Agio saham adalah istilah yang memang asing oleh semua orang terutama bagi para investor. Bahkan, nama tersebut masih terdengar asing dan belum familiar sama sekali, hal itu wajar saja.

Tetapi, bukan berarti Anda diam begitu saja karena mengetahuinya sangat penting. Harus diakui bahwa memahaminya sangat sulit, maka dari itu setiap calon investor sebelum terjun kesana harus tahu terlebih dulu.

Definisi Agio Saham

Menurut pengertiannya Agio saham adalah selisih dari setoran antara pemegang saham dari salah satu nilai nominal tersebut. Bisa juga dikenal sebagai kekayaan bersih dari sebuah perusahaan.

Untuk menentukan angka tersebut dari selisih antara harga jual serta beli dari sebuah saham. Biasanya istilah ini akan muncul ketika perusahaan baru pertama kali menerbitkan surat kepemilikan pada tahap penawaran.

Pihak industri biasanya sudah memberikan target tersendiri, hanya saja investor membelinya melebihi penetapan harganya. Kelebihan itu menjadi pendapatan serta kekayaan bersih sebuah perusahaan dalam menghasilkan tambahan pendapatan.

Menariknya lagi, mereka tidak perlu menambahkan jaminan sebagai bagian dari imbalan. Harus diakui bahwa, teknik tersebut sering dilakukan dan bisa dikatakan cukup berhasil sehingga mampu mempunyai modal cadangan.

Manfaat Agio Saham

Jika ingin memahami konsep ini secara keseluruhan maka, cobalah lihat dulu bagaimana manfaatnya. Dari sini Anda dapat mengetahui dengan jelas dan bisa menerapkannya langsung ketika memutuskan terjun ke bursa.

Dari sini para pengguna akan paham mengenai Agio saham adalah sebuah metode yang mampu memberikan keuntungan besar bagi sebuah perusahaan, apa saja itu? Coba lihat penjelasannya di bawah ini.

1. Memberikan Lapisan Pertahanan Terhadap Potensi Kerugian

Kerugian memang menjadi poin utama yang harus dihindari ole setiap perusahaan. Boleh terjadi asalkan jangan berlarut atau angkanya besar. Bila defisit telah terlihat, Anda harus punya beribu macam cara.

Intinya adalah kekurangan itu harus tertutup, bila dilihat dari pengertian Agio saham adalah bisa disimpulkan bahwa, metode tersebut mampu memberikan efek luar biasa yaitu menutup kerugian.

Walau langkah tersebut hanya bersifat sementara saja, kecuali kalau terjadi hal tidak diinginkan, misalnya ada gempa atau bencana lain. Maka, kerugian itu harus ditutup bila menggunakan penjualan pasti mengganggu siklusnya.

Maka, metode ini bisa dijadikan sebagai cara atau langkah pasti agar proses recovery dapat segera dilakukan dan keuangan kembali normal dalam waktu singkat. Bagaimana sudah tertarik memakainya?

2. Tidak Perlu Menaikkan Biaya Tetap Perusahaan

Pengertian lain dari Agio saham adalah keuntungan tambahan dari sebuah industri yang dapat dimanfaatkan dalam keadaan mendesak. Salah satu contohnya adalah biaya tetap adalah gaji atau sewa tempat.

Biasanya setiap usaha akan menentukannya sebagai pengeluaran wajib setiap bulan. Hadirnya konsep ini memberikan keleluasaan bagi para pengusahanya untuk untuk tidak menaikkannya sehingga, bisa digunakan untuk laiinya.

Kebijakan kenaikan ini terkadang perlu, sebagai salah satu upaya mengurangi pengeluaran tetap. Dengan hadirnya pendapatan tambahan ini, alokasinya bisa digunakan untuk menutup berbagai keperluan agar keuangan tetap terjaga.

Pentingnya menjaga siklus keuangan agar tetap seimbang membuat perusahaan bisa mengembangkan berbagai macam strategi. Biasanya, mereka akan melakukannya pada awal tahun dan tahap evaluasi di akhir.

3. Tidak Perlu Melakukan Pembayaran Kepada Investor

Memahami menurut pengertian Agio saham adalah memberikan keleluasaan kepada pengusaha untuk menjaga sendiri uangnya. Karena, tidak termasuk dari kesepakatan yang sudah ditetapkan sejak awal jadi kewajiban itu gugur.

Kecuali, dengan nominal yang sudah masuk ke dalam bursa. Setiap industri diwajibkan untuk membayarnya, harus diakui memberikan hak kepada investor memang cukup besar di momen tertentu terkadang memberatkan.

