Jika memang berniat mengajukan pemulihan, maka Anda perlu mengetahui contoh surat permohonan rehabilitasi narkoba, agar dimudahkan. Hal tersebut merupakan langkah terbaik daripada harus menjalani hukuman penjara.

Proses pemulihan dibutuhkan untuk memperbaiki taraf hidup pengguna narkotika, yaitu mendapatkan kembali masa depan cerah. Selain terbebas dari jeratan narkotika, Anda bisa menjalani karir dengan sukses.

Bagaimana prosedur pengajuan permohonan rehabilitasi narkoba dan menjalani pemulihan, apakah biayanya ditanggung BPJS? BPJS tidak secara jelas menyebutkan akan menanggung biaya pemulihan, bahkan ide ini menjadi usulan di masa depan.

Pemerintah telah membuka kesempatan untuk masyarakat melakukan pemulihan secara gratis melalui berbagai fasilitas. Karena pada dasarnya semua orang mempunyai hak yang sama untuk menjalani pemulihan sampai terbebas.

Contoh Surat Permohonan Rehabilitasi Narkoba

Para pemohon perlu menyiapkan berbagai dokumen pendukung seperti Surat Permohonan Bermaterai ke BNN. Surat tersebut berisi identitas pemohon atau tersangka (bisa diwalikan), serta hubungan antara keduanya.

Sesuai aturan hukum rehabilitasi narkoba, pemohon harus menyertakan uraian kronologis kejadian serta pokok permasalahan penangkapan tersangka. Tidak lupa mencantumkan pas foto 4×6 dan fotocopy Surat Nikah apabila sudah berkeluarga.

Syarat lainnya yaitu melampirkan fotocopy Surat Izin Beracara dan surat kuasa apabila pemohon merupakan kuasa hukum atau pengacara yang mempunyai kuasa. Untuk pegawai, diperlukan surat keterangan dari tempat kerja.

Syarat rehabilitasi narkoba tidak kalah penting mencantumkan fotocopy surat penangkapan serta surat penahanan, surat keterangan dari pusat rehabilitasi apabila sedang menjalani terapi. Diperlukan surat rekomendasi jaksa penuntut umum atau penyidik.

Sertakan juga fotocopy Surat Permohonan Rehabilitasi kepada jaksa penuntut umum atau penyidik, dilengkapi surat pernyataan bermaterai. Hal tersebut dilakukan dengan menunjukkan keterangan penangkapan dan penahanan asli.

Dokumen akhir yang tidak kalah penting yaitu fotocopy KTP orang tua atau wali, tersangka, serta kuasa hukum. Selain itu juga perlu menyematkan fotocopy kartu keluarga, serta fotocopy izin dari pengacara.

Surat permohonan untuk rehabilitasi dibuat dengan ditujukan kepada jaksa penuntut umum, data atau identitas tersangka juga kuasa hukum. Tidak lupa menyertakan maksud serta tujuan mengajukannya.

Biaya rehabilitasi umumnya ditanggung oleh pemohon, namun besarnya tergantung pada hasil asesmen oleh perusahaan swasta. Sebenarnya tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis apabila mendapat bantuan dari pemerintah.

Berdasarkan hasil asesment, tim kemudian akan merekomendasikan berbagai program, fasilitas, serta kebutuhan penunjang pemulihan. Ketiga komponen tersebut merupakan penentu besarnya biaya apabila menggunakan jasa swasta.

Apa Upaya yang Bisa Dilakukan?

Setelah mengetahui contoh surat permohonan rehabilitasi narkoba, Anda juga harus mengetahui tentang bagaimana penanganan ketergantungan narkotika. Proses pemulihan harus dilakukan sesegera mungkin oleh psikiater atau ahli medis.

Namun upaya pemulihan bisa terkendala di tengah jalan akibat penolakan dari pecandu sendiri. Oleh karena itu, keluarga serta teman terdekat sangat berperan penting dalam mendukung keadaan mental pecandu.

Upaya yang dapat dilakukan meliputi pengobatan medis serta konseling. Proses pemberian obat tentu saja diawasi oleh dokter atau tenaga medis ahli, sedangkan pengobatan pasti menyesuaikan jenis dan golongan narkoba tertentu.

Pengguna morphin atau heroin akan diberikan terapi obat seperti methadone, yaitu jenis narkotika namun diberikan dengan dosis sesuai ketentuan. Hal ini dilakukan untuk mengurangi efek sakau (gejala berhenti obat).

Selain methadone, obat jenis lain dalam proses pemulihan adalah naltrexone, namun resikonya menimbulkan efek samping. Obat ini hanya diberikan pada pasien rawat jalan setelah melewati detoksifikasi.

Naltrexone mempunyai fungsi utama untuk menghalangi efek senang dan bahagia dari penggunaan narkotika. Obat ini juga meredakan keinginan untuk terus mengonsumsi (kecanduan) serta meredakan rasa sakit. Itulah beberapa contoh surat permohonan rehabilitasi narkoba.

Sedangkan konseling dilakukan setelah pengobatan, umumnya dikelola oleh seorang konselor untuk membantu pengguna mengenali masalah serta perilaku khusus. Masyarakat harus mengetahui cara melaporkan pengguna narkoba ke BNN agar mendapat penanganan. 

Konselor membantu jalannya program dari awal hingga akhir, meliputi cara memulai perilaku hidup sehat hingga strategi penanggulangan narkotika. Tingkatan kecanduan pengguna perlu diketahui secara mendalam oleh konselor.

Penanganan atau konseling membutuhkan lingkungan sosial terdekat serta dukungan moral dari keluarga. Peluang kembali kepada kehidupan normal tetap tinggi asalkan disertai dengan penanganan yang tepat.Pengguna bukanlah seorang kriminal, melainkan bisa dianggap sebagai korban dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Contoh surat permohonan rehabilitasi narkoba akan membantu Anda mengajukan proses pemulihan secepatnya.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.