Surat perjanjian jual beli merupakan salah satu hal yang penting jika Anda melakukan transaksi jual beli terutama ketika nilai transaksinya dalam jumlah besar. Namun masih banyak yang tidak tahu mengenai bagaimana cara membuat surat perjanjian jual beli. Untuk itu, artikel ini bisa membantu Anda untuk membuat surat perjanjian jual beli.

Surat perjanjian jual beli sendiri merupakan dokumen yang dibutuhkan ketika Anda memutuskan untuk melakukan transaksi. Adanya surat ini sebagai bentuk pengikat antara pembeli dan penjual agar tetap melaksanakan kewajibannya sesuai yang tertulis di dalamnya.

Cara Membuat Surat Perjanjian Jual Beli

Dalam membuat surat perjanjian jual beli, maka akan ada aturan surat perjanjian jual beli yang perlu Anda ikuti. Berikut adalah beberapa bagian yang harus ada dalam membuat surat tersebut.

1.       Bagian Pembuka

Bagian pertama yang harus ada sebagai cara membuat surat perjanjian jual beli adalah pembuka dimana berisi mengenai identitas dari setiap orang yang terlibat di dalamnya. Dalam hal ini adalah identitas dari penjual dengan pembeli. Dalam identitas tersebut akan mengandung informasi seperti nomor identitas, alamat, badan hukum, dan juga peran setiap orang dalam surat perjanjian tersebut.

2.       Isi

Komponen utama yang selanjutnya ada dalam cara membuat surat perjanjian jual beli adalah isi yang menjadi komponen utama dalam surat perjanjian tersebut. Seperti jangka waktu, kesepakatan, sanksi untuk yang melanggar, tanggung jawab setiap pihak, aturan-aturan, besarnya biaya hingga bagaimana penyelesaian arbitrasi masalah jika terjadi.

3.       Penutup

Cara membuat surat perjanjian jual beli yang selanjutnya adalah bagian penutup dimana menjadi bagian akhir surat perjanjian jual beli. Bagian ini akan lebih menjelaskan mengenai penegasan bahwa kedua belah pihak menyepakati isinya. Kemudian ditambahkan materai, stempel, tanda tangan, dan tempat tanggal terjadinya perjanjian.

Jika Anda masih bingung, berikut adalah contoh surat perjanjian jual beli yang bisa Anda jadikan landasan.

Contoh Surat Perjanjian Jual Beli Mobil

Salah satu contohnya adalah surat perjanjian jual beli mobil yang berisi kesepakatan diantara kedua belah pihak.

SURAT PERJANJIAN JUAL BELI MOBIL

Kami yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : ………..

Umur : ………..

Pekerjaan : ………..

Alamat : ………………

NIK : ………………….

Dalam hal ini bertindak sebagai PIHAK PERTAMA (Penjual).

Nama : …………..

Umur : ………….

Pekerjaan : ………..

Alamat : ……………

NIK : ……….

Dalam hal ini bertindak sebagai PIHAK KEDUA (Pembeli).

Kedua belah pihak sepakat untuk melakukan perjanjian jual beli mobil pada tanggal 19 November 2018 dimana ketentuan dan syaratnya sudah diatur dalam beberapa pasal yang disebutkan di bawah.

Pasal 1

JENIS BARANG

Jelaskan mengenai deskripsi mobil sebagai objek jual beli dengan detail seperti nama plat, nomor, warna, merek dan lainnya. Kemudian tuliskan juga pasal-pasal yang disepakati oleh kedua belah pihak.

Demikian surat perjanjian jual beli mobil ini dibuat oleh yang bertanda tangan dengan penuh kesadaran.

Yogyakarta, 19 November 2018

PIHAK PERTAMA                                      PIHAK KEDUA

……………………..                                           …………………

SAKSI-SAKSI

Saksi I                                                            Saksi II

…………….                                                          ………………….

Demikian adalah beberapa hal yang bisa Anda perhatikan mengenai cara membuat surat perjanjian jual beli dengan baik dan benar.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.