4. Investor Tidak Memiliki Klaim Atas Aset Perusahaan

Memahami definisi dari Agio saham adalah para investor tidak mempunyai klaim atas aset tersebut. Hanya bukan sepenuhnya, artinya setiap pembeli surat kepemilikan saham ini hanya berhak klaim sesua angka.

Jika membeli 10% maka, mereka juga mendapatkan suara sebesar pembelian tersebut. Walau hasil pembayarannya sendiri kalau dihitung ternyata lebih, maka kelebihan itu bukan jadi hak maka sulit diperdebatkan secara hukum.

5. Perusahaan Bebas Menggunakan Dana Yang Dihasilkan

Harus diakui bahwa dana yang ada ini terkadang mempunyai angka cukup besar. Menariknya, setiap pengusaha diperbolehkan memakainya untuk keperluan kantor. Bebas mau digunakan apa saja tanpa ada hambatan.

Dari pernyataan tersebut maka pengertian dari Agio saham adalah dapat dipahami sebagai sebuah uang cadangan yang didapatkan dari penjualan saham tersebut. Dimana penggunaannya sendiri tidak terbatas.

Misalnya saja, mendapatkan uang sebesar Rp1 milyar maka, dana tersebut dapat digunakan seluruhnya. Bahkan untuk proses pengembangan hingga penutupan defisit bisa, sesuai dengan kebijakan jajaran direksi keuangan.

Jenis Jenis Agio Saham

Setelah memahami bagaimana manfaatnya, agar lebih memahami pengertian Agio saham adalah mengerti terlebih dulu bagaimana jenisnya. Karena, satu dengan lainnya mempunyai kelebihan serta kekurangan masing-masing.

Agar mudah memahami dan semakin mengerti mengenai agio saham, maka Anda harus melihat bagaimana penjelasan dari setiap jenisnya. Dengan begini, para pengusaha bisa mudah menerapkannya ke kebijakan selanjutnya.

1. Agio Saham Biasa

Pada dasarnya jenis ini sendiri hampir sama seperti pada pengertian diatas. Dimana ada selisih harga dari nominal sebenarnya dengan angka secara nyata. Misalnya saja, sebuah perusahaan menjualnya d angka Rp10ribu.

Dimana pada prosesnya, industri ini mendapatkan harganya melebihi nominal sekitar Rp20 ribu. Maka terjadi selisih sebesar Rp10 ribu, nah angka tersebut merupakan pengertian dari Agio saham adalah selisih harga jual.

Teknik ini sering sekali dilakukan oleh banyak kantor, sehingga peluangnya mendapatkan keuntungan sangat tinggi. Hanya saja, penggunaannya sendiri sering dilakukan oleh perusahaan perintis jadi, belum punya pengalaman berarti.

Karena, melakukan sistem ini justru memberikan kestabilan terhadap keuangan. Apalagi, para perintis seperti ini belum stabil masih ada dana tidak terduga dan sering terjadi, baik itu defisit atau surplus.

2. Agio Biasa

Agio saham adalah juga bisa didefinisikan sebagai buyback stock, artinya setelah perusahaan tersebut menjual kembali surat kepemilikan itu mereka akan membelinya kembali  Hanya saja, saat pembelian itu nilainya harus tinggi.

Bila kondisinya tidak ada kenaikan atau hanya sedikit saja, maka sulit disebut dengan agio biasa atau juga treasurry. Maka, dari itu untuk melakukan teknik ini harus paham dulu bagaimana analisanya.

3. Agio Saham Bebas Pajak

Agio saham adalah sebuah metode yang muncul dimana selisih pasar dengan nilai nominalnya bukan menjadi bagian dari objek pajak. Kondisi ini tertuang dalam sebuah undang-undang, dimana agio saham tidak termasuk.

Perlu dipahami salah satu yang menjadi objeknya adalah deviden. Sementara, dalam metode ini bisa diibaratkan sebagai sebuah bonus saja, maka menurut bunyi undang-undang bukan termasuk dari produk pajak.

4. Disagio Saham

Perlu dipahami bahwa jenis ini sendiri sebenarnya merupakan kebalikan dari pengertian Agio saham adalah jadi, selisihnya bukan plus melainkan minus. Apakah kondisi tersebut dapat dilakukan? Jawabannya adalah bisa.

