Izin pembuatan film asing di Indonesia saat ini mulai dipermudah oleh pemerintah. Hal tersebut dilakukan agar sektor perekonomian negara dapat berkembang dengan baik, apalagi pangsa pasarnya sangat banyak.

Hampir setiap hari penonton rela datang ke bioskop melihat pertunjukan yang sudah dikemas sedemikian rupa. Jika, rumah produksi luar mau datang dan melakukan proses pembuatan disini, pasti membawa dampak positif.

Terutama untuk sektor pariwisata, karena dengan keindahan alam Indonesia yang melimpah dan menawan bisa memancing minat wisatawan berkunjung. Dari sini, semua sektor ikut terangkat sehingga, sangat penting membuat dasar hukumnya.

Begini Cara Mendapatkan Izin Pembuatan Film Asing di Indonesia

Salah satu cara terbaik bagi rumah produksi luar bisa mendapatkan view menarik di Indonesia adalah menggandeng sineas dalam negeri terlebih dulu sebagai sebuah mitra. Hanya tidak boleh sembarangan.

Kerja sama tersebut harus rumah produksi yang sudah memiliki izin secara resmi dan terdaftar di kemenkumham. Baru pengajuan untuk Izin pembuatan film asing di Indonesia dapat diteruskan.

Hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya agar para sineas muda dalam negeri mampu menyerap banyak ilmu dan mengaplikasikannya. Dengan begini, perkembangan perfilman lokal bisa terangkat dan mendunia.

Dalam melakukan pengajuan tersebut, mereka wajib meminta restu terlebih dulu kepada menteri terkait. Hanya saja alurnya harus ke kedutaan, konsulat perwakilan negara Indonesia yang terdapat di luar.

Selanjutnya, izin pembuatan film asing di Indonesia tersebut melalui perwakilan kepala akan melanjutkannya kembali ke pihak terkait. Asalkan semua dokumen tersebut sudah lengkap dan sesuai dengan ketentuan berlaku.

Berikutnya, pihak terkait akan melakukan verifikasi terlebih dulu. Waktu untuk melakukannya kurang lebih selama 7 hari kerja, setelah pengiriman dokumen dilakukan, serta dinyatakan sudah benar dan lengkap.

Perlu diketahui pula bahwa Izin pembuatan film asing di Indonesia tersebut tidak serta-merta langsung diberikan. Hanya saja, pihak terkait dapat melakukan penolakan karena, judul serta isi cerita dianggap merugikan negara.

Perlu diperhatikan pula andai rumah produksi tersebut menunda atau terjadi perubahan jadwal maka, mereka berkewajiban untuk memberikan surat secara tertulis serta pemberitahuan mengenai perubahan tersebut.

Cara Mendapatkan Izin Lokasi Pembuatan Film

Sebelum mengetahui bagaimana caranya mendapatkan izin tersebut, pihak rumah produksi harus paham dulu, bagian apa saja yang perlu diperhatikan. Sebagai contoh mengambil gambar bangunan pemerintahan atau dikota besar.

Selain itu, kebutuhan untuk pertunjukan komersial, dokumenter serta berbagai kehidupan dari satwa liar yang terdapat di berbagai lokasi. Ada lagi, ketika mereka membutuhkan untuk destinasi pernikahan

Izin pembuatan film asing di Indonesia ini memiliki beberapa tahapan yang harus diperhatikan mulai dari prosedur sampai dengan dokumen-dokumen. Hal ini harus diperhatikan benar dan diteliti, kalau tidak kemungkinan ditolak.

Dalam penyerahannya harus diperhatikan pula. Jangan sampai mendadak, misalkan saja jadwal tanggal 15 bulan juni. Maka, paling lambat penyerahan aplikasi sekitar 6 minggu sebelum waktu tersebut.

Lebih baik lagi penyerahan dari izin pembuatan film asing di Indonesia itu 8 minggu. Hal ini menghindari berbagai kesalahan pengiriman atau lain sebagainya. Agar mendapatkannya Anda harus mengetahui dulu prosedurnya

1. Prosedur Mendapatkan Izin Lokasi Pembuatan Film

Prosedur yang harus dilakukan oleh setiap rumah produksi luar negeri adalah menentukan terlebih dulu dimana lokasinya. Mereka dapat melakukan kunjungan secara langsung atau melihat melalui youtube.

Pemilihan tersebut demi menghindari kesalahan. Maka dari itu, sesuaikan dulu kebutuhan dari tempat hingga naskahnya, keadaan ini bukan hanya untuk mendapatkan Izin pembuatan film asing di Indonesia saja.

