Apakah Anda mengenal apa itu OSS RBA yang menjadi salah satu sistem untuk mendapatkan izin usaha? Pada dasarnya setiap pelaku usaha harus memegang izin usahanya terlebih dahulu agar dapat beroperasi secara legal karena mengikuti peraturan Cipta Kerja.

Izin tersebut bisa didapatkan melalui kantor dinas perindustrian dan perdagangan yang ada di tingkat kabupaten hingga kota. Namun dari setiap usaha yang bisa didirikan, pemerintahan telah menggolongkannya menjadi lebih rinci sehingga muncul izin usaha berbasis risiko.

Risiko yang dimaksud disini adalah potensi terjadi masalah keamanan kerja, bahaya hingga kerugian seperti cedera atas kegiatan usaha tersebut. Jika mempelajari apa itu OSS RBA, maka izin untuk mendirikan usaha bisa didapatkan dengan mudah mengikuti aturan yang ada.

Sederhananya, OSS RBA itu menyangkut izin usaha yang memiliki risiko di dalamnya. Dengan meninjau setiap pelaksanaan dan aktivitas yang ada di dalamnya, Anda bisa mendapatkan izin usaha berisiko setelah memahami aturan penyelenggaraan perizinan usaha berbasis risiko.

Definisi Apa itu OSS RBA dan Peraturannya

OSS merupakan singkatan dari Online Single Submission yang artinya perizinan berbasis surat Elektronik atau diterbitkan secara Online. Sedangkan RBA (Risk Based Approach) diartikan ke dalam badan usaha yang memiliki operasional dan kegiatan usaha berbasis risiko.

Jika digabungkan, maka OSS RBA adalah Perizinan Berusaha Berbasis Risiko yang digunakan oleh setiap pelaku usaha untuk dapat menjalankan kegiatan operasionalnya. Kegiatan usaha dengan potensi terjadinya cedera atau kerugian perlu mendapat peninjauan lebih dalam.

Dengan adanya OSS RBA, Anda bisa mendapatkan izin usahanya secara langsung. Tentu saja setiap kegiatan operasional yang ada di dalamnya harus mengikuti norma dan ketentuan. Bagi pelaku usaha yang kegiatannya berisiko, Anda wajib mendapatkan izin OSS RBA.

Karena OSS terintegrasi dengan server, Anda bisa mendaftarkan melalui situsnya langsung. Kunjungi situs oss.go.id untuk mendapatkan informasi pendaftaran usaha baru. Anda juga bisa lebih memahami apa itu OSS RBA dengan melihat aturannya secara langsung.

Perlu diingat bahwa izin usaha ini dibedakan dari tingkat risiko terjadinya cedera atau bahaya. Selain itu OSS juga dibedakan berdasarkan bentuk usahanya baik itu perorangan, usaha mikro kecil, menengah hingga besar sehingga setiap izinnya harus diperhatikan dengan seksama.

Membedakan OSS dengan Apa itu OSS RBA

Sistem OSS RBA merupakan alat terbaru yang digunakan untuk membantu UMKM agar dapat izin usaha secara lebih mudah. Hal ini berbeda dengan versi lama OSS 1.1 yang menggunakan standar risiko dan skala usaha. Oleh sebab itu, aturan keduanya berbeda satu sama lain.

OSS tidak memiliki standar perizinan yang ditetapkan oleh lembaga terkait. Meskipun sistem OSS dikelola langsung oleh lembaga perizinan yang sama, namun tetap saja aturan berbeda. Di dalam penjelasan apa itu OSS RBA, sistem dikhususkan untuk beberapa sektor saja.

Untuk cara kerjanya, OSS tetap diintegrasikan untuk memberikan pelayanan ke setiap badan usaha. Tujuannya untuk menciptakan pelayanan yang cepat, terstruktur dan terintegrasi.  Sedangkan OSS dibuat untuk sektor yang lebih luas dan universal.

Dasar Hukum Perizinan Usaha dalam OSS RBA

Aturan yang mengatur Izin Cipta Kerja pada dasarnya ada di UU No 11 tahun 2020 dan dibuat lebih spesifik di dalam Izin Penyelenggaraan Usaha Berbasis Risiko PP No 5 tahun 2021. Anda perlu melihat pasal-pasal yang terkandung di dalamnya agar izin bisa mudah didapatkan.

Izin di dalam PP No 5/2021 meliputi aturan, norma, standar, perizinan OSS RBA, evaluasi, tata cara pengawasan, cara pendanaan hingga penyelesaian masalah. Penjelasan mengenai apa itu OSS RBA juga ada di dalam Pasal 1 mengenai ketentuan umum yang berisi 26 ayat.

