Dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya setiap perusahaan wajib memiliki pedoman berupa kode etik perusahaan, untuk tetap menjaga dalam hal sistem nilai, etika kerja, etika bisnis serta norma-norma kepatuhan terhadap kebijakan dan ketentuan dalam perusahaan.

Berjalannya sebuah bisnis suatu perusahaan tidak hanya didasarkan pada nilai-nilai pribadi seorang karyawan yang bekerja dalam suatu perusahaan saja, akan tetapi dipengaruhi oleh anggota lain dalam perusahaan tersebut. Seperti manajer atas dan supervisor hingga rekan kerja lainnya. Oleh karena itu demi menjalankan aktivitas bisnis yang kondusiftentu harus memiliki pedoman seperti kode etik perusahaan

Bagaimana penjelasan mengenai kode etik perusahaan tersebut? Berikut akan kami ulas lebih lengkap mengenai kode etik perusahaan.

Apa itu Kode Etik Perusahaan?

Kode etik perusahaan dapat didefinisikan sebagai dokumen yang akan menjelaskan prinsip dan pedoman yang harus diikuti oleh semua karyawan dalam menjalankan aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan.

Prinsip dan perdoman tersebut meliputi seperangkat nila-nilai perusahaan, etika kerja, etika bisnis ataupun norma-norma terkait kepatuhan terhadap kebijakan dan ketentuan yang diberlakukan oleh perusahaan serta tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Baca Juga: Surat Perjanjian Kerja: Definisi, Jenis dan Cara Membuatnya

Kenapa Perusahaan Harus Memiliki Kode Etik Perusahaan?

Ada beberapa hal penting yang mewajibkan perusahaan memiliki kode etik, tidak hanya untuk kepentingan menjaga nilai-nilai atau tindakan setiap karyawan, akan tetapi ada beberapa hal seperti berikut:

1. Memperkuat Merek Perusahaan

Dengan memiliki kode etik sebuah perusahaan dapat menguatkan merek atau identitas perusahaan sebagai organisasi bisnis yang dapat menjalankan praktik bersih serta berintegritas.

Memiliki kode etik yang baik dan benar akan membuat perusahaan lebih mudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan dan menarik minat investor.

2. Membangun Minat dan Mempertahankan Karyawan

Perusahaan yang memiliki kode etik serta budaya kerja positif akan menjadikan sebuah perusahaan sebagai prioritas untuk kandidat karyawan hebat dan profesional dalam memilih tempat bekerja.

Sebagai contoh, jika perusahaan menjalankan praktik bisnis yang baik dengan memanusiakan manusia, memperhatikan kesejahteraan karyawan dan tidak melanggar atau mengurangi hak-hak pekerja merupakan salah satu manfaat kode etik perusahaan untuk karyawan.

Dengan hal lain, karyawan yang bekerja untuk suatu perusahaan ini akan menciptakan loyalitas terhadap perusahaan, turnover menurun dan motivasi kerja karyawan akan terus terjaga.

3. Menghindari Permasalahan Hukum

Terakhir, memiliki kode etik perusahaan dapat menjauhi perusahaan dari tindakan atau aktivitas bisnis yang jahat. Perusahaan akan menghindari pada tindakan seperti, pembajakan, manipulasi pajak serta kasus suap.

Siapa yang Berhak Menentukan Kode Etik Perusahaan?

Penentuan dan penerapan kode etik harus dilakukan oleh perusahaan dengan perumusan yang dilakukan oleh Direksi dan Dewan Komisaris berdasarkan nilai-nilai perusahaan. Serta mempertimbangkan dan memperhatikan terkait, pelayanan prima, integritas, reliabilitas, aksesibilitas serta prinsip-prinsip moral yang berkambang dalam perusahaan untuk merealisasikan visi dan misinya.

Baca Juga: Hak dan Kewajiban Perusahaan Pada Karyawan Yang Perlu Dipenuhi

Cara Membuat Kode Etik Perusahaan

Membuat kode etik perusahaan tidak dapat dilakukan sembarang, harus memenuhi unsur dan praktik yang telah dilakukan perusahaan. Berikut beberapa hal penting dalam membuat kode etik perusahaan:

  • Mendapatkan dukungan dan masukan dari tim multidisiplin;
  • Menyertakan dengan jelas visi, misi dan nilai organisasi yang mencerminkan komitmen terhadap etika, kualitas dan integritas;
  • Jelaskan setiap tindakan dan perilaku yang diharapkan perusahaan dibandingkan menyertakan larangan;
  • Jelaskan harapan perusahaan terhadap individu yang mengutamakan integritas dan kejujuran selain patuh terhadap persyaratan hukum;
  • Memperhatikan risiko, praktik ketenagakerjaan, pengelolaan dengan pihak ketiga dan melindungi aset perusahaan;
  • Membuat kode etik yang mudah digunakan dan berlaku untuk semua individu;
  • Dibuat menggunakan bahasa yang sederhana, mudah dipahami dan ringkas; dan
  • Menjelaskan tentang prosedur penegakan dan disiplin.

Contoh Kode Etik Perusahaan

Setiap perusahaan memiliki kode etik yang berbeda-beda, sesuai dengan budaya dan bentuk organisasinya. Untuk referensi Anda berikut ini beberapa contoh kode etik perusahaan:

  • Budaya perusahaan
  • Konflik kepentingan
  • Kebijakan perusahaan
  • Aturan berbusana
  • Kebijakan pribadi
  • Tindakan disipliner
  • Pelecehan dan tindakan diskriminasi
  • Harapan kehadiran
  • Penggunaan ponsel pribadi saat berada di kantor

Layanan Pembuatan Kode Etik Perusahaan

Pembuatan kode etik harus benar-benar memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan nilai-nilai perusahaan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku tentunya. Sehingga dalam pembuatan kode etik perusahaan dapat melibatkan pihak lain yang kompeten dalam pembuatannya.

Ketika Anda akan membuat kode etik perusahaan, agar terhindar dari kesalahan dan hilangnya unsur penting yang harus tertera dalam kode etik, Anda dapat menggunakan layanan atau jasa pembuatan kode etik perusahaan yang terpercaya seperti Justika.

Mitra Advokat Justika siap membantu Anda dalam membuat dan mempersiapkan peraturan atau pedoman perusahaan untuk dijalankan oleh pekerja dan semua pihak yang terlibat di dalamnya. Layanan All template Justika dapat Anda gunakan dengan sangat mudah dan praktis dengan tidak mengesampingkan aspek hukum yang ada dalam pembuatan peraturan perusahaan. Ciptakan lingkungan kerja yang harmonis dengan peraturan perusahaan yang memiliki dasar hukum yang cukup kuat.