Melainkan bagi yang ingin membuat video youtube juga wajib melakukannya, terutama bagi luar negeri. Dalam pembuatannya mereka harus menyiapkan berbagai macam dokumen penting. Harus diakui prosedur ini paling sulit.

Perlu diketahui bahwa, Izin pembuatan film asing di Indonesia harus lengkap dan jelas. Tidak boleh ada yang ditutupi walau jumlah crew. Misalnya awal ditulis 20 maka, saat datang juga sama.

Andai saja ada perubahan maka, pihak dari rumah produksi wajib melakukan revisi. Hal ini dilakukan demi kenyamanan bersama. Sehingga, menghindari berbagai hal tidak diinginkan selama proses produksi.

Oleh karena itu, prosedur utama dalam izin pembuatan film asing di Indonesia adalah kelengkapan dalam dokumen. Bahkan, apa yang akan mereka suguhkan juga wajib dicantumkan disini.

Setidaknya inti dari cerita yang akan dibuat, dengan begini pihak yang bertanggung jawab dapat menilai terlebih dulu kelayakannya. Hal ini bersangkutan dengan ada atau tidak pelanggaran yang terjadi.

Misalnya saja, ceritanya terlalu menyudutkan Indonesia dan membuat nama buruk. Biasanya hal seperti itu tidak akan mendapatkan izin pembuatan film asing di Indonesia. Setelah mengetahui prosedurnya, persiapkan dokumennya.

2. Dokumen Yang Dibutuhkan Dalam Pengurusan Izin Lokasi

Seperti yang sudah dibahas di atas, bahwa ada beberapa dokumen penting yang harus dipersiapkan oleh pihak rumah produksi. Poin pertama adalah form aplikasi serta surat pernyataan.

Hal ini sebagai salah satu identitas dan bukti bahwa, Anda memang memiliki niatan untuk membuat karya di Indonesia. Biasanya semua form sudah disediakan, jadi tidak perlu mencari atau membuatnya sendiri.

Cukup isi dengan lengkap jangan sampai ada yang salah. Ingat, kesalahan sedikit akan sangat mempengaruhi boleh atau tidaknya Anda menggunakan lokasi di Indonesia. Bukan hanya itu saja, berikutnya,

1. Anggota Kru

Dokumen izin pembuatan film asing di Indonesia berikutnya adalah anggota kru. Artinya, Anda harus menuliskan dengan jelas berapa jumlahnya. Bahkan, setiap rumah produksi wajib untuk menyebutkan nama dan jabatan.

Misalnya saja, Andrew berperan sebagai sutradara dan seterusnya. Jabatan tersebut sangat penting andai selama proses syuting terjadi kendala atau sesuatu mencurigakan dan disinyalir melanggar izin, jadi penegurannya mudah.

Usahakan ditulis dengan lengkap dan terperinci, jangan sampai ada yang terlewat. Walau tugas mereka hanya sebagai penyedia makanan tetap harus dicantumkan. Bukan hanya itu saja, paspor juga harus disertakan.

Dokumen tersebut sangat penting sebagai bagian dari identitas diri. Kecuali, kalau salah satunya adalah orang Indonesia, maka tidak perlu tambahan paspor tersebut. Data ini sangat penting untuk beberapa kementerian.

Profil anggota kru juga dicantumkan, apabila ada salah satu dari mereka terlebat sesuatu mencurigakan bahkan membahayakan. Karena, sejak awal dokumen kru ini diperiksa hingga detail dan rinci.

2. Surat dan Tujuan Produksi

Dokumen izin pembuatan film asing di Indonesia berikutnya adalah surat serta tujuan dari produksi. Semuanya harus ditulis secara lengkap dan terperinci, walau pada akhirnya, mereka semua tahu.

Hanya saja, untuk tujuan sendiri terkadang ada berbeda. Contohnya, untuk komersial atau dokumenter, bisa juga tugas mata kuliah dan lain sebagainya. Dengan begini, pemerintah bisa menilai dengan baik.

Apakah perizinan itu dapat disetujui ataukah harus di pending terlebih dulu. Penulisannya secara resmi dengan bahasa baku sesuai ketentuan dalam surat menyurat. Dalam hal ini, semua negara mempunyai regulasi sama.

3. Profil Perusahaan

Izin pembuatan film asing di Indonesia berikutnya adalah profil perusahaan. Dokumen ini penting bagi instansi terkait untuk menilai seberapa kapabilitasnya. Ketika mereka mempunyai trek bagus maka dampaknya positif.

