Mungkin masih banyak orang yang belum tahu betul tentang adanya aturan hukum menakuti orang dengan senjata tajam. Pasalnya, Anda bisa saja terancam hukuman berlapis karena melakukan pengancaman pada seseorang dengan menggunakan senjata tajam.

Sehingga, seseorang yang melakukan pengancaman ini akan diproses oleh pihak kepolisian. Tercatat, ada dua jenis pasal yang bisa disangkakan kepada terduga pelaku. Pasal pertama yakni pengancaman dengan senjata tajam.

Kedua, Anda bisa saja terkena pasal Undang-Undang darurat tentang kepemilikan senjata tajam. Oleh karena itu, masyarakat sipil tidak diperbolehkan menggunakan senjata tajam untuk tindak kriminal, termasuk melakukan pengancaman pada orang lain apapun alasannya.

Maka dari itu, Anda harus tahu betul bagaimana cara mengontrol emosi agar tidak berurusan dengan hukum. Sebab, ancaman pidana bagi seseorang yang menggunakan senjata tajam guna menakut-nakuti ini harus mendekam di sel tahanan cukup lama. Karena hakim memvonis terdakwa dengan pasal berlapis.

Aturan Hukum Menakuti Orang Dengan Senjata Tajam Menurut Undang-Undang

Memang, setiap orang dilarang menggunakan senjata tajam jenis apapun untuk mengancam maupun melukai seseorang. Pasalnya, ada beberapa pasal yang menyebutkan bahwa penggunaan senjata tajam akan dikenakan pasal berlapis.

Maka dari itu, ini dia berbagai aturan hukum di Indonesia yang mengatur tentang penggunaan senjata tajam dan dijadikan alat untuk menakuti seseorang. Diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Aturan pertama yakni tertuang pada Undang-Undang Darurat Nomor 12 Tahun 1951. Dalam Undang-Undang tersebut, seseorang yang memiliki, menyimpan, atau bahkan menggunakan senjata tajam tidak sesuai fungsinya akan dikenakan pasal tersebut.

Apabila penyidik dari kepolisian menemukan fakta bahwa senjata tajam akan digunakan untuk perbuatan kriminal, maka pelaku bisa saja dihukum penjara selama 10 tahun kurungan badan.

Aturan hukum menakuti orang dengan senjata tajam yang selanjutnya ini diatur dalam Undang-Undang Penganiayaan Pasal 351. Undang-Undang Penganiayaan Pasal 351 ini merupakan pasal yang menjerat pelaku pengancaman dan penganiayaan dengan senjata tajam.

Pasal penjerat pelaku pengancaman ini menyebutkan bahwa seseorang yang melakukan pengancaman disertai dengan penganiayaan bisa saja terkena hukum pidana kurungan badan selama 2 tahun 8 bulan.

Bahkan, kurungan pidana bisa saja lebih lama jika korban mengalami luka berat atau bahkan meninggal dunia. Maka dari itu, semua hukum pidana ini sesuai dengan aturan hukum yang berlaku di Indonesia.

Proses Pelaporan hingga Pelimpahan Berkas untuk Kasus Menakuti Orang dengan Senjata tajam

Apabila Anda sedang atau pernah diancam seseorang dengan menggunakan senjata tajam, maka Anda harus segera melaporkan pengancam pada pihak kepolisian. Untuk itu, Anda harus paham betul bagaimana prosedur pelaporan ke pihak kepolisian agar segera diusut tuntas.

Langkah pertama, segera kunjungi polsek terdekat. Kemudian, ceritakan kronologis kejadian pengancaman dengan menggunakan senjata tajam pada polisi. Lalu, sertakan bukti-bukti bahwa pelaku melakukan pengancaman pada Anda.

Langkah kedua, pihak dari kepolisian akan mendalami motif terduga pelaku yang melakukan pengancaman pada korban. Pasalnya, perlu Anda ketahui bahwa ada ketentuan hukum membawa senjata tajam untuk perlindungan diri.

Langkah ketiga, pihak dari kepolisian akan memanggil korban dan saksi untuk dimintai keterangan lebih lanjut perihal kronologi kejadian perkara. Setelah polisi menemukan titik terang terhadap kasus pengancaman menggunakan senjata tajam, maka terduga pelaku akan dipanggil untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Terduga pelaku akan diperiksa oleh penyidik dari kepolisian untuk menjelaskan kronologi kejadian. Hal ini tentu sesuai dengan aturan yang berlaku. Jika dinyatakan bersalah, maka pihak kepolisian akan melakukan penahanan maksimal 20 hari untuk penyelidikan lebih lanjut.

Langkah keempat, penyidik akan melengkapi berkas-berkas penuntutan hingga dinyatakan lengkap atau P21 kepada jaksa. Dan kemudian, jaksa akan menggelar persidangan di pengadilan umum. Setelah itu, hakim akan membacakan vonis terhadap pelaku.

Apabila pelaku merasa bahwa vonis yang diterima terlalu berat, maka tersangka dapat melakukan upaya banding hukum ke tingkat yang lebih tinggi. Apabila menerima vonis dari hakim, maka tersangka akan langsung ditahan sesuai dengan masa hukuman.

Melakukan pengancaman dengan senjata tajam adalah salah satu upaya melawan hukum. Sebab, hal tersebut adalah salah satu faktor yang membuat Anda bisa dihukum penjara. Oleh karena itu, Anda harus tahu aturan hukum menakuti orang dengan senjata tajam akan berujung dengan vonis penjara.

Tanyakan Pada Justika Mengenai Permasalahan Tersebut

Ada aturan yang mengatur mengenai penggunaan senjata tajam untuk menakut-nakuti orang. Untuk itu, Anda bisa bertanya pada mitra advokat Justika yang berpengalaman lebih dari 5 tahun untuk membantu Anda melalui beberapa layanan berbayar berikut:

Konsultasi Chat

Konsultasi hukum kini lebih mudah dan terjangkau hanya dengan Rp. 30.000 saja menggunakan layanan Konsultasi Chat dari Justika. Anda hanya perlu ketik permasalahan hukum yang ingin ditanyakan pada kolom chat. Langkah selanjutnya Anda bisa melakukan pembayaran sesuai dengan instruksi yang tersedia. Kemudian  sistem akan segera mencarikan konsultan hukum yang sesuai dengan permasalahan Anda.

Konsultasi via Telepon

Dengan konsultasi via telepon, Anda akan mendapatkan kesempatan untuk berbicara dengan Mitra Konsultan Hukum secara mudah dan efektif melalui telepon selama 30 menit hanya dengan Rp. 350.000 atau Rp. 560.000 selama 60 menit (sesuai pilihan Anda), untuk berdiskusi lebih detail mengenai permasalahan hukum yang dialami.

Konsultasi Tatap Muka

Sementara melalui Konsultasi Tatap Muka, Anda akan mendapatkan layanan untuk bertemu dan berdiskusi langsung dengan Mitra Advokat Justika selama 2 jam hanya dengan Rp. 2.200.000 saja (dapat lebih apabila Mitra Advokat bersedia). Selama pertemuan, Anda dapat bercerita, mengajukan pertanyaan secara lebih bebas dan mendalam, termasuk menunjukan dokumen-dokumen yang relevan.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.