Contoh surat permohonan – Surat permohonan adalah salah satu surat resmi dimana isinya akan mengenai permintaan mengenai suatu hal kepada orang lain. Oleh karenanya ketika ingin membuat surat permohonan, Anda perlu membuatnya dengan format surat permohonan yang baik dan benar. Tujuannya agar maksud atau isi dari surat permohonan tersebut bisa tersampaikan dengan jelas.

Bisa dikatakan surat permohonan sendiri merupakan dokumen yang formal. Untuk itu, dari segi pembuatannya juga menggunakan beberapa ketentuan atau syarat-syarat khusus. Surat permohonan sendiri memiliki beberapa jenis jenis surat permohonan. Mulai dari surat permohonan magang, surat permohonan izin sakit, surat permohonan izin mendirikan bangunan dan beberapa surat permohonan yang lainnya.

Berikut adalah beberapa syarat yang bisa Anda ikuti ketika ingin membuat contoh surat permohonan.

Syarat Menulis Surat Permohonan

1.  Identitas

Pertama yang penting dalam membuat contoh surat permohonan adalah adanya identitas dari pembuatnya. Identitas dari pembuat atau pemohon dengan penerima harus ditulis dengan jelas dan lengkap. Tujuannya agar surat permohonan tersebut bisa diberikan pada penerima dengan tepat.

Selain itu, Anda juga perlu memastikan bahwa identitas yang ditulis tersebut sudah tepat sesuai dengan yang masih berlaku.

2.  Format Penulisan

Syarat untuk membuat contoh surat permohonan yang selanjutnya adalah format tulisan yang digunakan harus ditulis dengan benar. Format tersebut seperti menggunakan model huruf dan ukuran yang sesuai. Kemudian tulisan juga harus bisa dibaca dan dipahami dengan jelas sehingga tidak membingungkan pembaca.

Selain itu bahasa yang digunakan dalam pembuatan surat permohonan adalah bahasa yang baku dan formal. Hal ini karena penggunaan bahasa yang informal bisa menurunkan kredibilitasnya.

3.  Pengaturan tata letak

Pengaturan tata letak juga harus diperhatikan dalam membuat contoh surat permohonan karena bersifat formal. Tata letak yang dimaksud adalah seperti bagian surat yang berurutan, misalnya kepala surat, pembuka, identitas dan yang lainnya.

4.  Tujuan surat

Setiap surat permohonan akan menggunakan tujuan yang berbeda-beda. Jadi yang membedakan contoh surat permohonan dengan surat yang lainnya adalah dari tujuan suratnya.

Tujuan surat akan ditulis pada perihal surat dan dijelaskan lebih lanjut pada isi surat. Anda bisa menjelaskan apa saja bantuan yang Anda butuhkan dari penerima surat. Anda juga bisa menambahkan keuntungan yang bisa didapatkan oleh penerima surat jika bersedia membantu Anda.

5.  Tenggang Waktu

Syarat yang terakhir adalah adanya tenggang waktu. Tenggang waktu yang dimaksud adalah batas waktu penerima untuk memberikan balasan pada surat tersebut. Anda bisa menggunakan format hari, tanggal dan tahun. Dengan begitu, surat permohonan bisa segera diberikan jawaban.

Contoh Surat Permohonan

Ada beberapa contoh dari surat permohonan yang bisa Anda jadikan patokan ketika ingin membuat surat permohonan.

1. Surat Permohonan Mengisi Acara

2. Contoh Surat Permohonan Maaf

Baca Juga: Contoh Surat Perjanjian Beserta Ciri-Cirinya

Justika Siap Membantu Kebingungan Anda Mengenai Surat Permohonan

Justika sebagai platform Konsultasi Hukum secara online menyediakan beberapa layanan untuk membantu Anda menyelesaikan permasalahan seputar surat permohonan.

Layanan Konsultasi Chat

Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi hukum secara mudah dan dengan harga terjangkau. Kunjungi laman ini, lalu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan di kolom chat. Selanjutnya, lakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Selanjutnya, sistem secara otomatis akan mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

konsultasi-chat-masalah-surat permohonan

Layanan Konsultasi via Telepon

Fitur chat tidak mengakomodir kebutuhan Anda? Jangan khawatir sebab Anda bisa memanfaatkan layanan konsultasi via telepon dari Justika. Melalui layanan ini, Anda dapat mengobrol dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 atau 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

konsultasi-via-telepon-surat permohonan

Layanan Konsultasi Tatap Muka

Anda pun dapat berdiskusi dan berkonsultasi secara langsung dengan para Mitra Advokat Justika lewat layanan Konsultasi Tatap Muka. Lama diskusi sekitar 2 jam (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.

contoh surat permohonan

Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.