Untuk pengertiannya lebih lanjut coba lihat dulu bagaimana definisinya di bawah ini. Hal ini menjadi poin penting agar tidak salah persepsi dan taktik dalam menjalankan perusahaan kedepannya.

Apa Itu Disagio Saham?

Agio saham adalah selisih harga nominal dengan jual lebih tinggi, kalau disagio adalah kebalikannya. Jadi, angka tersebut mengalami penurunan. Keadaan ini memang harus dilakukan oleh setiap industri.

Terutama saat mereka sedang mengalami kerugian cukup besar,kondisi ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi terbaik setidaknya untuk menyelamatkan keadaan perusahaan, sehingga dapat menutup defisit dulu.

Harus diakui langkah tersebut sebenarnya membuatnya rugi. Sayangnya, dalam keadaan ini perusahaan justru mendapatkan sedikit angin segar, karena mereka mendapatkan uang terlebih dulu untuk menutup kekurangan.

Jadi, mereka dapat melakukan apa saja, pada intinya investor menyukainya. Tetapi, dalam melakukan teknik ini jangan sembarangan. Karena, mereka akan paham kalau keuangan Anda sedang bermasalah.

Melakukan disagio seperti ini terkadang memiliki risiko sangat tinggi, terkadang para pemberi modal sulit untuk memberikan uangnya. Mereka berpikir apakah keuntungan bisa didapatkan atau justru mengalami kerugian mendalam.

Maka, Anda harus paham dan pintar dalam melakukan negosiasi. Maka dari itu, untuk melakukan teknik ini persiapkan dulu semua kebutuhannya termasuk dokumen penting yang membuat mereka bersedia membeli.

Tanpa dokumen penting ini, belum tentu para investor mau menggelontorkan uang mereka. Selain surat bukti keberhasilan harus ada pula contoh konkret mengenai perbaikan sehingga, setelah penjualan terjadi angkanya akan berubah.

Tidak perlu menjadi plus terlebih dulu, minimal setara dan tidak merugi selama beberapa bulan kedepan. Tetapi, kalau memang mampu membuktikan keuntungan walau hanya Rp100 itu jauh lebih baik.

Proses Terjadinya Agio Saham

Dalam memahami pengertian dari Agio saham adalah Anda harus mengerti dulu bagaimana proses terjadinya. Dimana, semua harus berawal dari bawah dulu kemudian, berjalan hingga industri tersebut akhirnya masuk ke bursa.

Agar lebih paham dengan maksud di atas, di bawah ini ada ilustrasi hingga pembahasan lengkapnya seperti apa. Pahami dengan baik agar semua tahapannya dapat dikerjakan mudah tanpa kendala sama sekali.

1. Tahap Pembentukan Perusahaan

Poin pertama merupakan tahap pembentukan dari sebuah perusahaan. Dimana agio saham adalah akan berjalan saat semua orang di industri itu berkumpul dan mengumpulkan modal hingga Rp100 juta.

Kalau dilihat ternyata kebutuhannya sendiri bisa mencapai Rp300 juta. Lalu, pada saat ke notaris mereka memberikan penyertaan modalnya masing-masing Rp20 juta. Dalam akta notaris akhirnya tertulis uang awal serta kekurangannya.

Biasanya, notaris akan menyusunya dalam bentuk tabel. Dimana dalam surat tersebut ada tercatat berapa total penyertaan modal yang sengaja di tahan. Tahap pembentukan memang cukup rumit apalagi berhubungan dengan modal.

2. Setelah Berjalan Selama 3 Tahun

Perkembangan dalam memasuki tahap Agio saham adalah 3 tahun. Dimana, mereka masih tetap berdiri dan produksi walau dengan berbagai macam cara. Dalam perkembangannya ternyata keuntungannya melimpah.

Secara konstan omzet setiap tahun bertambah hingga akhirnya berada di titik Rp50 juta. Hanya saja, uang itu tidak dapat dikeluarkan semua karena, nilai ekuitasnya sendiri masih berada di Rp180 juta.

Artinya industri tersebut harus berabar menunggu agar semua ekuitasnya bisa terpenuhi dulu. Baru mereka mampu menikmati bagaimana rasanya mendapatkan keuntungan besar setiap bulannya.

Perjalanan ini masih akan terpantau, apalagi para investor untuk tiga atau lima tahun menurut mereka masih terlalu muda. Maka, kemungkinan pembelian bila harus dilepas tanpa ada perhitungan maka hasilnya sia-sia.