Untuk mendapatkan izin usaha berbasis risiko, Anda harus memenuhi setiap persyaratan yang berlaku. Hal itu sudah dijelaskan dalam Pasal 4 hingga Pasal 6 bersamaan dengan sektor izin usahanya. Pelaku usaha bisa mengikuti setiap keterangan yang ada di dalam kandungannya.

Kapan OSS RBA Mulai Diberlakukan?

Berdasarkan dasar hukum yang berlaku, sistem OSS sudah digunakan sejak tahun 2018. Dari tahun 2018, setiap sistem pelayanan mulai terintegrasi dengan Internet. Diharapkan dengan adanya sistem OSS, tercipta sebuah sistem perizinan yang standarisasi birokrasinya sama.

Dengan sistem yang ada, terjadi perubahan pada pengelompokkan izin usaha. Di tahun 2021 tepatnya bulan Agustus, OSS RBA mulai digunakan agar sistemnya lebih rapi dan terstruktur. Setiap aturan apa itu OSS RBA mulai diberlakukan pada tahun 2021 hingga sekarang.

Pada saat itu, Presiden yang didampingi oleh Menteri Investasi dan Menteri Keuangan mulai mengaktifkan sistem OSS Berbasis Risiko. Dengan sistem yang ada, semua izin usaha mulai terstruktur rapi karena kategorinya dipisahkan dari potensi dan skala usahanya.

Izin yang Menggunakan OSS RBA

Perizinan OSS RBA dibagi ke dalam beberapa sektor yang memiliki potensi risiko. Berdasarkan data apa itu OSS RBA ada 16 total sektor yang perlu menggunakan izin OSS RBA. Berikut ini beberapa badan usaha yang memerlukan izin bersamaan dengan sub bagiannya.

Sektor Kelautan dan Perikanan

Sektor pertama yang membutuhkan izin usaha berbasis risiko adalah Kelautan Perikanan. Sub bagan yang memerlukan izin di antaranya pengelolaan ruang laut, penangkapan ikan, pengangkutan ikan, pembudidayaan ikan, pengolahan ikan dan pemasaran ikan.

Sektor Pertanian

Sektor kedua ada pertanian yang membutuhkan izin di bagian perkebunan, hortikultura, tanaman pangan, peternakan, ketahanan pangan sarana pertanian dan kesehatan hewan. Sektornya juga mencakup budidaya, pengelolaan, program UMKM serta produksi benih.

Sektor Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Ketiga ada sektor lingkungan hidup dan kehutanan yang mencakup beberapa bagian. Di antara apa itu OSS RBA adalah pemanfaatan hutan, pengelolaan limbah, air limbah, jasa lingkungan konservasi, pemanfaatan tumbuhan, satwa liar serta pembenihan.

Sektor Energi dan Sumber Daya Mineral

Di bagian keempat ada sektor energi dan sumber daya mineral. Sub bagan yang butuh izin operasional di antaranya minyak, gas bumi, tenaga listrik, mineral, batubara, energi baru serta konservasi. Semua itu membutuhkan izin karena potensi resikonya besar.

Sektor Tenaga Nuklir

Dengan memahami PP No 5/2021, Anda bisa mendapatkan izin usaha sektor berat. Salah satu sektor yang bisa disetujui oleh OSS RBA adalah tenaga nuklir. Izinnya mencakup pemanfaatan sumber radiasi, instalasi nuklir, pertambangan dan pendukung sektor.

Sektor Perindustrian

Berdasarkan aturan dan penjelasan apa itu OSS RBA, bagian yang membutuhkan izin di antaranya penyelenggaraan industri bahan baku dan sumber daya manusia di kawasan industri. Baik itu industri kecil, menengah, besar serta UMKM, semuanya ada disini.

Sektor Perdagangan

Untuk membantu pengelolaan sektor perdagangan, ada beberapa izin yang perlu diatur. Izin perdagangan dalam negeri, pengembangan ekspor nasional serta perdagangan jangka komoditi harus dipersiapkan agar pelaksanaannya sesuai aturan PP No 5/2021/

Sektor Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Bagian yang memerlukan izin adalah jasa konstruksi, sumber daya air, bina marga, jasa konsultansi, pekerjaan konstruksi dan integrasi lainnya. Setiap sertifikasi, laporan dan data yang dicatat harus sesuai dengan ketetapan awal agar penerapannya lebih terstruktur.

Sektor Transportasi

Untuk transportasi, bagian yang harus diawasi di antaranya transportasi darat, laut, udara dan perkeretaapian. Setiap sektor memiliki peraturannya masing-masing sehingga Anda harus memastikannya terlebih dahulu di dalam pasal 116 PP No 5/2021.

Sektor Kesehatan Obat dan Makanan

Berdasarkan apa itu OSS RBA dan peraturan PP, kesehatan juga perlu peninjauan lebih dalam. Pelayanan kesehatan memiliki sistem yang harus diikuti di dalam OSS RBA. Hal ini juga mengikuti aturan menteri kesehatan agar pelaksanaannya baik dan benar.

