Contoh surat izin usaha kecil – sebagai pelaku usaha kecil, memiliki surat izin usaha dapat memberikan banyak keuntungan antara lain kemudahan dalam kerja sama, tanda legalitas, dan dapat melakukan pangajuan pinjaman modal. Surat izin usaha kecil disebut dengan Izin Usaha Mikro Kecil atau IUMK.

Mengurus surat-surat legal memang identik dengan proses yang panjang dan rumit. Namun, kini pengajuan IUMK bisa dilakukan secara online atau IUMK online untuk mempermudah pelaku usaha. Artikel berikut ini akan membahas mengenai cara membuat izin usaha mikro kecil online dan contoh surat izin usaha kecil yang diperlukan para pelaku usaha.

Tentang Usaha Kecil dan IUMK

Dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008, yang disebut usaha kecil adalah usaha produktif milik orang perorangan dan/atau badan usaha perorangan dengan kekayaan bersih lebih dari lima puluh juta rupiah hingga lima ratus juta rupiah (tidak termasuk tanah dan bangunan), atau memiliki hasil penjualan tahunan lebih dari tiga ratus juta rupiah hingga dua milyar lima ratus juta rupiah.

Jika usaha Anda termasuk ke dalam kriteria tersebut, maka Anda membutuhkan IUMK dan wajib mengetahui cara membuat izin usaha. Dengan memiliki IUMK, suatu usaha dikatakan legal dan terkualifikasi untuk mendapat sarana pemberdayaan pengembangan usaha. Gambar di bawah ini adalah contoh surat izin usaha kecil yang akan diberikan setelah melakukan prosedur pengajuan.

Buat Izin Usaha Kecil Secara Online

Kini, pelaku usaha kecil dapat mengajukan pembuatan IUMK melalui laman Online Single Submission atau OSS. Proses membuat izin usaha mikro kecil online atau surat izin untuk usaha dagang secara online ini dapat dilakukan melalui website resmi OSS. Berbeda dengan cara membuat siup dan surat izin tempat usaha, Cara membuat surat izin usaha online ini cukup sederhana untuk dapat Anda buat. pertama-tama adalah mendaftar terlebih dahulu di OSS untuk membuat akun. Berikut langkahnya:

  • Akses laman www.oss.go.id/pas/
  • Pilih “Daftar” lalu isi data yang diminta
  • Salin captcha lalu pilih “Daftar”
  • Buka email registrasi yang dikirim pihak OSS secara otomatis. Pilih tombol “Aktivasi”
  • Setelah teraktivasi, Anda akan mendapat email kembali berisi kata sandi. Gunakan kata sandi tersebut untuk masuk ke akun OSS.

Prosedur Pengajuan Surat IUMK

Berikut ini adalah langkah-langkah contoh surat izin usaha kecil atau surat izin tempat usaha yang diajukan melalui OSS.

  • Akses www.oss.go.id lalu masuk menggunakan akun yang telah dibuat sebelumnya
  • Klik “Perizinan Berusaha” pilih “Perseorangan” kemudian “Pendaftaran NIB Perseorangan Kecil”
  • Anda akan menemukan beberapa formulir. Pertama adalah data profil. Lengkapi info yang dibutuhkan pada borang lalu pilih “simpan dan lanjutkan”
  • Kedua adalah formulir data usaha. Pilih “Tambah Usaha” lalu lengkapi data usaha dalam borang. Pilih “simpan” lalu “selanjutnya” untuk melanjutkan mengisi formulir lain atau “tambah usaha” jika Anda memiliki usaha lebih dari satu.
  • Ketiga adalah formulir komitmen prasarana usaha. Anda dapat mengajukan permohonan izin lokasi dan izin lingkungan sebagai pelaku usaha kecil. Jika sudah, pilih “Selanjutnya”
  • Setelah mengisi seluruh formulir di atas, Anda akan diperlihatkan seluruh data yang telah diisi. Pada tahap ini pastikan data yang dimasukkan sudah benar. Jika semua sudah benar, klik kotak “Disclaimer” lalu pilih “Proses NIB”
  • Selesai. Anda dapat mengakses NIB dan Izin Usaha pada “Output NIB dan Izin Usaha” untuk dicetak

Baca Juga:

Contoh Surat Izin Tempat Usaha Kecil

Konsultasikan Masalah Surat Izin Usaha Melalui Justika

Sebuah usaha atau bisnis perlu memiliki surat izin usaha untuk membantu kelancaran bisnisnya. Namun tidak semua orang mengetahui akan hal ini. Untuk itu Justika memiliki tiga layanan yang bisa membantu mengatasi kebingungan Anda yang berhubungan dengan pembuatan surat izin usaha.

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau. Kunjungi laman ini, lalu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Dalam waktu singkat, sistem secara otomatis akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Layanan Konsultasi via Telepon

Jika diperlukan tindakan yang tidak dapat diakomodasi melalui fitur chat, Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Melalui layanan ini, Anda dapat berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialam

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Diskusi akan berlangsung selama 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.