Dengan semakin berkembangnnya teknologi, cara mudah cek Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan sudah tidak perlu dilakukan secara offline atau langsung dengan mendatangi kantor pajak, melainkan Anda bisa mengecek NPWP perusahaan secara daring/online.

Sebelumnya perlu dipahami, NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya. Wajib pajak berupa orang pribadi maupun badan yang melakukan usaha. Penjelasan lebih lanjut mengenai NPWP diatur dalam Undang-Undang tentang Ketentuan dan Tata Cara Perpajakan.

Apakah Semua Pihak Boleh Mengecek NPWP Perusahaan?

Pihak yang diperbolehkan untuk mengecek NPWP perusahaan adalah orang yang diberikan hak untuk melakukan hal itu dengan dibuktikan dengan adanya surat kuasa dari perusahaan.

Cara Cek NPWP Perusahaan

1. Cara Cek NPWP Perusahaan Online

Cara mudah cek NPWP perusahaan yang pertama adalah secara online pada website Direktorat Jenderal Pajak

  • Pertama dengan mengakses ereg.pajak.go.id
  • Kemudian masukkan nomor NPWP dengan benar dan lengkap
  • Nantinya akan keluar hasilnya:
  1. Jika NPWP tersebut masih aktif, akan muncul nomor dan identitas yang lainnya dengan otomatis.
  2. Jika tidak muncul apapun maka kemungkinan NPWP Anda masih belum aktif. Anda perlu datang ke kantor pajak terdekat untuk menindaklanjuti permasalahan tersebut.

2. Cara Cek NPWP Perusahaan Melalui Aplikasi DJP

Selain melalui laman pajak, Anda juga bisa mengetahui cara mudah cek NPWP perusahaan melalui aplikasi Direktorat Jenderal Pajak (DJP) yang perlu diunduh terlebih dulu di gawai Anda.

  • Setelah aplikasinya terunduh, selanjutnya masukkan nomor NPWP dengan benar.
  • Buka bagian dashboard pada halaman web dan akan keluar hasilnya:
  1. Jika NPWP tersebut masih aktif, maka akan muncul nomor dan identitas lainnya dengan otomatis.
  2. Jika tidak muncul maka bisa jadi NPWP Anda masih belum aktif. Solusinya adalah dengan mendatangi langsung kantor pajak untuk mengkonfirmasi hal tersebut.

3. Cara Cek NPWP Perusahaan Melalui Kring Pajak

Kring pajak juga bisa menjadi salah satu cara ketika ingin mengecek NPWP perusahaan. Kring pajak adalah nomor resmi yang bisa secara langsung dihubungi untuk membantu mengecek NPWP atau hal lainnya jika ada masalah terkait pajak. Nomor yang bisa dihubungi adalah 1500200 yang mana aktif dan bisa dihubungi selama 24 jam.

4. Cara Cek NPWP Perusahaan Dengan KTP Atau KK

KTP atau KK juga bisa digunakan sebagai cara mudah cek NPWP perusahaan. Direktorat Jenderal Pajak (DJP) telah mengeluarkan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecek NPWP perusahaan secara online menggunakan KK atau KTP.

Namun sebelum itu, pastikan untuk memvalidasi NPWP yang berarti nomor NIK dan KK Anda sudah terdaftar pada DJP. Setelah itu Anda bisa mengunjungi website ereg.pajak.go.id/ceknpwp dan masukkan nomor KK dan NIK KTP. Nantinya akan ada informasi mengenai NPWP Anda tersebut apakah masih aktif atau belum.

5. Cara Cek NPWP Perusahaan Menggunakan Email

Jika Anda kesulitan untuk mengecek NPWP melalui website atau aplikasi, maka bisa menggunakan email. Berikut adalah beberapa tahapan yang bisa dilakukan:

  • Ketahui terlebih dulu alamat email kantor pajak tempat Anda mendaftarkan NPWP
  • Siapkan scan KTP yang akan dicantumkan pada badan email
  • Lampirkan juga beberapa data-data pajak seperti surat-surat dari kantor pajak
  • Tuliskan alasan dan keperluan Anda untuk cek NPWP di badan email
  • Kirimkan semua dokumen tersebut pada alamat email kantor pajak yang dituju dan tunggu balasan dari kantor pajaknya.

6. Cara Cek NPWP Perusahaan Offline Atau Langsung

Jika Anda tidak yakin mengecek NPWP secara online, maka bisa secara langsung mengeceknya ke kantor pajak terdekat atau kantor pajak dimana Anda membuat NPWP tersebut.

Namun untuk NPWP perusahaan, Anda wajib membawa akta perusahaan atau instansi hingga surat kuasa yang menegaskan Anda mewakili perusahaan untuk melakukan pengecekan tersebut.

Cara Mengetahui NPWP Perusahaan Atas Nama Siapa?

Untuk mengetahui NPWP perusahaan tersebut atas nama siapa, maka caranya sama halnya dengan beberapa cara diatas. Anda bisa mengunjungi website ereg.pajak.go.id dan masukkan NIK dan nomor KK. Selanjutnya akan muncul beberapa informasi terkait NPWP tersebut seperti nama sehingga Anda bisa mengetahui NPWP tersebut atas nama siapa.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.