Pernahkah anda melakukan kerja sama? Apakah hanya sebatas ucapan, atau anda membuat perjanjian tertulis? Jika anda pernah membuat kesepakatan surat perjanjian kerja sama atau biasa disebut dengan surat perjanjian kesepakatan secara tertulis, hal itu sangat bagus karena memiliki unsur hukum yang kuat. 

Surat perjanjian kerja sama sering kali dibuat oleh pelaku usaha atau bisnis. Hal ini dilakukan agar terdapat perjanjian yang jelas antara kedua pihak yang telah bersepakat. Hingga terciptanya surat perjanjian kerja sama usaha, dibutuhkan beberapa tahapan atau cara untuk mencapai kesepakatan.  

Namun sebelum itu, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa yang dimaksudkan dengan kesepakatan. Kesepakatan adalah bentuk perjanjian antara dua orang atau lebih dimana keduanya memiliki tujuan yang sama untuk bisa mencapai hal-hal yang diinginkan melalui adanya surat perjanjian bersama tersebut.

Cara Membuat Surat Perjanjian Kesepakatan Dengan Baik

Ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk membuat kesepakatan surat perjanjian kerja sama, diantaranya:

1. Tentukan Rekan Bisnis Atau Partner Untuk Bekerja Sama

Anda harus menentukan partner yang akan anda ajak untuk bekerja sama. Pastikan anda mengenal dengan baik calon partner anda, serta memiliki visi misi yang sama dalam bekerja sama. Lebih baik lagi, jika partner anda sudah profesional di bidangnya.

2. Sesuaikan Visi Yang Ingin Di Capai Bersama

menentukan arah dan batas waktu kerja sama menjadi hal penting dalam surat pernyataan perjanjian. Hal ini sangat penting, karena menentukan bentuk kerja sama yang dilakukan akan seperti apa dan akan berlangsung dalam jangka waktu berapa lama. Contohnya ketika anda dan partner memiliki arah untuk membuka usaha dengan mengikuti tren yang ada, anda dapat melakukan kerja sama membuka coffe shop. Atau ketika partner anda memiliki arah bisnis di bidang kuliner, dan anda dapat membuat beberapa referensi makanan, maka dapat membuka bisnis restaurant. Lalu, dalam contoh surat perjanjian kerja sama ini akan berlaku selama 5 tahun, terhitung dari Agustus 2021 hingga Agustus 2026.

3. Komitmen Pada Hak Dan Kewajiban Masing Maing

Langkah selanjutnya adalah dengan menentukan hak dan kewajiban masing-masing. Hak dan kewajiban perlu dituliskan dalam membuat kesepakatan surat perjanjian kerja sama, karena di bagian ini akan dijelaskan tugas pokok dan fungsi masing-masing pihak, serta hak yang akan didapatkan masing-masing pihak seperti dalam contoh surat pernyataan perjanjian. Sebagai contoh, bagi pihak investor, akan mendapatkan hak sebesar 40% dari setiap keuntungan yang diperolah. Sebaliknya, bagi pelaksana akan mendapatkan hak dalam mengelola dan menerima sebesar 60% dari setiap keuntungan, dan lain-lain. Pada bagian ini sangat diperlukan pembicaraan yang dalam hingga tercapainya kesepakatan.

4. Buat Sanksi Tertulis Jika Terjadi Pelanggaran

cara membuat surat pernyataan lainnya adalah dengan menentukan sanksi jika terjadi pelanggaran. Tentunya sanksi yang dituliskan dalam surat perjanjian kerja sama telah mencapai kesepakatan dari kedua pihak. Entah sanksi yang tertulis adalah sanksi yang berat ataupun sanksi yang ringan, sanksi berupa denda ataupun tidak, semua sesuai dengan peraturan yang telah disepakati sesuai dengan surat perjanjian kontrak.

5. Bubuhkan Tanda Tangan Kedua Belah Pihak Di Atas Materai

tanda tangan di atas materai menjadi contoh surat pernyataan yang sah menurut hukum. Hasil akhir dari surat perjanjian kerja sama dilihat pada tanda tangan dari pihak-pihak yang bersangkutan. Kenapa di atas materai? Ini menunjukkan bahwa surat perjanjian kerja sama ini bersifat legal dan dapat dipertanggung jawabkan keabsahannya di mata hukum. Tanda tangan dilakukan sebagai jaminan atas kedua pihak yang telah bersepakat untuk melakukan isi dari surat perjanjian kerja sama yang telah disepakati bersama.

Cara buat surat perjanjian ini sangat penting Anda ikuti dengan baik dan benar agar kedua belah pihak yang bersangkutan bisa paham dan yakin dengan isi kesepakatan yang hendak dilakukan.

Jadi, sudahkan anda menentukan kerja sama apa yang ingin anda lakukan? Semoga cara membuat kesepakatan dalam membuat surat kerja sama ini dapat membantu anda dalam menyusun surat perjanjian kerja sama anda.

Fungsi Surat Pernyataan Bersama

Surat pernyataan kesepakatan yang sudah Anda buat nantinya akan menjadi dokumen yang otentik sehingga bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Berikut beberapa fungsinya:

  • Sebagai batasan antara hak dan kewajiban kedua belah pihak
  • Menjamin ketenangan antara kedua belah pihak
  • Guna menghindari jika terjadi sengketa atau masalah
  • Bisa digunakan sebagai bukti jika ada salah satu yang melanggar perjanjian

Namun perlu diketahui ada beberapa faktor dalam cara bikin surat perjanjian yang harus dipenuhi agar bisa memenuhi syarat tertentu, seperti:

  • Semua pihak yang terlibat harus paham dengan isi dari surat perjanjian bersama tersebut
  • Ditulis menggunakan kertas tersegel atau dilengkapi dengan materai jika menggunakan kertas biasa.
  • Isi dari surat perjanjian tersebut harus sesuai dengan hukum dan norma kesusilaan.
  • Objek yang harus disebutkan dengan jelas.
  • Isi dari perjanjian juga harus jelas dan detail agar lebih mudah dipahami.

Contoh Surat Pernyataan Bersama

contoh surat pernyataan kerjasama

Contoh Surat Perjanjian Pembayaran

Contoh Surat Perjanjian Kesepakatan Pembayaran - Nusagates

Saat ini Anda dapat membuat dokumen dengan Mitra Advokat terkait Template Perjanjian Bisnis, terutama perihal Perjanjian Bagi Hasil. Dengan menggunakan Layanan All Template Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.