Ada banyak ilmu dapat dipelajari oleh sineas muda dan dapat diterapkan agar produksi film dalam negeri dapat berkembang. Walau itu hanya sekedar drama, perusahaan besar tidak akan sembarangan melakukan eksekusi.

Mereka pasti sudah melakukan hitungan serta berbagai macam planning. Keadaan tersebut yang dipercaya pemerintah dapat memberikan angin segar bagi perfilman lokal. Oleh karena itu, sangat penting membaca profilnya.

Pembuatannya memang harus jujur sesuai dengan prestasi, semakin banyak dan mampu menelurkan sinema box office, kemungkinan besar perizinan tersebut akan mudah diterima. Lalu, bagaimana production house baru?

Pemerintah tetap akan memperhitungkannya hanya saja, perlu membaca profil lebih dalam lagi. Memahami bagaimana alur mereka dan keinginannya dalam membuat film. Harus diakui setiap perusahaan pasti punya aturan berbeda.

Walau sama-sama membuat genre drama, ada satu karakteristik yang terkadang menonjol. Keadaan tersebut menjadi sorotan tajam dalam menentukan apakah memang PH tersebut bisa mendapatkan kesempatan atau tidak.

Setelah profil, ada juga jadwal serta set lokasi yang akan digunakan. Poin ini menjadi paling penting karena, instansi terkait akan melihat terlebih dulu keadaannya. Apakah memang memungkinkan atau tidak.

4. Jadwal Serta Lokasi

Izin pembuatan film asing di Indonesia yang harus diperhatikan sekali adalah jadwal hingga lokasinya. Misalnya saja menggunakan Pulau Dewata, Bali, ternyata waktu itu mereka sedang ada peribadatan.

Kondisi seperti ini mengakibatkan jadwal tersebut harus dihentikan terlebih dulu. Inilah alasan mengapa di atas selalu menekankan untuk menentukan poin ini terlebih dulu. Bukan dengan asal melainkan sudah melakukan observasi.

Lihat pula bagaimana musimnya, keadaan sekitar, hingga kebutuhannya sesuai dengan script. Terkadang kegagalan tersebut terjadi bukan karena adanya kegiatan masyarakat melainkan ada momen kegiatan bersamaan.

Kondisi ini memang tidak dapat dihindari apalagi kalau bersamaan dengan produksi dalam negeri. Pasti pemerintah memberikan kesempatan luas pada rumah produksi Indonesia untuk memakainya terlebih dulu.

Harus diakui walau setting tempat hampir sama, tetapi ada beberapa perbedaan dapat dirasakan ketika melakukan perubahan secara mendadak. Terkadang set lokasi itu sudah sesuai dengan keinginan sutradara dan departemen lainnya.

Jadwal serta lokasi dalam penulisannya juga harus jelas, contohnya butuh waktu berapa disana. Kemudian, tempat yang diadakan mana saja, apakah bisa orang lain masuk atau tidak, jadi semua harus jelas dalam satu dokumen.

Hal itu akan berpengaruh pula terhadap aparat apakah akan menutup jalan atau akses atau tetap membukanya. Apakah hanya itu saja? Rasanya belum, Anda juga harus memastikan adanya dokumen tambahan.

3. Dokumen Pendukung Yang Dibutuhkan

Izin pembuatan film asing di Indonesia bukan hanya empat dokumen diatas saja, tetapi masih ada tambahan lagi yang harus diperhatikan. Dimana rumah produksi harus memberikan surat solvabilitas.

Dari penjamin bank yang ada di negara asalnya serta Indonesia. Bukan hanya itu saja, Anda juga harus mengirimkan skenario sekaligus sinopsisnya. Bukan untuk spoiler atau membocorkannya melainkan melihat materinya.

Apakah ada kata yang memang menyinggung atau ingin provokasi dan merusak tatanan NKRI. Jika ada maka otomatis Izin pembuatan film asing di Indonesia akan ditolak. Karena, film sangat memiliki potensi.

Maka, pemerintah melakukan berbagai macam upaya agar hal itu tidak terjadi. Selain itu, mereka juga diminta mengirimkan dokumen tambahan berupa peralatan yang akan digunakan. Semua harus terperinci dan detail.

Jangan sampai ada satu atau dua keliru, selain itu ada juga surat pengembalian. Karena, hubungannya dengan petugas ekspor dan impor. Apabila menggunakan semua alat dari Indonesia tidak masalah.

