Pembajakan memang bisa saja terjadi, oleh karena itu Anda perlu tahu mengenai cara menghindari pembajakan media sosial. Dalam artikel ini akan dibahas lebih lanjut mengenai upaya yang bisa Anda lakukan untuk menghindari pembajakan yang bisa terjadi via media sosial.

Cara Menghindari Pembajakan Media Sosial

1. Menggunakan password yang kuat

Cara menghindari pembajakan media sosial yang pertama bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan password yang kuat. Hal ini dikarenakan kebanyakan password yang lemah akan memungkinkan akun media sosial Anda menjadi lebih mudah untuk dibajak atau diretas orang lain. Selain itu akan lebih baik juga jika menggunakan password yang berbeda antara satu sosial media dengan akun yang lainnya.

2. Menggunakan akun email yang aman

Memastikan bahwa akun email Anda aman, selanjutnya yang bisa dilakukan adalah dengan memastikan akun email yang Anda gunakan untuk akun tersebut adalah akun yang aman. Akun email tersebut biasanya akan ditautkan secara langsung pada akun instagram, sehingga akan lebih baik jika Anda menggunakan email yang aman sebagai cara menghindari pembajakan media sosial.

Selain itu pastikan juga agar email yang Anda gunakan tersebut merupakan email yang sudah dilengkapi dengan otentikasi dua faktor dan juga enkripsi email guna melindungi dari peretas.

3. Mengaktifkan two factor authentication

Cara menghindari pembajakan media sosial yang selanjutnya adalah dengan menggunakan autentikasi dua faktor yang nantinya berguna untuk menambahkan lapisan pertahanan lagi dari peretas.

Cara kerjanya adalah pengguna harus menambahkan atau memverifikasi identitas menggunakan kode keamanan. Hal ini bisa Anda lakukan di Instagram dengan cara membuka bagian pengaturan, kemudian pilih keamanan dan pilih otentikasi dua faktor.

Selanjutnya Anda bisa memilih bagian memulai dan nantinya diberi pilihan antara authentication app dan text message.

4. Menghilangkan akses ke aplikasi pihak ketiga

Menghilangkan atau mencabut akses ke aplikasi pihak ketiga juga bisa digunakan sebagai cara menghindari pembajakan media sosial. Ada banyak aplikasi pihak ketiga yang juga meminta akses data ke instagram atau aplikasi lain. Untuk itu Anda perlu mempertimbangkan kembali kemungkinan adanya data yang dicuri atau disalahgunakan.

5. Menghapus akun yang tidak dikenal dalam daftar teman

Di instagram dengan jumlah followers yang banyak terkadang juga meningkatkan kemungkinan bahwa ada penguntitan dan yang lainnya. Untuk itu Anda bisa mencoba mengatur agar akun instagram tersebut menjadi privat.

Selanjutnya Anda bisa menghapus atau melakukan blokir pada orang yang tidak Anda kenal atau mencurigakan.

6. Jangan masuk ke sosial media menggunakan tautan lain

Jika Anda menerima link atau tautan untuk masuk ke akun sosial media dan diminta untuk mengisinya, maka hindari untuk mengisi hal tersebut. Hal ini untuk mencegah agar akun Anda tidak digunakan oleh orang lain melalui tautan tersebut.

Alasan Media Sosial Sering Dibajak

Seseorang yang membajak media sosial orang lain dengan sengaja sudah jelas bisa dikenai ancaman pidana peretas akun media sosial yang bisa dikenai pidana hukuman 8 tahun penjara. Untuk itu memang diperlukan langkah hukum jika sosial media dibajak ketika sudah merugikan Anda.

Namun hal ini kemudian menjadi pertanyaan mengenai bagaimana sebuah akun media sosial bisa diretas atau dibajak hingga apakah membajak media sosial orang lain dapat dipidana?

1. Kata sandi mudah ditebak

Kata sandi yang mudah untuk ditebak orang lain bisa menjadi salah satu penyebab mengapa akun media sosial Anda bisa dengan mudah diretas. Untuk itu, dalam cara menghindari pembajakan media sosial, akan lebih baik menggunakan kata sandi yang memang kuat dan tidak mudah ditebak oleh orang lain.

2. Login secara tidak resmi

Alasan yang selanjutnya adalah dikarenakan Anda login pada akun media sosial tersebut secara tidak resmi. Ada banyak web yang mengatasnamakan sosial media  yang meminta Anda untuk login melalui website tersebut.

3. Menggunakan sandi yang sama antar akun sosial media

Menggunakan kata sandi yang sama di berbagai media sosial biasanya dilakukan agar tidak lupa. Namun hal ini justru bisa memungkinkan akun sosial media Anda yang bisa dibajak atau disadap oleh orang lain.

Demikian adalah artikel mengenai cara menghindari pembajakan media sosial yang perlu Anda ketahui.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.