Bagi kalangan yang tidak pernah melakukan kegiatan pengadaan jasa atau barang, mungkin istilah mekanisme kontrak payung sangat asing. Namun sebenarnya istilah satu ini cukup penting dalam kegiatan bisnis di atas.

Tujuan utama pembuatan kontrak ini untuk kesepakatan sehingga tidak ada salah paham kedepannya. Sebab kontrak ini berisi mengenai kesepakatan pengadaan barang ataupun jasa yang tertuang diatas kontrak.

Apakah Anda sudah sedikit paham mengenai kontrak tersebut? Untuk lebih detailnya Anda bisa simak ulasan selengkapnya disini. Jadi secara definisi kontrak payung adalah perjanjian yang dibuat karena pengadaan barang atau jasa, nantinya akan ditetapkan harganya juga.

Syarat Khusus Mekanisme Kontrak Payung

Dalam kertas kontrak tersebut berisi mengenai kondisi dan syarat khusus. Tentu hal tersebut sudah disepakati bersama oleh kedua belah pihak terkait. Nantinya akan ada transaksi pada masa perjanjian berlaku.

Beberapa contoh kegiatan pengadaan jasa atau barang pada umumnya menggunakan mekanisme dalam kontrak payung, diantaranya sebagai berikut.

  1. Gas
  2. Heating
  3. Electric
  4. Financial service
  5. Fixed telepon
  6. Pc desktop
  7. Printer
  8. Servis
  9. Catering
  10. Furniture
  11. Dan masih banyak lagi

Pada kegiatan lelang jasa atau barang yang dijalankan lembaga pemerintah umumnya mengharuskan adanya kontrak ini karena beberapa hal seperti kebutuhan catalog dan sebaliknya. Pada kebutuhan yang tidak menggunakan catalog, contoh kontrak payung bisa berfungsi karena beberapa situasi.

Contohnya karena ada pengadaan jasa atau barang yang dijalankan oleh pemerintah daerah yang mendapatkan petunjuk untuk melakukan kontrak. Karena biasanya akan melayani kebutuhan dalam banyak hal selama setahun.

Pasti kita semua sudah tahu, beberapa jasa atau barang bisa dimasukan dalam kesepakatan kontrak. Memang benar, tidak semua pengadaan jasa atau barang menggunakan kontrak. Lalu apa syarat dan ketentuan bisa masuk kontrak ini? Berikut ulasan selengkapnya.

Namun sebelum memahami syarat serta ketentuan dalam kontrak payung, Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu contoh perjanjian pengadaan barang guna mendukung kegiatan pengadaan barang dalam bisnis Anda.

Dokumen di atas adalah contoh. Buat perjanjian yang spesifik untuk kebutuhan bisnis Anda, lebih mudah dan murah dengan template dari advokat berpengalaman.

Ketentuan yang Berlaku Dalam Melakukan Kontrak Payung

Jasa ataupun barang merupakan item yang didefinisikan secara mudah, sehingga transaksi pengadaan masuk kedalamnya. Nantinya dalam menyusun ketentuan dan syaratpun berjalan dengan simple. Permintaan mengenai jasa atau barang pada proses transaksi pertahunnya selalu ada.

Jasa atau barang pada proses transaksi pengadaan merupakan proses sederhana dan menjadi kesatun utuh. Jadi ketika ada penyusunan anggaran tidak menjadi satu dengan paket bersama kegiatan lainnya.

Terakhir, volume pemasaran dari jasa ataupun barang cukup bervariasi, sehingga di awal tahun biaya kebutuhan para penggunanya tidak terukur dengan baik. Para pengguna tidak bisa ditentukan pasti.

Pada proses kesepakatan dibidang konsultan, mekanisme kontrak payung sangat bermanfaat sebagai kerjasama para jasa pada beberapa periode tertentu. Tetapi memang durasinya tidak bisa berjalan secara pasti.

Kesepakatan jasa konsultan di pemerintah meliputi jasa pengasihan dari hukum, persiapan pada proyek karena sudah bekerjasama dengan pemerintah, sampai persiapan strategi nasional.

Kalian harus memahami bahwa jasa konsultasi yang bisa terikat kontrak merupakan konsultan yang memenuhi persyaratan dan ketentuan berlaku.

Tujuan dan Fungsi Penggunaan Kontrak Payung

Ketika sudah membaca beberapa informasi bisa diambil kesimpulan apabila kontrak ini merupakan kesepakatan yang tertulis oleh para pejabat dengan penyedia jasa maupun barang. Apabila diuraikan secara detailnya, fungsi dan tujuan pengunaan kontrak patung seperti berikut.

  1. Memperoleh cost reduction sebab adanya agregasi belanja
  2. Bisa menaikkan efektifitas dan efisiensi administrasi pengadaan serta prosesnya
  3. Menjamin tersedianya supply pada jasa atau barang tertentu yang bersifat mendesak

Standar proses pengadaan dan spesifikasi jasa atau barang yang dicantumkan pada kontrak sebagai berikut.

  1. Pengelolaan pengadaan memang lebih bermanfaat karena mempunyai sifat berulang atau volumenya rendah
  2. Tentu mendukung kebijakan dari pemerintah
  3. Sudah menyediakan kebutuhan untuk pemerintah demi meningkatkan kemampuan industri

Diatas ada beberapa fungsi dan tujuan kesepakatan kontrak, setiap transaksi pengadaan jasa atau barang. Bagaimana, sekarang tentunya Anda sudah memahami arti, fungsi, dan syarat pada kontrak tersebut bukan?

Anda harus memahami informasi terkait mengenai cara pembuatan surat kontrak dan perjanjian jenis lainnya. Cara membuat kontrak payung tidak sulit sama sekali apabila Anda sudah paham semua ketentuan dan syaratnya. Itu dia penjelasan tentang bagaimana mekanisme yang berlaku. Mekanisme kontrak payung memang harus dijalankan dengan benar, sehingga tidak ada kesalahan kedepannya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.