Kerja sama bisa dilakukan antara perorangan, kelompok, maupun perusahaan. Kebutuhan akan kerja sama dilakukan jika kedua pihak dapat mewujudkan visi misi yang dibangun bersama. Kerja sama yang baik, membutuhkan surat perjanjian tertulis sebagai surat resmi memiliki nilai hukum.

Surat perjanjian kerja sama biasanya memiliki tenggat di setiap surat kontrak yang dibuat, sehingga ketika habis masa berlaku surat kontrak, perlu membuat surat perpanjangan kontrak kerja sama. Hal ini diperlukan untuk mencegah kemungkinan buruk yang dapat merugikan salah satu pihak. Perpanjangan masa kontak biasanya dilakukan dalam jangka waktu 1 atau 5 tahun, tergantung pada kesepakatan kedua pihak dalam menentukan jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Khususnya dalam perpanjangan surat perjanjian kerja sama usaha, sangat penting dalam melakukan pembaruan yang nantinya akan ditulis dalam surat perpanjangan kontrak kerja sama. Hal ini dilakukan untuk menambah target usaha setelah target sebelumnya yang tertulis dalam surat perjanjian sudah tercapai. Kedua pihak boleh berunding kembali, jika ada narasi yang ingin ditulis dalam kontrak kerja sama yang baru.

Pentingnya surat perpanjangan kontrak kerja sama dalam dunia usaha adalah memberikan kesempatan lebih besar kepada salah satu pihak, dalam hal ini biasanya disebut sebagai pengembang atau penerima dana untuk mengembangkan usahanya.

Seperti halnya contoh kerja sama usaha yang dilakukan antara investor dan pengembang. Investor hanya memberikan modal dan berhak menerima sepersekian persen (sesuai deal kedua pihak) dan pengembang wajib melakukan pengembangan usaha agar mendapatkan keuntungan. Hal ini tertulis dengan jelas di dalam surat perjanjian kerja sama dan ditanda-tangani oleh kedua pihak di atas materai.

Berbeda hal jika surat perpanjangan kontrak kerja sama dilakukan di perusahaan. Dalam hal ini, sering kali karyawan mengirimkan surat permohonan perpanjangan kerja sama kepada perusahaannya. Dan perusahaan boleh menerima permohonan surat perpanjangan kontrak, atau menolaknya.

Biasanya perusahaan akan menerima permohonan perpanjangan, apabila karyawan yang bersangkutan menunjukkan kinerja yang bagus selama masa kontrak kerja sama sebelumnya. Namun, jika tidak menunjukkan kinerja yang baik biasanya perusahaan tidak melanjutkan kembali perpanjangan kontrak kerja sama dengan karyawan yang bersangkutan.

Selain itu, sebelum anda melakukan perpanjangan kontrak, anda bisa mengobrol terlebih dahulu kepada pihak yang bersangkutan dalam kontrak kerja. Apakah memungkinkan untuk anda melakukan perpanjangan kontrak kerja sama, atau memungkinkan jika anda ingin menambahkan beberapa hal dalam kontrak kerja sama yang baru. Tetapi perlu diingat dan dipertimbangkan juga di mana posisi anda, apakah memungkinkan untuk melakukan perubahan.

Jadi, sangat penting bukan dalam melakukan perpanjangan kontrak kerja sama? Terutama bagi anda yang memiliki posisi sebagai karyawan kontrak, tentu saja perpanjangan kontrak kerja sama adalah hal yang dapat menyelamatkan hidup anda.

Setidaknya menyelamatkan kondisi keuangan anda hingga masa kontrak selanjutnya berakhir. Jika anda orang-orang yang bergantung pada kontrak kerja sama, semoga anda dapat terus melakukan perpanjangan kontrak kerja sama ya.

Saat ini Anda dapat membuat dokumen dengan Mitra Advokat terkait Template Perjanjian Bisnis, terutama perihal Perjanjian Kemitraan. Dengan menggunakan Layanan All Template Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.