Secara pengertian, kontrak payung merupakan perjanjian kerja sama sudah dibuat oleh penyedia. Perjanjian ini dibuat untuk menyediakan barang atau jasa dalam waktu tertentu, serta tarif tiap elemennya memang sudah ditentukan sesuai kesepakatan.

Tentunya kerja sama ini dibuat untuk meminimalisasi adanya kecurangan atau perlakuan yang menyalahi kesepakatan. Sehingga sudah tentu kerja sama tersebut harus diketahui dan disepakati oleh kedua belah pihak tanpa adanya masalah.

Pada dasarnya, di lapangan perjanjian ini akan muncul atau dibuat saat memang ada transaksi yang dilakukan secara berulang dan pasti. Sehingga dibuatlah kontrak agar tidak sampai terjadi kesalahpahaman dalam kerja sama tersebut.

Mengenal Kontrak Payung dan Cara Pembuatannya

Salah satu contoh kontrak payung sudah biasa digunakan adalah penyediaan alat kesehatan. Dalam perjanjian tersebut akan dituliskan mengenai hak dan kewajiban semua pihak termasuk penyediaan barang dan jasa sesuai yang disepakati bersama-sama.

Dalam surat kerja sama ini tentu saja harus ada penjelasan tentang penyediaan, keterangan jasa atau barang yang diinginkan, semua pihak terlibat di dalamnya. Sudah tentu harus dilengkapi juga dengan tanda tangan dan materai untuk membuatnya sah.

Semua keterangan tersebut harus dipahami dalam cara membuat kontrak payung. Sehingga kontrak ini bisa dikatakan sah dan dapat digunakan secara legal. Bahkan ketika ada pihak yang melanggar maka bisa dibawa ke jalur hukum menggunakan perjanjian satu ini.

Pada dasarnya kontrak ini juga bisa dikatakan sebagai perjanjian yang memayungi beberapa perjanjian lainnya. Termasuk di dalamnya adalah kontrak barang/jasa dan harga satuan. Sehingga semuanya sudah dijelaskan secara rinci dalam satu perjanjian tersebut.

Mekanisme kontrak payung yang harus dipahami selain menuliskannya sesuai format juga memenuhi standar barang atau jasa harus dapat didefinisikan dengan baik. Selain itu, perlu diketahui sebenarnya bukan perjanjian multi years.

Jika ingin membuatnya menjadi multi years maka harus mendapatkan persetujuan dari DPR dan menkeu terlebih dahulu. Kebanyakan yang digunakan saat ini adalah untuk satu atau beberapa tahun saja baik satu dan banyak pengguna.

Aturan seperti ini tentunya jangan sampai dilewatkan karena berkaitan dengan undang-undang tentang kontrak tersebut. Dengan mengikuti aturan yang ada tentunya akan menguntungkan dan memberikan keamanan dalam pekerjaan Anda.

Dokumen di atas adalah contoh. Buat perjanjian yang spesifik untuk kebutuhan bisnis Anda, lebih mudah dan murah dengan template dari advokat berpengalaman.

Demi membuat kontrak ataupun perjanjian pengadaan barang sesuai dengan aturan dan undang undang yang berlaku, Anda dapat menggunakan layanan template perjanjian pengadaan barang yang telah di sediakan justika seperti di bawah ini.

Kelebihan Memilih Menggunakan Perjanjian Pengadaan Ini

Sebelum menggunakannya dengan baik maka Anda perlu mengetahui juga kelebihan dari perjanjian kerja sama ini. Sehingga nantinya akan lebih tepat dalam memaksimalkan fungsi dari kontrak kerja sama itu sendiri untuk semua pihak yang terlibat dalan perjanjian pengadaan.

Kelebihan perjanjian tersebut juga bisa jadi bahan pertimbangan Anda sebelum memilih mengaplikasi perjanjian. Berikut beberapa kelebihan jenis kerja sama ini yang bisa dimanfaatkan dengan baik.

1. Menurunkan harga

Dengan penggunaan kontrak untuk banyak pengguna selama beberapa tahun maka bisa membantu membuka pasar lebih optimal. Dengan volume pengadaan barang atau jasa yang lebih besar maka akan membuat harganya lebih murah dan efisien tentunya.

2. Mengurangi pekerjaan yang berulang

Adanya perjanjian kerja sama ini memang membuat semua pekerjaan yang dibutuhkan diatur kembali oleh setiap pokja dalam kerja sama tersebut. Sehingga nantinya akan membuat pekerjaan menjadi jauh lebih efisien.

Keuntungan yang Anda dapatkan juga menghemat pengeluaran untuk melakukan pekerjaan tersebut. Dengan begitu pengeluaran tidak penting bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya dalam perusahaan Anda.

3. Meminimalisasi risiko barang/jasa kosong

Kontrak yang dibuat sudah jelas waktu hingga tahap persiapannya, biasanya kebutuhan barang/jasa tersebut dilakukan secara berulang. Sehingga Anda tidak perlu khawatir barang yang dibutuhkan tidak ada karena semuanya sudah dijelaskan dalam perjanjian.

4. Proses pengadaan lebih cepat

Dalam perjanjian penyedia barang dan jasa sudah menyanggupi penyediaan sesuai kesepakatan. Sehingga tentunya sudah dipersiapkan dengan baik persiapan pengadaan barangnya agar Anda tetap bisa mendapatkannya sesuai waktu yang sudah ditentukan.

Memanfaatkan berbagai kelebihan dari kontrak seperti ini tentunya juga membuat pekerjaan Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Jadi pastikan bahwa semua hal yang dibutuhkan sudah dijelaskan dengan baik di dalamnya serta saling menyepakati. Jangan sampai ada pihak lebih diberatkan, tetapi harus saling menguntungkan dalam membuat perjanjian tersebut. Dengan begitu nantinya akan ada lebih banyak keuntungan memang bisa sama-sama didapatkan oleh kedua belah pihak atau semua memang terlibat dalam kontrak payung.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.