkan username dan password, pada saat melakukan pendaftaran mungkin Anda baru ingat, bahwa Anda diberikan hak akses melalui email, yang disertai dengan beberapa lampiran yang dikirimkan oleh pihak BPJS.

Melalui hak akses tersebutlah, Anda bisa menggunakannya dalam mengakses akun. Pastikan Anda menyimpan hak akses tersebut atau mengingatnya, karena berguna untuk mengetahui NPP atau mendaftarkan karyawan serta anggota keluarganya.

Jika username dan password sudah dimasukkan, maka Anda bisa melihat NPP perusahaan dan beberapa menu pilihan lainnya yang bisa diakses. Kehadiran website BPJS, memang didukung dengan berbagai perubahan teknologi yang sudah terjadi.

Hampir semua layanan pemerintah sudah beralih secara online, demi memudahkan masyarakat maupun perusahaan dan pekerja dalam memproses kebutuhannya. Dengan mengakses situs secara online, tentu akan lebih mudah bagi semua pihak dalam menghemat waktu dan biaya.

Jika harus berkunjung ke kantor BPJS setiap kali ada keperluan, terutama saat Anda mendaftarkan karyawan dan anggota keluarganya, tentu HRD akan lebih repot mengurus itu semua.

Terutama jika jumlah karyawan mencapai ratusan, tentu memakan waktu lebih lama dalam mengurus NPP perusahaan. Semua pihak mendapat kemudahan dalam mendaftarkan Nomor Pendaftaran Perusahaan, sehingga sudah tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk menundanya.

Pemerintah sudah mengeluarkan ketentuan dan peraturan yang berhak menindak tegas pada corporate yang berani melanggar atau tidak memberikan kewajibannya kepada karyawan. Jaga dengan baik asset karyawan Anda, karena pemilik usaha membutuhkan kemampuan mereka.

Sebagai karyawan, Anda juga berhak meminta hak dan kewajiban dari perusahaan. Jika kondisi corporate tidak memungkinkan, atau dipersulit dalam mendapatkan NPP perusahaan, maka Anda berhak melaporkannya kepada pihak berwajib.

Setiap badan usaha atau badan hukum di Indonesia, berkewajiban mengurus Nomor Pendaftaran Perusahaan. Sudah seharusnya pemilik usaha juga mematuhi peraturan dari pemerintah, karena mereka telah mendapat izin dalam menjalankan usaha dan mendapat keuntungan di Negara ini.

Contoh Nomor NPP Perusahaan

Perlu diketahui bahwa Nomor Pendaftaran Perusahaan terdiri dari 14 angka, Anda bisa melihat nomor tersebut di aplikasi BPJS pada akun yang terdaftar. Maka dari itu Anda perlu mengingat dengan baik, informasi apa saja yang didapatkan saat mendaftar NPP.

Lampiran yang sudah didapatkan melalui email pihak BPJS, lebih baik disimpan untuk berjaga-jaga jika dibutuhkan suatu saat nanti. Khususnya bagi HRD atau bagian personalia, yang akan mengurus berbagai kebutuhan karyawan terhadap kewajiban pemilik usaha.

Biasanya setelah pemilik usaha selesai mengurus BPJS bagi karyawannya, nanti para pekerja akan mendapat kartu BPJS, yang menjadi penanda bahwa Anda berhak mendapat layanan yang disediakan BPJS, dan perlu dibawa saat mengajukan layanan tersebut.

Proses mendapatkan NPP perusahaan cukup mudah bukan untuk diikuti, Anda bisa menerapkan prosedur tersebut di mana saja. Jika mengalami gangguan saat mendaftarkan Nomor Pendaftaran Perusahaan, Anda bisa meminta bantuan dari pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Proses pendaftaran yang lebih mudah karena melalui jaringan internet, membuat pengguna akan melakukan pendaftaran kapan saja dan dimana saja. Asalkan memiliki perangkat yang memadai dan koneksi internet, maka proses pendaftaran bisa berlangsung dengan cepat dan mudah.

Dengan begitu informasi mengenai layanan yang didapatkan karyawan lebih transparan, selain itu karyawan juga berhak tau, apa saja hak dan kewajiban yang bisa mereka dapatkan.

NPP perusahaan juga bisa menjadi tolak ukur oleh HRD, berapa rate Jaminan Kecelakaan Kerja dan disesuaikan dengan tingkat rendah atau tingginya kasus kecelakaan kerja yang terjadi di perusahaan, maka dari itu kegunaan dari nomor ini sangat bermanfaat.

Saat ini cukup banyak juga aplikasi yang menyediakan pelayanan NPP bagi perusahaan, Anda bisa membedakan setiap payroll karyawan pada satu software saja, yang akan memudahkan tugas human resource development dalam mengatur kewajiban pemilik usaha untuk karyawan.

Sebagai pekerja, nantinya saat baru bekerja di suatu perusahaan Anda wajib menanyakan hak dan kewajiban apa saja yang akan Anda dapatkan. Termasuk NPP perusahaan, yang menandakan bahwa pekerja berhak mendapat layanan BPJS, dan berbagai jaminan lainnya.

Memberikan perlindungan karyawan penting untuk diperhatikan, dengan adanya layanan dari BPJS, harusnya pemilik usaha juga merasa diuntungkan, sebab mereka tidak perlu lagi membuat program khusus bagi kesejahteraan para karyawan, karena semua sudah diatur pemerintah.

Pembayaran premi setiap bulannya, juga seharusnya tidak memberatkan karyawan. Maka dari itu sudah tidak ada alasan lagi, bagi corporate yang menunda-nunda dalam mendaftarkan karyawan untuk mendapatkan layanan dari NPP perusahaan.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.