Sektor Pendidikan dan Kebudayaan

Dalam sektor ini, ada beberapa bagian yang menjadi poin utama. Anda bisa mendapatkan informasi lebih dengan melihat pasal 134 hingga pasal 138 PP No 5/2021. Kebudayaan dan pendidikan jadi salah satu sektor karena pengembangannya harus sesuai aturan.

Sektor Pariwisata

Di bagian sektor pariwisata ada beberapa bagian yang perlu diketahui di antaranya daya tarik wisata, kawasan pariwisata, jasa transportasi, jasa perjalanan, jasa makanan, sektor akomodasi, penyelenggaraan kegiatan, informasi pariwisata, wisata tirta serta spa.

Sektor Keagamaan

Sektor ini mencakup ibadah haji, perjalanan ibadah umrah, ke tempat ziarah, ibadah di kawasan sakral dan ketentuan lainnya. Anda harus mendapatkan peninjauan lebih agar pelaksanaannya sesuai aturan yang berlaku.

Sektor Pos, Telekomunikasi, Penyiaran dan Transaksi Elektronik

Pada bagian ini keempat sektor komunikasi harus mendapat izin OSS RBA. Mengikuti data di dalam aturan apa itu OSS RBA, Anda perlu mendapatkan izin yang sesuai. Tujuannya agar siaran tidak melenceng dan sesuai norma yang berlaku pada Undang-Undang.

Sektor Pertahanan dan Keamanan

Beberapa sub bagan yang harus ditinjau adalah badan usaha keamanan baik itu swasta atau negeri. Aturan yang berlaku mencakup norma dan cara beroperasi di dalamnya. Hal ini digunakan untuk menghindari kesalahpahaman antar badan keamanan.

Sektor Ketenagakerjaan

Terakhir ada sektor ketenagakerjaan yang mencakup seluruh bagian dalam pekerjaan. Di antaranya seperti pelatihan, aturan, aktivitas, sumber daya, jasa sertifikasi, pengujian lab, inspeksi periodik. Cakupannya untuk lembaga pemerintahan, perusahaan dan swasta.

Tahapan Permohonan Izin OSS RBA

Untuk mendapatkan izin usaha berbasis risiko, Anda perlu mengunjungi situs OSS RBA lebih dulu. Syaratnya mudah seperti NIK, bidang usaha, nilai investasi dan data-data usaha lainnya.

Setelah itu sistem OSS akan mengeluarkan nomor induk berusaha (NIB). Setiap lembaga yang berwenang untuk memberikan izin akan mengecek data-data Anda terlebih dahulu.

Dengan memahami apa itu OSS RBA, Anda bisa lebih dulu mempersiapkan data yang diperlukan. Sistem OSS RBA akan melakukan verifikasi data dalam jangka waktu tertentu.

Ada 3 status di bagian perizinan yang harus diketahui di antaranya setuju, kurang lengkap dan tidak disetujui. Jika status kurang lengkap, Anda perlu melengkapi data-data yang dibutuhkan.

Jika statusnya tidak disetujui, maka usaha Anda masih belum layak mendapatkan perizinan. Cara mengatasinya adalah dengan mendatangi kantor perindustrian dan perdagangan untuk mengecek setiap dokumen yang akan digunakan sesuai pedoman apa itu OSS RBA.

Fakta Menarik OSS RBA yang Perlu Diketahui

Dengan ketentuan yang terstruktur, ternyata OSS RBA juga memiliki beberapa fakta menarik. Anda bisa lebih tahu bagaimana aturan ini tercipta dan berjalan dari fakta yang ada. Berikut ada 4 fakta yang mendasari aturan OSS RBA sebagai syarat izin usaha berisiko.

Menyesuaikan UU Cipta Kerja No 11 Tahun 2020

Ya, pada dasarnya aturan ini tercipta karena menyesuaikan UU Cipta Kerja. Dari beberapa pasal yang ada di dalamnya, PP No 5/2021 membuat aturan jadi lebih spesifik. Informasi mengenai apa itu OSS RBA juga sudah dijelaskan secara rinci di dalam UU Cipta Kerja.

Berbasis pada Risiko

Berdasarkan aturan yang berlaku, OSS RBA menggunakan risiko sebagai acuan utamanya. Risiko terjadinya masalah, cedera, bencana alam hingga lingkungan jadi poin terpenting. Dengan mengacu pada risikonya, golongan OSS RBA bisa terbentuk dan terstruktur.

Diklaim Lebih User Friendly

Dengan memahami aturan OSS RBA, Anda bisa tahu bahwa aturan sangat User Friendly. Alasannya karena menggunakan sistem berbasis Online sehingga lebih efektif. Daftar dan surat izinnya juga bisa dilakukan secara Online melalui situs oss.go.id.

