Cara melaporkan orang tua penelantaran anak merupakan salah satu tindakan antisipasi jika Anda melihat kasus serupa. Hal ini dapat dijadikan juga sebagai pencegahan awal sebelum berdampak pada si kecil lebih buruk.

Definisi dari penelantaran sendiri tidak jauh dari perilaku menyimpang yang disebabkan oleh para dewasa. Dengan atau tanpa sengaja, keduanya sama menyebabkan trauma tersendiri.

Perlu diingatkan, cara melaporkan orang tua penelantaran anak ada, karena segala perbuatan ini masuk ke dalam bentuk kekerasan. Pertama karena si kecil mungkin saja mengalami gangguan pada psikis, kedua kesehatan fisiknya dapat menurun, ketiga dari tumbuh kembangnya terhambat.

Sebagai pengasuh sudah sejatinya menanamkan tanggung jawab merawat, melindungi, memberikan kasih sayang dan kebutuhan serta perasaan nyaman juga aman pada diri masing-masing.

Buah hati merupakan titipan Tuhan yang tidak ternilai harganya, ‘menelantarkan’ dan ‘merusak’ adalah tindakan tercela, baik dalam ranah hukum perlindungan manusia atau agama.

Faktor Pemicu Adanya Penelantaran Anak

Sebelum memasuki pembahasan topik intinya, Kami akan menyebutkan beberapa faktor pemicu adanya penelantaran. Demi mengantisipasi akan adanya kejadian serupa di kemudian hari, berikut beberapanya :

  1. Cara melaporkan orang tua jika terjadi penelantaran anak menjadi sangat penting, karena banyak juga yang memiliki gangguan kesehatan mental. Entah karena tekanan kehidupan sekitar, atau bisa jadi memang memiliki perubahan emosi.
  2. Ketidakmampuan secara ekonomi yang kerap menjadi permasalahan fatal bagi orang tua tidak dapat mengurus si kecil dengan baik. Sehingga tidak jarang dibiarkan saja hingga tidak diperhatikan.
  3. Adanya gangguan atau perbedaan tumbuh kembang si kecil yang membuat orang tua malu, atau merasa terbebani mengasuhnya. Seperti cacat, keterbelakangan mental atau hal lainnya.
  4. Latar belakang memilikinya, seperti hamil di luar nikah, kurangnya dukungan sosial dari sekitar dan keluarga, bahkan adanya kekerasan rumah tangga yang membuat orang tua tidak dapat mengurus dengan tepat.
  5. Bisa jadi juga cara tersebut perlu diketahui karena tidak setiap keluarga memiliki wanita kompeten, atau masih muda dan mudah terganggu emosionalnya.

Perlu diketahui jika segala perilaku ini akan selalu ada hukum yang menaungi. Sehingga segalanya bisa dihitung dalam ranah hukum. Bahkan pertanyaan, dapatkah pelaku penelantaran anak di penjara, sering dilontarkan.

Cara Melaporkan Orang Tua Penelantaran Anak Secara Hukum

Hukum menelantarkan anak sendiri sudah sangat jelas sesuai pasal dan ketentuan yang ada. Anda hanya harus tahu cara untuk melaporkan orang tua penelantaran anak secara tepat agar mempercepat segala prosesnya.

Tindakan menyimpang ini masuk ke dalam Pasal 13 ayat (1) huruf C, tentang Undang-Undang Perlindungan Anak. Berisikan mengenai kelalaian seorang wali, pengasuh atau orang tua dengan sengaja meski memiliki kewajiban.

Seperti halnya sering meninggalkannya sendiri, tidak memberikannya makan, tidak menjaga dari lingkungan sekitar, atau tidak menanamkan bekal pendidikan dan wawasan untuknya ke depan sedangkan mampu.

Cara melaporkan orang tua penelantaran anak tidak sesulit yang dibayangkan, lebih cepat maka bisa segera menyelamatkan masa depannya. Seperti berikut :

  1. Meyakini serta memastikan jika telah terjadi adanya tindakan pelalaian terhadap seseorang , dengan melihat berbagai tandanya.
  2. Menyediakan segala bukti yang kuat sebagai pengajuan kepada pihak berwajib, entah berupa foto, video, pakaian lusuh anak tersebut.
  3. Membuat laporan sesuai dengan fakta yang ada tanpa rekayasa, dan menambahkan hal tidak benar.
  4. Ada dua pilihan yang bisa Anda ambil langkahnya, yaitu melalui Kantor Kepolisian, atau langsung kepada KPAI.

Saran Sederhana untuk Bisa Bertanggung Jawab

Setelah itu, penting juga untuk mengetahui mengenai yang perlu dilakukan oleh pengasuh. Kami juga akan memberikan setidaknya beberapa saran bagi para pengasuh untuk bisa memenuhi kebutuhan si kecil dengan cara sederhana.

Saran ini hanya secara umum, karena setiap keluarga memiliki solusi berbeda untuk bisa mempertahankan keharmonisan rumah tangga masing-masing, seperti berikut:

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memberikan anak kasih sayang dan perhatian penuh. Memberikan rasa aman dan jaminan terlindungi agar si kecil tidak merasa sendiri atau bisa mengandalkan orang tuanya.
  2. Selalu mengusahakan apa saja demi pendidikannya. Hal ini demi bekal di masa depan, agar anak dapat bersaing secara unggul dengan berbagai tipe orang.
  3. Agar terhindar dari siapa saja oknum yang mencari cara melaporkan orang tua penelantaran anak’, ada baiknya sering melakukan pembicaraan dua arah. Mempererat ikatan antara satu sama lain.
  4. Memberikan contoh berperilaku baik, dari moral, cara bersikap di depan umum hingga hal-hal kecil seperti mengucapkan terima kasih dan sebagainya.
  5. Selalu perhatikan kesehatan fisik dan mentalnya dengan melakukan pendekatan secara langsung.

Setiap insan berhak mendapatkan pemenuhan kehidupan yang layak. Cara melaporkan orang tua penelantaran anak menjadi prosedur yang wajib diketahui, agar ketika menemukan kasus serupa dapat langsung ditangani.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.