Cara membedakan nomor polisi kendaraan asli atau palsu penting untuk Anda ketahui. Apalagi saat ini sangat banyak sekali terjadi beberapa aspek yang tentunya bisa memberikan dampak yang cukup negative dalam kualitas lalu lintas atau juga proses jual beli.

Pelanggaran lalu lintas di Indonesia memang sangat terus menerus terjadi. Hal ini karena pelanggaran ini bisa memberikan banyak kemudahan kepada semua pelanggarannya, mulai terhindar dari pajak atau mungkin bisa terbebas dari jerat leasing.

Ada banyak sekali contoh dalam pelanggaran lalu lintas yang terjadi di Indonesia khususnya. Mulai dari pengguna bermotor yang belum mempunyai SIM, hingga tidak lengkapnya surat-surat resmi, hal inilah yang membuat pihak berwajib memberikan aturan yang cukup ketat.

Kualitas untuk bisa memberikan pengetatan dalam ranah ini secara tidak langsung memang cukup penting untuk dilakukan. Aturan hukum pemalsuan nomor polisi kendaraan diharapkan akan mampu memberikan rasa jera kepada semua oknum pelanggar tersebut.

Sebagai salah satu bentuk tata tertib lalu lintas dan disiplin administrasi maka secara tidak langsung aturan hukum ini dibentuk sedemikian rupa. Mulai dari adanya undang-undang KUHP hingga peraturan yang secara khusus dibuat untuk mengatur adanya lalu lintas.

Dua aspek aturan tersebut secara tidak langsung juga memiliki sanksi khusus. Semua sanksi pemalsuan nomor polisi kendaraan diatur dalam bentuk kurungan dari dua bulan hingga 6 tahun dengan besaran denda dari mulai lima ratus ribu rupiah hingga enam juta rupiah.

Secara tindak lanjut untuk menegakkan aturan tersebut berikut ini adalah beberapa cara yang umum digunakan untuk mengetahui perbedaan plat asli dan palsu.

Cara Membedakan Nomor Polisi Kendaraan Asli atau Palsu dengan Mudah 

Beberapa hal dibawah ini tentunya merupakan salah satu aspek untuk mengetahui apakah plat tersebut asli atau palsu yang bisa dilakukan dengan mudah dan tentunya secara langsung bisa dipraktikkan.

  1. Dikeluarkan Langsung Oleh Direktorat Lalu Lintas

Aspek pertama yang bisa membuat Anda paham bagaimana cara membedakan plat asli dan palsu ialah adanya nomor yang dikeluarkan langsung oleh pihak direktorat lalu lintas. Sehingga hal tersebut menandakan adanya nomor kendaraan resmi.

Umumnya jika tidak ada indikasi plat tersebut dikeluarkan oleh pihak direktorat lalu lintas langsung maka bisa dipastikan bahwa plat tersebut palsu. Aspek selanjutnya untuk melihat nomor sesuai direktorat lalu lintas ialah melalui STNK dan BPKB.

  1. Material Besi

Aspek selanjutnya yang bisa membuat Anda lebih paham mengenai perbedaan plat asli dan palsu ialah melalui material besi dari plat tersebut. Umumnya material yang ada dalam plat palsu tidak akan sesuai dengan besi dan seng yang khusus dari samsat.

Umumnya plat palsu memang tersedia banyak di jalanan, dan banyak jasa yang membuat plat tiruan tersebut dengan harga murah. Sehingga secara tidak langsung akan memberikan kualitas yang jauh lebih di bawah plat asli dengan material berkualitas.

  1. Perhatikan Posisi Angka dan Huruf

Aspek selanjutnya untuk bisa membedakan antara plat nomor berkendara asli dan palsu ialah posisi angka dan huruf. Ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan antara plat nomer asli dan palsu dan bisa dilihat dengan mudah melalui posisi angka dan huruf.

Aturan ukuran plat asli dan palsu berbeda dari segi jarak dan posisi. Biasanya untuk ukuran palsu posisi angka dan beberapa huruf dalam plat tersebut tidak presisi dan tentunya tidak rapi, berbeda dengan plat asli yang cenderung sangat presisi.

  1. Mengecek Secara Online

Aspek selanjutnya yang bisa menjadi salah satu indikasi bahwa plat tersebut asli dan palsu ialah dengan mengecek pemilik resminya. Saat ini sudah tersedia cek pemilik plat nomor kendaraan online yang bisa membantu Anda untuk mengidentifikasi mudah.

Jika antara online dan pihak yang memiliki plat tersebut tidak sesuai namanya maka bisa dipastikan plat tersebut telah dipalsukan dan tentunya sudah tidak resmi. Pertimbangan inilah yang membuat kualitas pengecekan menjadi semakin mudah dan terjangkau.

Dalam kepentingan untuk mengetahui keaslian dan keresmian kendaraan tersebut untuk segala kebutuhan. Semua aspek mengenai kriteria cara membedakan nomor polisi kendaraan asli atau palsu ini secara tidak langsung akan memberikan kemudahan bagi Anda.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.