Perkembangan teknologi informasi yang semakin berkembang memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, hal ini dapat dilihat dari banyaknya perusahaan yang saat ini mulai berdiri dan dalam tahapan rintisan serta berbasis teknologi. Akan tetapi, pertumbuhan ekonomi ini tidak selalu memberikan dampak positif, khususnya jika terdapat suatu perusahaan akan melakukan kerjasama dengan perusahaan lainnya. karena perkembangan yang semakin cepat membuat para perusahaan tidak seluruhnya mendapatkan izin atau legalitas dari pemerintah. Dengan demikian, sudah seharusnya jika sebuah perusahaan akan melakukan kerjasama dengan perusahaan lain perlu mengetahui cara cek legalitas perusahaan, untuk menghindari adanya hal yang tidak sesuai dikarenakan tidak memiliki legalitas perusahaan.

Cara cek legalitas perusahaan sangat mudah diakses dan dilakukan sendiri oleh pihak perusahaan yang akan melakukan kerjasama, dengan menggunakan beberapa cara yang akan kami jelaskan dalam artikel ini. Sudah sepatutnya kita tidak mudah percaya akan satu perusahaan, jika perusahaan tersebut belum memiliki izin yang resmi dari pemerintah, karena izin dari pemerintah merupakan modal kuat bagi suatu perusahaan untuk melakukan aktivitas bisnisnya.

Manfaat Melakukan Cek Legalitas Perusahaan

Cek legalitas perusahaan sebelum melakukan kerjasama antara perusahaan sebaiknya dilakukan, untuk meminimalisir terjadi resiko buruk pada saat menjalankan kerjasama bisnis. Karena kerjasama bisnis suatu perusahaan akan berjalan sangat panjang, dan melibatkan berbagai macam pihak.

Lalu, apa saja manfaat melakukan cek legalitas perusahaan sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan perusahaan lain? Berikut kami uraikan beberapa manfaatnya.

1. Untuk melihat kredibilitas perusahaan

Perusahaan yang telah memiliki izin usaha dan beberapa dokumen legal lainnya, sudah dapat dipastikan kredibilitasnya. Karena untuk mendapatkan surat izin usaha dan dokumen lainnya, perusahaan tersebut harus menyertakan beberapa persyaratan yang telah ditentukan oleh pemerintah berdasarkan peraturan perundang-undangan.

2. Mempermudah menjalin kerjasama usaha

Perusahaan yang telah memiliki legalitas, tidak akan memiliki kendala dalam pengembangan usahanya. Sehingga jika menjalin kerjasama dengan perusahaan yang telah terdaftar secara resmi di Pemerintah, maka kerjasama akan berjalan dan tidak terbentur oleh perizinan.

3. Mengetahui struktur organisasi perusahaan dengan jelas

Perusahaan yang telah mendaftarkan badan usahanya ke Pemerintahan, akan menyertakan juga jajaran serta struktur organisasi perusahaan. Sehingga dapat dengan mudah diketahui pihak-pihak yang terlibat dalam perusahaan tersebut, dan akan meningkatkan kepercayaan lebih untuk perusahaan yang akan bekerja sama dengan perusahaan tersebut.

Cara Cek Legalitas Perusahaan

Setelah mengetahui beberapa manfaat cek legalitas perusahaan diatas, sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan perusahaan tersebut. Selanjutnya Anda harus mengetahui bagaimana cara cek legalitas perusahaan. Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk cek legalitas perusahaan.

1. Melalui nswi.bkpm.go.id

Anda dapat melihat legalitas perusahaan melalui laman nswi.bkpm.go.id, kemudian pilih menu tracking dan masukan NIB perusahaan yang akan Anda cek legalitasnya.

2. Melalui Kontak OJK

Cara kedua cek legalitas perusahaan dapat melalui kontak OJK, dengan menghubungi call center 157, Whatsapp ke nomor 081 157 157 157 dan melalui email ke alamat konsumen@ojk.go.id.

3. Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum

Cara terakhir untuk melihat perusahaan itu terdaftar atau tidak dapat dilihat langsung di laman resmi Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum, di laman tersebut Anda dapat dengan mudah untuk mengecek perusahaan tersebut sudah terdaftar atau tidak.

Pada umumnya perusahaan yang secara resmi telah terdaftar, merupakan perusahaan yang telah mengantongi izin dari pemerintah dan telah melakukan pendaftaran perusahaan. Sehingga cara cek legalitas perusahaan diatas merupakan langkah awal, sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan perusahaan yang dimaksud.

Konsultasikan Permasalahan Bisnis Dengan Justika

Saat ini Anda dapat berkonsultasi dengan Mitra Advokat terkait permasalahan bisnis, dimana saja. Dengan menggunakan Layanan Bisnis Justika, Anda dapat berkonsultasi tanpa harus mendatangi Kantor Advokat.

Kenapa Justika? Justika merupakan platform konsultasi hukum terbaik dan terpercaya yang ada di Indonesia, dengan Mitra Advokat yang tergabung memiliki pengalaman lebih dari 5 (Lima) tahun. Khususnya dalam bidang bisnis, maka permasalahan Anda dapat dibantu dan diselesaikan secara profesional.


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman Justika.