Menyelesaikan masalah sengketa tanah di pengadilan tidaklah mudah, apalagi jika tanah yang sedang disengketakan tidak memiliki sertifikat. Nah, di saat sulit seperti ini anda bisa memilih menggunakan jasa pengacara atau advokat untuk membantu anda mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

Namun, sebelum anda melangkah lebih jauh mengenai berapa biaya sewa pengacara sengketa tanah akan lebih baik jika anda memahami dulu golongan-golongan kasus yang termasuk dalam sengketa tanah.

Berikut 3 golongan kasus tentang sengketa tanah:

1. Sengketa tanah

Perselisihan pertanahan yang terjadi antara perseorangan, badan hukum atau suatu lembaga yang tidak berujung atau berdampak luas.

2. Konflik tanah

Perselisihan pertanahan yang terjadi antara perseorangan, kelompok, organisasi, golongan, badan hukum atau suatu lembaga yang cenderung memiliki dampak yang luas.

3. Perkara tanah

Perselisihan pertanahan yang penyelesaian atau penanganan kasusnya melalui jalur hukum atau lembaga peradilan.

Bagi anda yang belum memiliki pengalaman menggunakan jasa pengacara, maka anda perlu mengetahui terlebih dahulu biaya sewa pengacara sengketa tanah untuk menghindari kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi, misalnya penipuan, pemerasan dan lain sebagainya.

Berikut Biaya atau Tarif jasa pengacara Kasus sengketa tanah:

1. Professional fee

Disebut juga, biaya jasa profesional dari seorang konsultan hukum, advokat atau pengacara. Biasanya biaya ini akan dilakukan di awal, tepatnya pada saat penandatanganan surat kontrak atau surat kuasa perjanjian layanan jasa hukum.

2. Operational fee

Biaya operasional untuk suatu perkara yang sedang ditangani oleh konsultan hukum, advokat atau pengacara, meliputi biaya resmi pengadilan, biaya transportasi, biaya akomodasi dan biaya lain yang digunakan selama proses penanganan perkara tersebut.

3. Success fee

Biaya yang akan didapat oleh konsultan hukum, advokat atau pengacara, apabila kasus telah selesai ditangani dan sesuai dengan keinginan klien, umumnya fee yang diterima oleh jasa pengacara dihitung dari persentase besarnya aset yang menjadi objek sengketa.

Di samping biaya-biaya di atas, adapun kelebihan dari pengadilan sengketa tanah yang tidak banyak diketahui orang. Berikut penjelasannya!

Kelebihan dari Pengadilan Sengketa Tanah:

1. Hukum ditentukan secara arbitrase

Artinya, anda bisa memilih sendiri bentuk peradilan yang akan ditempuh namun tetap harus dengan persetujuan pihak-pihak terkait yang sedang berselisih.

2. Pemeriksaan dilakukan secara tertutup

Hal ini dilakukan untuk menjaga kerahasiaan data pribadi agar tidak terkuak dan mendapat citra buruk di masyarakat.

3. Keputusan sudah final dan mengikat

Keputusan akhir dari kasus ini bersifat akurat dan tidak bisa dijadikan banding.Biaya sewa pengacara sengketa tanah telah memberikan beberapa arahan dan tambahan informasi bagi anda mengenai kasus sengketa tanah. Cari dan pilihlah jasa pengacara atau advokat yang sudah berpengalaman dan terpercaya

Baca Juga:


Seluruh informasi hukum yang ada di artikel ini disiapkan semata-mata untuk tujuan pendidikan dan bersifat umum. Untuk mendapatkan nasihat hukum spesifik terhadap kasus Anda, konsultasikan langsung dengan konsultan hukum berpengalaman dengan klik tombol konsultasi di bawah.