Tidak semua penyelesaian sengketa melalui forum arbitrase akan berakhir di sidang, banyak kasus dapat diselesaikan melalui mediasi. Mediasi akan menguntungkan kedua belah pihak, karena akan dilakukan kesepakatan di antara keduanya.

Pembaharuan kontrak maupun perjanjian dapat dilakukan sehingga semakin kecil kerugian didapatkan salah satu atau semua pihak. Cara menentukan forum Arbitrase yang tepat dalam perjanjian adalah:

Cara Menentukan Forum Arbitrase yang Tepat dalam Perjanjian

Perhatikan Klausul Penyelesaian Perjanjian

Ketika awal pengajuan permohonan, harus dilihat terlebih dahulu mengenai klausul penyelesaian perjanjian. Ini merupakan dasar hukum bagi para pihak berperkara.

Penggunaan Forum Arbitrase SIAC

Apabila dalam pihak-pihak bersengketa ada orang asing, maka forum arbitras Singapura melalui SIAC menjadi pilihan baik. Hal ini agar lebih netral dan dipercaya, karena langsung diurus lembaga internasional.

Penggunaan Forum Arbitrase BANI

JIka asset counterpart berada di Indonesia, maka sebaiknya tetap memilih forum BANI meskipun ada pihak asing terlibat. Sebab mempertimbangkan pelaksanaan kontrak yang ada di Indonesia.

Tahapan Eksekusi Masing Masing Forum Arbitrase

Untuk penyelesaian sengketa melalui forum arbitrase yang dilakukan oleh warga Indonesia, lebih baik melalui BANI karena proses eksekusinya lebih mudah. Sebab proses eksekusi dari eksekutor internasional bisa berjalan lebih lama dan a lot.

Berapa Lama Jangka Waktu Pemeriksaan Arbitrase?

Dalam pemeriksaan dan penyelesaian sengketa melalui forum arbitrase ada batas waktu yang diatur khusus dalam penyelenggaraannya. Untuk panjangnya waktu maksimal hingga penetapan putusan adalah 210 hari (tidak dihitung masa pendaftaran).

Jumlah waktu bisa lebih cepat atau lambat tergantung dari proses pemeriksaan yang dilakukan. Coba lihat contoh jangka waktu pemeriksaan berikut:

1.Pendaftaran memakan waktu maksimal 14 hari bagi pemohon untuk melengkapi dokumen serta melakukan pembayaran biaya.

2.Termohon mendapatkan waktu maksimal 14 hari untuk memberikan respon terhadap pengajuan dari pemohon.

3.Waktu 14 hari untuk pelunasan biaya apabila termohon melakukan tuntutan balik.

4.Proses mediasi berjalan selama 40 hari, apabila Majelis Arbiter merasa perlu ditambah, maka waktu mediasi bisa ditambah sesuai keperluan.

5.Maksimal waktu penyelesaian sengketa adalah 180 hari, tidak termasuk waktu pendaftaran. Dihitung mulai dari penunjukan Abiter atau Majelis Abiter.

6.Putusan diambil maksimal 30 hari setelah persidangan selesai. Dilihat dari rincian tersebut, maka penyelesaian sengketa melalui jalur ini bisa memakan waktu 7 hingga 9 bulan. Namun, dapat lebih cepat apabila putusan diambil dalam kurun waktu lebih singkat.

Konsultasikan Permasalahan Sengketa Arbitrase Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.