Tetapi, pengadaan dari luar tetap harus memiliki izin yang jelas. Dengan begini pelaporannya bisa lengkap. Andai saja semua dapat terpenuhi, maka 90% Izin pembuatan film asing di Indonesia diberikan.

Kendala utamanya pasti ada di waktu serta lokasi, karena melihat adat dan kebudayaan Indonesia yang beragam. Maka, semua tutur kata serta adegan harus disesuaikan agar semua dapat berjalan lancar.

Apakah Peliputan Berita dari Seorang Jurnalis Internasional Membutuhkan Izin yang Sama

Jawabannya adalah sama, hanya saja ada beberapa hal perbedaan diantara keduanya. Walau, Bapak Presiden sudah memberikan kebebasan peliputan, namun kementerian dalam negeri tetap memberikan benteng untuk melindungi semua.

Walau mereka adalah jurnalis, namun kewaspadaan tetap penting. Bisa saja ada kamera di saku yang mengindikasikan sebagai intelijen dan lain sebagainya. Kondisi tersebut akan membahayakan wilayah NKRI.

Oleh karena itu, diberlakukan aturan yang sama dengan Izin pembuatan film asing di Indonesia merupakan upaya besar agar penyusup tidak bebas keluar masuk begitu saja. Semua sudah diatur dalam undang-undang.

Dimana, beberapa jurnalis tersebut harus menyiapkan dokumen penting seperti dibawah ini

Surat Lokasi dan Daftar Pertanyaan

Surat lokasi ini menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Misalnya, mereka ingin melakukan peliputan di kawasan konflik. Biasanya hal tersebut dilarang karena, memberikan sinyal bahaya. Jika, sesudahnya mungkin boleh.

Selain itu, Anda juga harus memberikan berbagai daftar pertanyaan yang akan ditanyakan kepada narasumber. Dari sini, pemerintah bisa paham kemana arah tulisan tersebut. Apakah ingin menyudutkan Indonesia atau sebaliknya.

Oleh karena itu, harus hati-hati dalam menyusun berbagai macam pertanyaan. Karena, hal ini bisa menjadi batu sandungan, dimana salah satunya Anda gagal meliput berita tersebut hanya soal pertanyaan

Data siapa saja orang yang diwawancara juga penting, maka dari itu dalam membuat dokumen ini harus hati-hati dan dipikir dengan benar. Jangan hanya asal begitu saja nanti hasilnya buruk.

Detail Pribadi dan Peralatan

Izin pembuatan film asing di Indonesia yang hampir sama dengan jurnalistik adalah Detil pribadi serta peralatan. Jad, Anda harus memperkenalkan diri secara jelas, siapa, bekerja dimana, tujuannya, serta pengalaman.

Detail pribadi ini sangat penting untuk diteliti apakah ada kebohongan atau tidak dalam pembuatannya. Maka, jangan sampai salah dalam menulis, atau justru kesalahan ejaan. Sudah pasti mendapatkan nilai buruk.

Artinya, kemungkinan besar diterima dan dapat meliput sangat kecil, Hal itu juga terjadi terhadap peralatan yang dibawa. Nantinya, dokumen ini akan disesuaikan ketika sudah masuk Indonesia, jadi, harap teliti!

Jangan sampai hanya salah menulis satu barang saja, maka perizinan ditolak begitu saja. Terakhir, Anda juga harus menandatangani surat kewajiban patuh terhadap hukum yang berlaku di Indonesia.

Adakah Biaya yang diPungut Dalam Pembuatan Izin Pembuatan Film Tersebut

Izin pembuatan film asing di Indonesia ini sebenarnya tidak ada pungutan biaya sama sekali. Jika ada, mungkin Anda menggunakan jasa. Hal tersebut sangat wajar karena, pengurusannya sendiri membutuhkan waktu.

Untuk berapa dananya tergantung dari masing-masing jasa. Tetapi, menurut perundang-undangan, pembuatan tersebut memang tidak dikenakan sama sekali. Dengan begini siapa saja bisa masuk dan menggunakan lokasi tersebut.

Memahami berbagai aturan, prosedur serta dokumen yang harus dipenuhi oleh rumah produksi luar negeri memang sangat penting. Karena, kenyamanan dan keamanan akan diberikan sehingga proses syuting dapat berjalan lancar.

Oleh karena itu, ikuti beberapa langkah yang sudah dijelaskan. Dengan begini Izin pembuatan film asing di Indonesia bisa didapatkan dengan mudah, asalkan Anda dapat mengerjakannya dengan teliti dan syarat terpenuhi.

Baca juga: Izin Usaha Perfilman Mulai dari Syarat Sampai Biaya

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.