Inilah alasannya mengapa setiap industri harus mampu mengembangkan diri agar proses yang berlangsung cepat. Setelah semua beres dan akhirnya dalam kurun 3 tahun mampu melonjak tajam, maka penghasilan juga mengikuti.

Setelah itu baru para pengusaha akan memikirkan tahapan selanjutnya yang biasanya disebut dengan istilah ekspansi. Hanya saja, sebelum memutuskannya semua pemilik wajib rapat terlebih dulu agar mendapatkan hasil.

3. Tahap Ekspansi Perusahaan

Terakhir adalah pengertian Agio saham adalah melakukan tahap terakhir yaitu ekspansi. Biasanya, mereka akan mengeluarkan penyertaan modal yang masih ditahan tersebut. Hingga akhirnya harganya menjadi Rp10 ribu.

Ketika pada tahap awal, nominalnya sendiri sebenarnya Rp4 ribu. Maka ada selisih bukan dari nominalnya hingga harga yang aslinya, angka Rp6 ribu tersebut disebut sebagai agio saham dan prosesnya.

Harus diakui bahwa, seluruhnya memang sulit dari awal hingga akhir setiap pengusaha harus tahu dulu bagaimana perhitungan hingga syarat dan ketentuan berlaku. Agar dapat dipelajari sendiri di rumah.

Setelah itu lakukan perencanaan dan terima hasilnya setelah 5 tahun kedepan. Jadi, hasilnya sendiri bisa dinikmati dan melimpah. Karena, kalau dibawah itu mungkin angkanya sendiri bisa kurang dari angka sekian.

Perlu diketahui teknik ini tergolong cukup aman, jadi ada wajarnya setiap perusahaan perintis mencoba teknik tersebut tanpa ada kata cela sama sekali. Poin utama agar langkah tersebut sukses adalah perencanaan.

Tahapnya jangan terlalu panjang cukup singkat saja. Dengan begini pengembangan pendapatan dari perusahaan bisa dilakukan tanpa harus takut akan terjadi hal yang tidak diinginkan, sehingga untuk menjadi besar tinggi.

Contoh Agio Saham

Agio saham adalah merupakan selisih dari nominal surat kepemilikan. Harus diakui definisi singkat tersebut memang sulit untuk dipahami, maka dari itu cobalah perhatikan dulu beberapa contohnya di bawah ini.

Harap perhatikan dengan benar agar Anda sendiri paham, siapa tahu ketika mendirikan perusahaan teknik agio dapat dilakukan. Walau selisihnya sedikit ketika pasar sudah percaya dan membeli hasilnya juga besar.

1. Contoh Agio Saham Yang Sederhana

Agio saham adalah dapat dipamahami dari cerita berikut. Industri kain baru pertama kali mendaftarkan diri ke bursa saham. Harga nominalnya sebenarnya Rp10 hanya saja, mereka menjual Rp15 per lembar.

Ternyata, ada investor membeli surat kepemilikan tersebut sebanyak 10 lot atau 5000 lembar. Maka perhitungannya adalah selisih angka diantara keduanya adalah Rp5. Maka keuntungannya menjadi demikian,

5000 lembar x Rp5 hasilnya adalah Rp25 ribu, angka terakhir ini yang disebut dengan Agio. Kalau selisih nominalnya sendiri ternyata bisa mencapai Rp1000 maka, dapat dihitung berapa keuntungannya bukan?

Kondisi ini merupakan contoh paling sederhana, hanya saja masih ada beberapa kasus terkadang cukup rumit. Maka, dari itu Anda harus memahaminya lagi dengan melihat permisalan seperti di bawah ini.

2. Contoh Agio Saham Yang Lain

Contoh lainnya seperti ini, industri tekstil menerbitkan surat kepemilikan ini dengan 1 lot di angka Rp10 ribu. Ternyata ada investor menawarnya diatas angka tersebut yaitu Rp15 ribu.

Dari kasus dapat disimpulkan keuntungan industri tekstil tersebut adalah Rp500 ribu untuk harga yang sebenarnya. Hanya saja, investor membayarnya di angka Rp750 ribu, maka sisanya disebut agio.

Maka sistem penulisannya menjadi seperti ini, Rp500 ribu adalah modal disetor. Kemudian, untuk Ro250 ribu ini merupakan modal tambahan dari investor, bagaimana sudah paham secara keseluruhan bukan?Harus diakui bahwa pendapat setiap perusahaan bisa datang dari mana saja, termasuk teknik diatas. Jika, tertarik maka harus paham dulu, Agio saham adalah penyertaan modal tambahan dari investor.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.