Pengoperasiannya Sempat Terlambat

Publikasi atau perilisan sistem OSS RBA faktanya juga mengalami keterlambatan. Hal ini disebabkan oleh proses input data yang berjalan lambat. Oleh sebab itu, perilisannya di undur dan sampai sekarang sistemnya masih sering diperbaiki agar lebih sempurna.

Pihak yang Berhak Memohon Izin OSS RBA

Berdasarkan informasi apa itu OSS RBA, ada 4 pihak yang dapat mengajukan permohonan izin usaha berbasis risiko. Keempat pihak itu di antaranya perseorangan, badan usaha, kantor perwakilan dan badan usaha luar negeri yang bisa dijelaskan dalam poin berikut ini.

Perseorangan atau pelaku usaha perorangan

Anda sebagai pelaku usaha perorangan bisa bertindak dan melakukan kegiatan penanaman modal dalam negeri (PMDN) mengikuti aturan yang berlaku.

Badan Usaha

Badan usaha yang berbadan hukum atau tidak, bisa melakukan pengajuan perizinan. Jika Anda paham apa itu OSS RBA, aturan perizinan dijelaskan di Pasal 170 PP No 5/2021.

Kantor perwakilan

KPPA, KP3A dan BUJKA cakupannya bisa perorangan WNI atau WNA menyesuaikan aturan yang berlaku. Anda harus ikuti ketentuannya agar tidak salah dalam buat perizinan.

Badan usaha luar negeri

Badan yang berdiri di luar wilayah Indonesia dapat mengajukan izin. Kegiatan usaha yang diizinkan di antaranya PSE lingkup privat asing, pemberi waralaba luar negeri, pedagang berjangka asing hingga bentuk usaha di sektor minyak dan gas.

Cara Mendapatkan Hak Akses OSS RBA

Untuk mendapatkan akses, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu ke oss.go.id. Data yang harus diisi meliputi nama usaha, persetujuan lingkungan, persetujuan bangunan, data investasi dan kegiatan usaha untuk mendapatkan nomor induk berusaha.

Setelah mendapatkan aksesnya, Anda bisa login menggunakan ID dan Password yang sudah dibuat. Pendaftaran akun jadi semakin mudah dilakukan jika Anda memahami apa itu OSS RBA. Selain itu, informasi pendaftaran juga jadi lebih cepat dan efisien.

OSS RBA dan Dokumen Lama OSS

Beberapa pelaku usaha sempat bertanya apakah data lama OSS masih berlaku jika daftar lagi di OSS RBA. Jawaban dari pertanyaan adalah masih, karena data terintegrasi dengan server utama. Perbedaannya hanya di bagian sistem penggolongan potensi risiko pekerjaan.

Jika badan usaha memiliki risiko, maka pendaftarannya harus dilakukan di sistem OSS RBA. Tapi jika tidak memiliki risiko, Anda bisa menggunakan sistem OSS lama. Selama dokumen itu bisa digunakan untuk izin usaha, maka wajib melakukan pendaftaran ke sistem OSS.

Kelebihan OSS RBA

Jika dilihat dari sistem yang digunakan, ada beberapa kelebihan menggunakan OSS RBA. Mulai dari sistem yang terhubung ke jaringan internet. Dengan sistem yang ada, pendaftaran OSS RBA jadi lebih mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja.

Selain itu proses pendaftarannya juga lebih cepat karena hanya butuh input data saja. Untuk izin yang sudah diperoleh, Anda bisa menjalankan usaha seperti biasanya. Tujuan utama dari penggunaan OSS RBA adalah membuat sistem yang lebih terstruktur.

Perizinan pelaku usaha untuk mendirikan badan berbasis risiko juga lebih akurat. Informasi apa itu OSS RBA sangat membantu proses modernisasi di sektor perizinan. Semua aktivitas jadi lebih modern dan bisa dilakukan dengan alat digital.

Kelemahan OSS RBA

Untuk kelemahannya, orang awam jadi tidak tahu bagaimana proses pendaftaran. Baik dari input data, kelengkapan formulir, cara menggunakan dokumen elektronik hingga cara daftar OSS RBA. Input butuh file berbentuk pdf dari berkas yang sudah di scan.

Selain itu kelemahan OSS RBA juga terletak di proses verifikasi yang bisa lama. Pelaku usaha perlu menunggu data keluar untuk mendapatkan berkasnya. Jika data tidak lengkap, Anda masih harus mendatangi kantor perindustrian untuk mendapatkan kelengkapannya.

OSS RBA memang dibuat untuk mempermudah pelaku usaha mendapatkan perizinan. Tapi tetap saja, setiap peraturan pasti memiliki kelebihan dan kelemahannya. Dengan memahami Apa itu OSS RBA, Anda bisa mendapat penjelasan dari informasi yang ada.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.