Bagi yang menemui jalan rusak bisa langsung praktikkan cara melaporkan jalan rusak ke binamarga dan sebisa mungkin akan langsung diproses. Binamarga sendiri merupakan sebuah layanan yang disediakan agar dapat merasakan kenyamanan dan keamanan di jalan.

Siapa yang aktivitasnya sering terganggu akibat adanya jalanan yang rusak? Benar sekali, dengan adanya lobang, terputusnya jalan, atau kontur aspal yang buruk, kita tidak bisa memacu kendaraan secara konstan. Malah lebih sering rem dan berakhir jalan pelan.

Jika terlalu banyak jalanan yang rusak, tak jarang ada yang lebih memilih putar balik dan itu sangat memakan waktu. Tetapi jika terus dipaksakan, bisa-bisa jalanan yang dilalui itu menyebabkan kerusakan pada kendaraan kita. Jadi, lebih baik jika kita lapor ke petugas.

Siapa petugas yang bertanggung jawab soal jalan rusak ini? Petugas yang memiliki tanggung jawab menyelesaikan masalah jalanan rusak ini adalah petugas Bina Marga. Jika petugas itu tidak memproses, maka pemerintah bisa dituntut karena membiarkan jalan rusak.

Bagaimana Cara Melaporkan Jalan Rusak ke Binamarga?

Jadi ingat, untuk laporan jalanan yang jelek ini adalah ke petugas Bina Marga. Meskipun kita tahu harus melapor kemana, tetapi tetap saja tidak akan bisa diproses jika kita tidak ketahui prosedurnya. Bina Marga menyediakan layanan pusat pembantu pelaporan jalan rusak.

Untuk bisa menggunakan layanan tersebut, maka Anda bisa mengikuti cara-cara yang akan kami jelaskan di bawah ini. Apabila ada aplikasi khusus di kota Anda untuk lapor jalan rusak, maka itu juga akan dihubungkan ke Bina Marga juga. Jadi, seperti apa cara laporan itu?

1. Siapkan Semua Bukti Laporan

Sebelum melaporkan dan masuk ke link pengaduan, akan lebih baik jika Anda siapkan semua bukti laporan terlebih dahulu. Bukti laporan ini bisa berupa foto, foto yang paling penting agar cara melaporkan jalan rusak ke binamarga lebih mudah.

Selain foto, Anda juga bisa lampirkan beberapa dokumen seperti keluhan masyarakat soal jalanan rusak itu. Sehingga saat nanti pelaporan, Anda bisa sertakan kalau yang merasa dirugikan bukan hanya diri sendiri, melainkan banyak yang rasakan.

Anda juga bisa mulai riset kapan terakhir kali jalanan tersebut diperbaiki. Jika tidak terlalu lama, itu bisa menjadi indikasi bahwa adanya pemilihan kualitas aspal yang salah. Jadi, nanti saat dilaporkan ke Bina Marga bisa menyarankan aspal lain.

2. Hubungi Layanan Publik Bina Marga

Setelah semua bukti dan laporan sudah dikumpulkan, kini saatnya Anda hubungi pusat pengaduan bina mara secara langsung. Seperti lembaga layanan publik kebanyakan, layanan dari Bina Marga akan melayani keluhan dari beberapa platform.

Anda bisa tahu juga cara menggugat kecelakaan yang ditimbulkan jalan rusak dari konsultasi disini. Cukup hubungi saja di nomor 021 7210 371 atau email ke popbinamarga@pu.go.id. Dan sampaikan semua keluhan soal jalanan rusak.

3. Kirim Bukti via CP yang disediakan

Setelah semua proses berjalan baik, kini Anda tinggal kirim bukti yang telah terkumpul. Misalnya foto jalanan tadi, jelaskan juga lebar dan kedalaman dan detail lokasi. Tidak lupa, keluhan dari orang sekitar soal jalan itu juga bisa Anda bantu sampaikan.

Cara melaporkan jalan rusak ke bina marga itu harus detail. Ketika ada kecelakaan yang Anda alami misalnya, sampaikan detail waktu dan lokasi serta kronologis. CP yang disediakan adalah Contact Admin PU Bina Marga jadi lebih cepat diproses.

4. Tunggu Hingga Proses Pengerjaan

Selang beberapa hari, biasanya akan langsung ada petugas dari Bina Marga yang langsung lakukan survey lokasi di detail area yang telah disampaikan itu. Jangan lupa Anda harus membantu pengecekan dan jadi saksi juga karena Anda yang lapor.

Fasilitas umum ini akan segera diperbaiki dan untuk sementara waktu mungkin akses jalan Anda akan sedikit terganggu. Jalanan akan dibongkar dan dirapikan kembali. Jika pemilihan aspal bagus dan tidak sembarang dikerjakan, maka akan tahan lama.Bina Marga adalah tempat Anda untuk mengirimkan laporan soal jalanan yang buruk. Untuk bisa melaporkannya, Anda harus kumpulkan bukti dan keluhan dari orang lain juga agar proses lebih cepat. Jadi, sudah tahu cara melaporkan jalan rusak ke binamarga online?


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.